Apa Ciri Ciri Cacar Monyet? Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

ulasyuk.com-Apa itu cacar monyet? Sebagian dari kalian mungkin masih ada yang belum tahu mengenai penyakit ini dan bertanya-tanya akan hal tersebut.
ketahui gejala, ciri dan bagaimana cara mencegah penyakit cacar monyet

Cacar monyet sendiri merupakan salah satu penyakit yang saat ini sudah cukup banyak ditemukan di berbagai negara salah satunya adalah Indonesia.
Penyakit ini sendiri dapat menular melalui penularan hewan dan manusia bahkan pemaparan virus ini dapat terjadi dari hewan ke hewan lainnya juga.
Penyakit ataupun virus ini merupakan hal yang cukup serius untuk dibahas oleh karena itu disini penulis akan memberikan informasi seputar gejala, ciri, penyebab dan bagaimana cara untuk mengobati pasien cacar monyet. Bagi kalian yang ingin mengetahui hal tersebut mari kita simak penjelasannya bersama di bawah ini.

Apa itu cacar monyet?

Cacar monyet merupakan suatu penyakit dimana disebabkan oleh infeksi virus dari kelompok penyakit yang serupa dengan cacar.
Cacar monyet sendiri pertama kali ditemukan pada 1958 di negara Afrika Tengah dan Barat lau menyebar ke berbagai negara lainnya.
Biasanya penyebaran cacar monyet berasal dari penularan melalui  manusia dan hewan seperti tikus dan tupai yang terinfeksi virus.

Penyebab cacar monyet

Tentunya kita semua bertanya-tanya kenapa orang bisa terkena cacar monyet? mengingat asal dari virus ini yang ditemukan di negara afrika,merupakan hal wajar untuk mempertanyakan hal tersebut.
Cacar monyet sendiri disebabkan oleh virus monkeypox dan masih masuk ke dalam kelompok orthopoxvirus. 
Virus cacar monyet tersebut menular dari hewan ke manusia melalui cakaran dan gigitan hewan. Biasanya hewan tersebut seperti tupai,monyet dan tikus yang terinfeksi virus monkeypox.

Cacar monyet menular melalui apa?

Penyebaran cacar monyet untuk antarmanusiadapat terjadi melalui percikan air liur yang masuk melalui mulut,hidung,mata dan luka pada kulit.
Bukan hanya percikan liur secara langsung kontaminasi benda atau pakaian juga dapat membuat kita tertular virus ini. 
Proses penularan antar manusia ini membutuhkan kontak yang cukup lama sampai kita ikut terinfeksi virus monkeypox ini.

Ciri dan gejala

Kita sudah mengetahui apa itu cacar monyet dan bagaimana cara penularannya, sekarang penulis akan membagikan informasi tentang apa ciri ciri cacar monyet dan gejala yang dapat awal dari penyakit ini:
  1. Mengalami demam
  2. Merasa lemas
  3. Merasa letih
  4. Sakit kepala
  5. Menggigil
  6. Nyeri pada otot
Adanya pembengkakan kelenjar getah bening ditandai dengan adanya benjolan di leher, selangkangan dan ketiak. Setelah ada gejala awal yang berlangsung selama 1-3 hari lamanya maka akan muncul gejala lanjutan seperti muncul ruam merah di bagian wajah,lengan dan bagian lainnya.
Setelah mengalami ruam merah di berbagai bagian tubuh maka gejala yang timbul akan memasuki tahap selanjutnya. 
Ruam yang muncul sebelumnya akan berubah  menjadi bintil dengan berisi cairan juga nanah. 
Dari fase ini bintil dengan cairan dan nanah tersebut akan pecah yang mana hal tersebut menyebabkan kulit menjadi borok/luka.

Pemeriksaan cacar monyet

Bagi kalian yang mengalami gejala awal dan muncul ruam merah di beberapa bagian tubuh maka pasien dapat melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui kebenaran dari penyakit yang dimiliki. 
Berikut ini adalah beberapa proses pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi seseorang terinfeksi cacar monyet:
  1. Melakukan tes darah
  2. Biopsi kulit
  3. Tes usap tenggorokan

Pencegahan cacar monyet

Bagaimana cara mencegah penyakit cacar monyet? ini merupakan pembahasan yang penting untuk kita ketahui. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat mencegah kita terkena atau terinfeksi cacar monyet:

Menjaga kebersihan tangan

Tangan kita merupakan salah satu sarang penyakit karena banyak bakteri/virus yang berdiam di telapak tangan kita. Virus atau bakteri dapat menempel saat kita melakukan kontak dengan orang lain atau benda yang terkontaminasi.
Oleh karena itu salah satu cara untuk mencegah penyakit cacar monyet adalah dengan rajin membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga dengan antiseptik.
Pastikan tangan kita bersih sebelum melakukan sesuatu dan sesudah melakukan suatu kegiatan kita juga harus membersihkannya.

Tidak berbagi alat makan

Pastikan untuk tidak berbagi alat makan dengan orang lain khususnya kepada orang yang terinfeksi virus cacar monyet ini.

Mengurangi kontak dengan hewan liar

Usahakan untuk mengurangi atau bahkan menghindari kontak dengan hewan liar seperti yang sudah dikatakan bahwa penularan monkeypox dapat melalui kontak dengan hewan liar.

Melakukan vaksin

Untuk vaksin smallpox dapat dilakukan oleh orang-orang dengan saran atau pemberian dari dokter. Biasanya petugas medis yang menangani penyakit virus monyet ini dapat melakukan vaksin dan mengenakan alat pelindung saat merawat pasien.

Cara mengobati cacar monyet

Untuk saat ini masih belum diketahui obat yang dapat menghilangkan penyakit ini, biasanya pengobatan dilakukan untuk meredakan gejala yang dirasa oleh pasien.
Oleh karena itu penting untuk menjaga imun dan kesehatan tubuh kita dan lakukan vaksin jika memang diperlukan. 
Perlu diketahui bahwa vaksin ini harus diberikan menurut anjuran dari dokter dan harus dilakukan oleh tenaga medis yang profesional di bidangnya.
Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox yang pertama kali ditemukan pada 1958 di negara Afrika.
Virus yang satu ini dapat menular melalui kontak fisik antara manusia dan juga dari hewan yang terinfeksi virus monkeypox.
Penularan antar manusia dapat terjadi melalui cairan yang masuk kedalam mata,mulut, hidung dan luka pada kulit.
Kita harus menjaga kebersihan tangan dan tidak melakukan kontak langsung dengan pasien cacar monyet untuk dapat terhindar dari penyakit ini.
Demikian pembahasan artikel ini tentang apa ciri ciri cacar monyet? kenali penyebab, gejala dan cara mengobatinya, terimakasih.