10 Contoh Olahraga Kardio Untuk Pemula Yang Dapat Dilakukan di Rumah

ulasyuk.com- Olahraga kardio merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang-orang untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badannya. 
berikut beberapa contoh olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah

Olahraga kardio sendiri banyak dilakukan oleh orang-orang karena gerakannya yang cukup sinole dan dapat dilakukan dimana.

Nah bagi kalian yang tertarik dengan olahraga satu ini ayo kita ketahui bersama apa itu olahraga kardio dan beberapa contohnya untuk para pemula.

Apa itu olahraga kardio?

Olahraga kardio merupakan aktivitas fisik yang dilakukan untuk tujuan memompa darah dari jantung dan paru-paru sampai ke supaya detak jantung mencapai titik maksimal.

Pada capaian titik maksimal tersebut maka akan ada pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu jenis olahraga yang satu ini bagus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Selain menjaga kesehatan jantung olahraga kardio juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan stamina tubuh. Hal tersebut karena saat melakukan olahraga kardio manusia menggunakan sebagian besar Otot Tubuhnya.

Manfaat olahraga kardio bagi tubuh

Tentunya sebelum mengetahui beberapa gerakan olahraga yang disebut dengan aerobik ini, penting untuk diketahui apa saja manfaat olahraga aerobik bagi tubuh, berikut adalah beberapa diantaranya:

Mengatasi stres

Manfaat dari melakukan olahraga aerobik adalah dapat mengatasi stres yang sedang dialami. Saat seseorang melakukan olahraga maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin dan bisa mengurangi stres juga meningkatkan suasana hati.

Sama halnya dengan olahraga kardio yang dapat merangsang kelenjar pituitari untuk melepaskan hormon endorfin tersebut sehingga membuat orang menjadi lebih rileks setelah melakukan aerobik.

Menjaga berat badan

Setiap jenis olahraga tentunya dilakukan dengan berbagai macam tujuan dan salah satunya adalah menjaga berat badan.

Mengingat sebagian besar otot dalam tubuh digerakkan saat melakukan olahraga kardio membuat olahraga satu ini banyak dilakukan guna menjaga berat dan postur tubuh.

Menjaga kebugaran

Olahraga yang satu ini baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung sehingga peredaran darah pun dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh.

Dengan peredaran darah yang lancar maka menandakan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh kita terkontrol dengan baik. Jangan lupa bahwa melakukan olahraga dapat membantu mengontrol kolesterol dan gula darah.

Melakukan aktivitas olahraga secara rutin dapat meningkatkan imun tubuh sehingga badan menjadi lebih kuat dan tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Meningkatkan kualitas tidur

Bagi kalian yang mengalami gangguan tidur atau memiliki kualitas tidur yang kurang baik maka ada bagusnya untuk mencoba melakukan olahraga kardio ini.

Olahraga aerobik sendiri diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal ini dapat terjadi apabila olahraga dilakukan secara rutin dan sesuai dengan porsi masing-masing yang artinya setiap orang memiliki waktu dan beban olahraga yang berbeda terutama bagi para pemula.

Contoh olahraga kardio

Berikut ini adalah 10 contoh olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah dan juga untuk para pemula:

Lari

Merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang banyak dilakukan orang-orang khususnya saat pagi dan sore hari.

Dengan melakukan lari di lapangan atau di sekitar rumah makan akan membakar lemak dan memompa  jantung sehingga meningkatkan detak jantung dalam tubuh.

Melakukan lari secara rutin dapat membantu proses pembakaran lemak dan menghilangkan stres. Untuk porsi lari setiap orang berbeda khususnya bagi kalian yang masih pemula. Awali aktivitas lari sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Lompat tali

Contoh olahraga kardio lainnya yang dapat dilakukan di rumah dan untuk para pemuka juga adalah lompat tali.

Melakukan lompat tali dapat membantu pembakaran  lemak, akan tetapi bagi kalian yang belum terbiasa melakukannya cobalah dengan kapasitas yang sedikit terlebih dahulu atau awali dengan berjalan  cepat di rumah.

Melakukan lompat tali otomatis membuat detak jantung menjadi lebih cepat oleh karena itu disarankan untuk melakukan olahraga kardio yang satu ini dimulai dari 10-30 detik terlebih dahulu dan tambahkan durasinya secara perlahan.

Bersepeda

Aktivitas yang cukup ramai dan buming ini telah dilakukan oleh kebanyakan orang. Bersepeda merupakan aktivitas yang mengandalkan kekuatan otot kaki dan tangan khususnya bagian paha dan pinggul saat menggoda pedal. Kegiatan ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan membakar kalori tubuh.

Jalan kaki

Mungkin banyak orang yang meremehkan kegiatan yang satu ini. Namun berjalan kaki secara santai dengan radius tertentu dapat meningkatkan ketahanan dan menjaga kebugaran tubuh.

Dengan melakukan jalan kaki kita dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Melakukan Jalan kaki selama 10-30 menit perhari sudah cukup dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Aktivitas ini juga tergolong tidak berat untuk para pemula dan dapat dilakukan di rumah.

Naik-turun tangga

Olahraga kardio lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan naik-turun tangga. Hampir sama prinsipnya dengan melakukan jalan kaki saat kita naik-turun tangga dapat meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan jantung juga paru-paru.

Kegiatan yang satu ini dapat dilakukan bagi kalian yang tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga lainnya secara rutin. Naik-turun tangga sendiri dapat dilakukan di rumah atau si kantor. Para pekerja kantoran tentunya kurang memiliki waktu untuk berolahraga di rumah atau gym oleh karena itu kegiatan yang satu ini bisa dilakukan.

Squat Jump

Berguna membakar kalori tubuh karena gerakannya yang membuat kita harus melompat dan melakukan squad. Squat Jump sendiri meningkatkan kekuatan otot bagian kaki dan paha seseorang.

Jumping Jack

Kegiatan olahraga yang cukup simpel untuk dilakukan dimana gerakan yang ada hanya berdiri tegak sambil melompat dan membentangkan tangan ke atas.

Burpee

Merupakan rangkaian dari beberapa gerakan yang dapat membantu membakar kalori dan juga menjaga kebugaran tubuh. Gerakan dari burpee sendiri diantaranya adalah: melakukan squat di lantai, melompat, plank, lompat ke depan dan belakang, selanjutnya berdiri dan duduk.

Diagonal jump

Dapat melatih fungsi jantung dan membantu membakar kalori tubuh. Aktivitas ini dapat kalian lakukan di rumah dengan melihat tutorial di media sosial atau aplikasi olahraga lainnya.

Zumba

Merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak disukai karena gerakannya yang energik. Saat melakukan zumba setiap otot tubuh digerakkan karena melakukan berbagai jenis tarian yang dilakukan dengan cepat.

Zumba sendiri bagus untuk menjaga berat badan dan postur tubuh. Tak hanya itu tentunya aktivitas jumba juga baik untuk kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai hal yaitu menjaga pola makan, tidur, asupan nutrisi dan melakukan olahraga.

Semua jenis olahraga yang dilakukan berguna untuk menjaga kebugaran dan berat juga postur tubuh seseorang.

Salah satu olahraga yang cukup banyak dilakukan adalah olahraga kardio yang membakar lemak dengan gerakan-gerakan yang menggunakan sebagian besar otot dalam tubuh.

Olahraga kardio juga bisa meningkatkan imunitas dan kualitas tidur seseorang. Tak hanya itu bahkan melakukan aerobik bisa meredakan stres dan meningkatkan suasana hati seseorang.

Demikian pembahasan artikel ini tentang 10 contoh olahraga kardio untuk pemula yang dapat dilakukan di rumah, semoga bermanfaat, terimakasih.