11 Cara Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa, Penyebab dan Bahayanya Untuk Kesehatan

ulasyuk.com -Pada bulan Ramadhan ini sebagian orang mencari informasi tentang cara agar tidak bau mulut saat puasa, penyebab dan bahayanya untuk kesehatan.

atasi masalah bau mulut saat berpuasa dengan membersihkan gigi dan mulut.

Sebagian orang mungkin pernah merasakan bau mulut khususnya saat menjalankan ibadah puasa.

Namun ada juga beberapa orang yang mengalami bau mulut meskipun tidak menjalani ibadah puasa. Hal tersebut dapat  diakibatkan oleh banyak hal seperti sisa makanan yang menempel atau sedang mengalami sakit tertentu.

Tentunya bau mulut cukup mengganggu kita yang mengalaminya maupun orang lain yang merasakan bau tersebut.

Oleh karena itu disini penulis akan membahas tentang bagaimana cara untuk menghilangkan atau mencegah bau mulut pada diri kita masing-masing.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai pembahasan ini mari kita simak penjelasannya seperti berikut ini.

Apa itu bau mulut?

Sebelum Membahas cara agar tidak bau mulut saat puasa ada baiknya untuk mengetahui apa itu bau mulut terlebih dahulu. Bau mulut merupakan suatu keadaan dimana terdapat bau tidak sedap yang berasal dari mulut seseorang. Bau mulut sendiri biasanya hal yang umum terutama saat kita baru bangun tidur.

Namun jika bau tersebut tidak kunjung hilang saat telah dilakukan beberapa pencegahan maka perlu diperiksa karena ada kemungkinan terdapat suatu masalah di dalam mulut kita.

Penyebab bau mulut

Ada beberapa macam penyebab yang membuat bau mulut hal tersebut mulai dari adanya masalah pada gusi, gigi dan kesehatan mulut. Berikut ini adalah beberapa penyebab bau mulut yang umum ditemui:

1. Gigi berlubang

Penyebab pertama yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah penyebab bau mulut yaitu gigi berlubang. Saat gigi berlubang maka kemungkinan sisa makanan menempel di dalam gigi adalah besar.

Saat sisa makanan tersebut tidak dibersihkan dengan benar maka akan menimbulkan bau pada mulut kita. Sisa makanan tersebut menjadi kotoran yang membuat mulut bau juga dapat menginfeksi luban gigi menjadi lebih besar. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan rajin membersihkan gigi berlubang atau menambalnya.

2. Mulut kering

Mulut kering atau dapat disebut dengan Xerostomia adalah keadaan dimana mulut kering dan kurangnya kandungan air liur di dalam mulut. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan. Contohnya saat sedang sakit, mengalami dehidrasi, mengonsumsi suatu obat dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa kandungan air liur di dalam mulut berguna untuk membunuh bakteri di dalamnya. Dengan adanya air liur yang cukup dapat membantu mencegah bau yang tidak sedap di mulut kita.

3. Memiliki asam lambung

Bagi kalian yang memiliki asam lambung tentunya pernah mengalami hal ini, khususnya untuk sakit asam lambung yang cukup parah. Bau mulut tersebut dikarenakan asam lambung naik dan keluar melalui mulut kita.

Upaya pencegahannya kalian bisa mengobati asam lambung terlebih dahulu dan minum air hangat untuk membuat lambung lebih terasa nyaman.

Bahaya bau mulut untuk kesehatan

Pada dasarnya bau mulut sendiri tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh, adanya aroma tidak sedap tersebut merupakan salah satu tanda atau cara tubuh untuk memberitahu kita bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan tubuh.

Beberapa penyakit memiliki ciri seperti bau mulut contohnya adalah asam lambung yang membuat mulut kita bau saat menghembuskan napas.

Kemudian saat baumulut kita terasa seperti bau amonia hal tersebut dapat saja berhubungan dengan gangguan pada ginjal kita.

Bau mulut yang memiliki aroma busuk merupakan salah satu tanda bahwa terdapat gangguan komplikasi dari anoreksia nervosa.

Oleh karena itu jika kita mengalami bau mulut yang tak kunjung berkurang atau menghilang maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut karena mungkin saja terdapat suatu masalah di dalam tubuh.

Cara agar tidak bau mulut saat puasa

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari bau mulut sekarang sudah saatnya bagi penulis untuk memberikan informasi seputar cara agar tidak bau mulut saat puasa. Untuk mengetahui hal tersebut mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Membersihkan gigi

Membersihkan gigi merupakan hal utama yang harus dilakukan oleh setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Sisa makanan yang menempel di gigi dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu bersihkanlah gigi dengan baik dan benar. Tak hanya gigi usahakan untuk membersihkan seluruh organ yang ada di dalam mulut.

2. Mengonsumsi sayur

Sayur mengandung vitamin dan kaya akan serat jika mengonsumsinya maka kebutuhan nutrisi dalam tubuh pun terpenuhi. Saat kalian mengonsumsi banyak sayuran dan makanan sehat maka dapat membantu dapat mencegah ataupun menghilangkan bau mulut.

3. Mengonsumsi buah

Mengonsumsi buah khususnya yang mengandung vitamin C saat berbuka puasa juga dapat membantu kita untuk mengurangi bau mulut.

4. Kumur dengan cairan pencuci mulut

Melakukan kumur mulut dengan cairan pencuci mulut atau mouthwash dapat membantu menyegarkan nafas di mulut. Hal tersebut terjadi karena dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu cairan mouthwash ini juga bisa menyegarkan nafas kita.

5. Mengurangi rokok

Salah satu penyebab bau mulut adalah merokok bagi kalian yang melakukan aktivitas tersebut disarankan untuk menghilangkan kebiasaan merokok atau menguranginya.

6. Meminum air putih yang cukup

Pada saat berpuasa tentunya kita akan kekurangan cairan karena kurangnya asupan air. Akibat dari kurangnya asupan air tersebut membuat kita mengalami dehidrasi dan dapat menyebabkan bau mulut. 

Untuk mengatasinya kita bisa meminum air yang cukup selama selang waktu berbuka dan saat sahur. Kebutuhan air akan tubuh sangat penting jadi jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

7. Membersihkan lidah

Kebanyakan orang cukup meremehkan kebersihan lidah, padahal lidah yang kotor merupakan salah satu penyebab dari bau mulut. Di lidah yang kotor terdapat bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan lidah masing-masing.

8. Mengobati sakit penyebab bau mulut

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa penyakit yang menyebabkan bau mulut. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengobati sakit yang menyebabkan bau tidak sedap itu. Contohnya dengan meminum obat maag atau membersihkan gigi berlubang atau menambalnya di dokter gigi.

9. Tidak mengonsumsi makanan dengan aroma yang menyengat

Saat kalian mengonsumsi makanan dengan bau yang khas dan menyengat tentunya akan membuat bau mulut terasa tidak sedap. Contoh dari makanan tersebut seperti pete, jengkol dan julang jaling. Usahakan untuk menghindari makanan tersebut saat berpuasa atau jika memang mengonsumsinya pastikan untuk membersihkan mulut dan organ di dalamnya dengan baik.

10. Kurangi mengonsumsi makanan yang terlalu manis

Saat melakukan sayur usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dan juga minuman yang terlalu manis karena hal tersebut dapat membuat bakteri lebih mudah menemel di gigi. Bakteri tersebutlah yang membuat bau pada mulut seseorang.

11. Berkumur dengan air garam

Bagi kalian yang tidak bisa berkumur dengan cairan pencuci mulut maka dapat menggantinya dengan air garam. Cairan tersebut dapat membantu kita mengurangi bau mulut saat puasa karena mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Demikianlah pembahasan artikel ini tentang cara agar tidak bau mulut saat puasa, penyebab dan bahayanya untuk kesehatan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi dan pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan agar ibadah puasa kita tidak terhalang oleh penyakit, semoga bermanfaat, terimakasih.