10 Manfaat Rebusan Daun Kelor, Mulai Dari Memperlancar ASI Sampai Atasi Anemia

ulasyuk.com -Ada banyak manfaat rebusan daun kelor sudah dirasakan oleh orang-orang mulai dari memperlancar ASI dan bisa mengatasi anemia.

cara mengolah daun kelor dan manfaat teh daun kelor untuk kesehatan tubuh

Daun kelor sendiri memang sudah digunakan sebagai salah satu obat tradisional dari dulu dan biasanya disediakan dalam bentuk teh atau rebusan air daun tersebut.

Disini penulis akan membahas lebih lanjut apa saja manfaat lainnya dari daun kelor yang memiliki filosofi mistis ini. Nah bagi kalian yang penasaran akan pembahasannya mari kita simak bersama di bawah ini.

Apa itu daun kelor?

Kalian sudah tau belum apa itu daun kelor? Pasti sebagian dari pembaca sekalian mengethaui bahwa daun kelor itu memiliki sangkutan dengan mistis. Menurut kepercayaan di beberapa daerah daun kelor ini sendiri dipercaya dapat melunturkan susuk dan mengusir hantu.

Namun tak tak banyak orang yang mengethaui bahwa tumbuhan yang satu ini daunnya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Daun kelor sendiri merupakan salah satu tanaman yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

Saat ini daun kelor sudah cukup terkenal manfaatnya bagi tubuh oleh karena itu orang-orang menjadikannya sebagai salah satu obat tradisional.

Cara pengolahan herbal yang satu inipun beragam dapat dijadikan minuman seperti teh atau air rebusan daun kelor bahkan sekarang sudah tersedia suplemen daun kelor yang dapat ditemukan dengan mudah.

Kandungan nutrisi

Sebelum membahas tentang bayaknya manfaat rebusan daun kelor ada baiknya bagi kita untuk mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi daun kelor atau olahannya.

  1. Vitamin C
  2. Protein
  3. Kalium
  4. Vitamin A
  5. Magnesium
  6. Kalsium
  7. Zat besi
  8. Vitamin B6, B12 dan lainnya

Cara mengolah daun kelor

Terdapat beberapa cara mengolah daun kelor yang dapat dilakukan oleh pembaca sekalian di rumah, berikut ini cara tersebut:

1. Dibuat teh

Daun kelor dapat diolah menjadi teh yang mana cara pengolahannya seperti berikut: pertamapilihlah daun kelor yang masih memiliki batang, kemudian ikatkan tali ada batang daun kelor tersebut.

Setelah itu keringkan dengan cara digantung di ruangan tertutup, biasanya proses pengeringan memakan waktu kurang lebih 3 hari.

Setelah kering maka halus dengan ditumbuk di mortir atau tempat sejenis lalu masukkan bubuk daun kelor yang sudah halus ke kantung teh. Saat hendak menggunakannya kalian tinggal menyeduh daun kelor seperti teh celup biasanya.

2. Direbus

Cara yang paling mudah dan umum dilakukan adalah dengan merebus daun kelor,manfaat rebusan daun kelor sudah banyak dialami oleh orang-orang.  

Cara mengolahnya kalian hanya perlu mengambil daun kelor secukunya saja atau bisa satu genggam.

Setelah itu cuci sampai bersih usahakan di air yang mengalir,kemudian rebus dengan takaran 2 banding 1. Jadi jika merebus dengan air 2 gelas maka rebus daun kelor sampai air menyusut dan hanya menjadi 1 gelas saja.

3. Di masak

Jika kalian tidak mau repot membuat teh daun kelor dan ingin mencoba rasa dari daun itu sendiri kalian bisa memasaknya.masakan yang paling umum dengan daun kelor adalah dijadikan sayur bening.

Hal ini sebenarnya sama dengan cara merebusnya namun kalian bisa sekaian memakan daun kelor tersbeut. Saat dimasak usahakan untuk tidakmerebus daun kelor terlalu lamakarena bisa memudarkan kadar nutrisi dan mineral yang ada di dalamnya.

Manfaat rebusan daun kelor

Berikut ini adalah 10 manfaat rebusan daun kelor yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Meringankan asam urat

Daun kelor merupakan slaah stau herbal yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan yang ada di dalam duan ini daat meringankan kadar asamurat dan rasa nyeri yang dialami oleh pasien.

2. Menyehatkan mata

Menfaat lainnya dari daun kelor adalah bisa menyehatkanmata karena mengandung vitamin A yang baik untuk mata kita.

3. Mengatasi anemia

Bagi kalian yang mengalami anemia atau kekurangan darah dapat mengonsumsi daun kelor baik itu air rebusan, teh maupun suplemennya karena mengandung zat besi yang bisa mengatasi anemia tersebut.

4. Meningkat imun tubuh

Mengnadung antioksidan dan vitamin C yang baik bai kesehatan dan imun tubuh seseorang, tak heran mengapa rebusan daun kelor dapat menigkatkan dan menjaga sistem imun tubuh kita.

5. Memerlancar ASI

Pada sebuah jurnal studi dikatakan bahwa mengonsumsi daun kelor dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.

6. Menurunkan kolesterol

Memiliki kandungan serat yang tinggi memungkinkan daun kelor untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi lemak yang ada di pembuluh darah. Nah untuk hasil yang lebih maksimal baiknya diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat juga.

7. Menyehatkan kulit

Manfaat rebusan daun kelor lainnya yang dapat kita rasakan adalah bisa mneyehatkan kulit, seperti yang sudah dituliskan bahwa daun kelor memiliki kandungan Vitamin C. 

Vitamin tersebut memang sudah diketahui memiliki banyak manfaatnya salah satunya adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

8. Menurunkan gula darah

Di dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2019 dinaytakan bahwa daun kelor dpaat membantu mengobati diabetes yang disebabkan oleh resistensi insulin.

Untuk penggunaan ini sebaiknya dikonsultasikan kembali dengan dokter jika kalian sedang mengonsumsi obat diabetes. Hal tersebut dilakukan karena ada beberapa obat yang tidak bisa digabungkan dengan herbal lainnya dalam mengobati suatu penyakit.

9. Menangkal radikal bebas

Rebusan daun kelor atau teh daun kelor sendiri memiliki manfaat sebagai antioksidan yang tinggi bagi tubuh. Antioksidan meruakan kandungan yang baik dalam melawan dan menangkal radikal bebas yang ada di sekitar kita seperti debu ataupun polusi udara.

10. Memperlancar pencernaan

Teh daun kelor berguna dalammemperlancar pencernaan dalam tubuh, daun ini juga mengandung anti radang yang bisa mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Demikian pembahasan artikel ini tentang 10 manfaat rebusan daun kelor, mulai dari memperlancar asi sampai atasi anemia, semoga bermanfaat terimakasih.