Cara Merawat Gigi Dengan Baik Dan Benar

ulasyuk.com  -Gigi merupakan organ yang penting untuk manusia karena dengan mempunyai gigi maka manusia dapat menghancurkan makanan dengan baik sebum masuk kedalam tubuh. Gigi memiliki fungsi untuk merobek, menggilas dan memotong suatu makanan yang masuk kedalam mulut. 

Dengan adanya gigi maka membantu seseorang dalam mengubah suatu makanan baik itu makanan yang lunak maupun makanan yang keras. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kesehatan gigi masing-masing, didalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa cara merawat gigi dengan baik dan benar.

Sakit Gigi

Sebelum membahas mengenai perawatan gigi dengan baik dan benar ada baiknya untuk mengetahui beberapa macam sakit gigi yang dapat dialami seseorang jika tidak merawat gigi dengan baik dan benar. Hal tersebut diantaranya adalah :

Gigi Sensitif

Penyakit gigi yang pertama untuk dibahas didalam artikel ini adalah sakit gigi sensitif. Gigi sensitif merupakan keadaan dimana gigi mwnjadi sensitif saat seseorang sedang mengonsumsi makanan yang  panas maupun makanan yang terlalu dingin seperti es.

Untuk dapat mengatasi gigig yang sensitif dapat dilakukan dengan menggunakan pasta gigi yang diperuntukkan kepada penderita gigi sensitif. Selain itu melakukan konsultasi ke dokter juga penting untuk dilakukan.

Gigi Berlubang

Selanjutnya gigi berlubang atau gigi yang bolong merupakan suatu keadaan dimana gigi seseorang mengalami kebolongan atau terdapat gigi yang berlubang. Gigi berlubang ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat makan atau terasa nyeri sampai ke kepala. Untuk mengatasi hal tersebut maka diberikan beberapa pelayanan yaitu :

  1. Tambal gigi
  2. Cabut gigi
  3. Perawatan secara rutin dan lain-lain

Gusi Berdarah

Selanjutnya gigi berdarah merupakan suatu peradangan yang terjadi di gusi seseorang. Peradangan gusi ini sendiri dapat terjadi karena Kotornya daerah area gusi.

Cara Merawat Gigi Dengan Benar

Setengah mengetahui sedikit tentang macam penyakit gigi sudah saatnya sekarang untuk membahas bagaimana cara merawat gigi dengan baik dan benar. Hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

Membersihkan Gigi

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan benar adalah dengan membersihkan gigi dengan cara berkumur. Berkumur sendiri merupakan salah satu cara untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang ada. Berkumur dengan menggunakan air biasa ataupun obat kumur dapat membantu seseorang dalam membersihkan gigi.

Menyikat Gigi

Selanjutnya hal yang perlu dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik adalah dengan menggosok gigi sampai bersih. Sikatlah gigi dengan menggunakan pasta gigi secara merata dan usahakan untuk menyikat seluruh bagian luar maupun dalam gigi.

Menghindari Gigi Belubang

Selanjutnya cara merawat gigi dengan baik dan Benar selanjutnya adalah usahakan untuk menghindari makanan yang dapat membuat gigi berlubang. Perlu diketahui apabila gigi yang kotor tidak dibersihkan secara rutin akan membuat gigi berlubang. 

Beberapa makanan yang dapat membuat gigi berlubang diantaranya adalah makanan yang manis. Makanan tersebut diantaranya adalah seperti gula, permen, cokelat dan lain sebagainya.

Melakukan Pengecekkan Gigi

Setelah membersihkan gigi dan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis langkah selanjutnya dalam merawat giig adakah melakukan pengecekkan secara berkala. Dengan memeriksakan gigi ke dokter gigi merupakan salah satu cara ampuh dalam merawat kesehatan gigi.

Dengan datang ke dokter gigi maka seseorang dapat diberikan beberapa perawatan gigi yang berguna untuk mencegah terjadinya sakit gigi.

Demikian pembahasan artikel tentang cara merawat kesehatan gigi dengan baik dan benar. Perlu diketahui bahwa cara merawat gigi ini sangat mudah dan penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu mari bersama sama untuk selalu merawat dan menjaga kesehatan gigi dan juga kesehatan tubuh masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.