Beberapa Manfaat Belut Untuk Pertumbuhan Anak

ulasyuk.com  -Ada banyak sekali bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Salah satunya adalah  belut. Didalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat belut bagi kesehatan dan pertumbuhan anak.

Belut 

Belut merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kategori ikan.  Ada 2 (dua) jenis belut yang umum ditemukan,jenis tersebut adalah belut rawa dan juga belut sawah. Belut ini memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan khususnya untuk kesehatan anak dan pertumbuhan anak.

Kandungan Nutrisi Belut

Belut sendiri dikatakan sebelumnya memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh manusia. Oleh sebab itu maka akan dijelaskan beberapa kandungan nutrisi yang terkandung didalam belut :

1. Mengandung Vitamin

Daging belut mempunyai kandungan vitamin yang cukup tinggi. Kandungan vitamin tersebut berupa vitamin A, vitamin B. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata pada seorang anak. Sedangkan untuk Vitamin B sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan otak khususnya pada anak-anak.

2. Kaya Akan Protein

Selanjutnya belut sangat kaya akan protein, protein sendiri merupakan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak. Salah satu contoh manfaat protein bagi tubuh adalah : membangun imun tubuh, menjaga kesehatan jantung dan lainnya.

3. Mengandung Fosfor

Selanjutnya belut mengandungan nutrisi fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada anak.

4. Mengandung Arigin

Merupakan salah satu kandungan nutrisi yang terkandung didalam belut. Yang amna nutrisi Arginin ini sangatlah baik untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan  pada anak. Zat besi sendiri berguna untuk menyuplai kandungan zat besi yang kurang dalam tubuh.

Manfaat Belut Bagi Pertumbuhan Anak

Setelah membahasa sedikit tentang apa itu belut dan kandungan nutrisi apa saja yang ada didalam belut. Sekarang sudah saatnya untuk membahas apa saja manfaat belut bagi pertumbuhan anak. Hal tersebut akan dijelaska dibawah ini.

Mencegah Anemia

Manfaat belut pertama yang dibahas didalam artikel ini adalah belut dapat mencegah Anemia. Tidak hanya orang dewasa yang dapat terkena anemia. Terkadang anak-anak pun dapat terkena anemia. Oleh karena itu mengonsumsi belut baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Meningkatkan  Daya Tahan Tubuh

Belut juga sangat baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh pada anak. Ketika daya tahan tubuh anak dalam keadaan baik maka anak tidak akan mudah terserang suatu penyakit.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat selanjutnya dari belut bagi pertumbuhan anak adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Saat masih anak-anak pastilah setiap organ dalam tubuh mengalami suatu pertumbuhan

Salah satu pertumbuhan pada anak tersebut adalah pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk membantu agar pertumbuhan tulang dan gigi tersebut lebih baik maka mengonsumsi belut baik untuk dilakukan.

Membantu Dalam Proses Pertumbuhan

Masa anak-anak merupakan masa yang masih dalam perkembangan. Dimana tumbuh kembang anak dimulai, untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi belut.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam belut itulah yang dapat membantu dalam proses pertumbuhan anak. Perlu diingat belut snagat baik dalam membantu pertumbuhan tulang, gigi, dan sistem imun.

Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya materi terakhir yang akan dibahas didalam artikel ini adalah belut baik untuk menjaga kesehatan mata. Sebelumya telah dijelaskan bahwa salah satu kandungan nutrisi yang ada didalam belut yaitu mengandungan vitamin A.

Vitamin A sendiri merupakan salah satu vitamin yang baik bagi kesehatan mata baik itu untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Belut memang sudah sangat banyak digunakan oleh orang-orang untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan. Belut sangat baik dalam membantu proses tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu banyak sekali orangtua yang memberikan belut pada anaknya. 

Selain untuk pertumbuhan anak belut juga naik untuk menjaga kesehatan bagi orang dewasa. Belut ini juga dapat membantu dalam memenuhi kandungan protein dan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh. Selain itu belut juga dapat membantu dalam mencegah dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker khususnya sel kanker payudara dalam tubuh 

Demikian pembahasan artikel ini tentang beberapa manfaat belut yang baik bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Semoga artikel ini bermanfaat, diharapakan untuk selalu menjaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan pada kegiatan sehari-hari, terimakasih.