Daftar Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Ibu Hamil

ulasyuk.com   -Jagung merupakan makanan yang sangat kaya akan kandungan serat. Serat merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan khususnya untuk kesehatan ibu hamil. Ibu hamil sendiri membutuhkan banyak nutrisi yang harus dipenuhi karena selain untuk menutrisi dirinya sendiri ibu hamil juga memberi nutrisi pada anak yang ada di perutnya. 

Kandungan Nutrisi Jagung

Jagung sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil karena jagung memiliki banyak kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Kandungan nutrisi yang ada di jagung tersebut diantaranya adalah :

Mengandung serat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, nutrium, kalium, zinc, folat dan lain sebagainya.

Manfaat Jagung Bagi Ibu Hamil

Setelah membahas sedikit tentang kandungan nutrisi yang ada didalam jagung. Sekarang sudah saatnya untuk membahas apa saja manfaat jagung bahi kesehatan ibu hamil. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari jagung tersebut, maka akan dijelaskan dibawah ini :

Membantu Pertumbuhan Janin

Manfaat pertama dari jagung untuk kesehatan ibu hamil adalah jagung dapat membantu pertumbuhan dan juga perkembangan janin yang ada di rahim.

Pada dasarnya pertumbuhan janin dibantu oleh jagung karena jagung mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan janin.

Mencukupi Kebutuhan Energi

Manfaat selanjutnya dari jagung ini untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan energi. Energi sangat baik untuk setiap orang khususnya untuk ibu hamil.

Energi sendiri didapat dari karbohidrat dan jagung juga mengandung karbohidrat sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh.

Mengurangi Morning Sickness

Kebanyakan ibu hamil mengalami yang namanya morning sickness. Gejalan morning sickness memnag umum dialami seseorang saat hamil. Morning sickness ini biasanya mendatangkan keluhan seperti mual, dan pusing saat pagi hari.

Kandungan nutrisi seperti folat dan B komplek yang ada didalam jagung bermanfaat untuk mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil.

Mengatasi Keram

Saat hamil kebanyakan perempuan akan mengalami keram terutama keram pada kaki. Untuk mengatasi ataupun mengurangi keram tersebut kemungkinan dapat disebabkan Oleh kurangnya asupan kalium.

Untuk mengatasi kekurangan nutrisi kalium tersebut dapat dilakukan dengan berbagi cara. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jagung.

Mengingat jagung mengandung nutrisi kalium yang baik untuk memenuhi asupan kalium tersebut, maka jagung baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat selanjutnya jagung untuk ibu hamil adalah jagung dapat membantu dalam melancarkan pencernaan. Perlu diketahui serat sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan manusia.

Jagung sendiri merupakan makanan yang kaya akan serat. Oleh sebab itu jagung sangat baik untuk kesehatan pencernaan manusia.

Cara Pengolahan

Ada banyak sekali cara pengolahan yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi jagung ini. Cara pengolahan tersebut diantaranya adalah :

1. Dapat dijadikan jagung rebus

Pada dasarnya jagung rebus merupakan makan yang umum bagi masyarakat Indonesia. Mendapatkan.

Jagung rebus juga tergolong sangat mudah. Cara pengolahannya pun cukup dengan merebus jagung dengan air secukupnya.

2. Dijadikan sayur

Selanjutnya jagung juga dapat diolah menjadi sayur, seperti sayur bening ataupun sayur asam dan juga olahan sayur lainnya.

Jagung merupakan suatu makanan yang sangat kaya akan serat dan nutrisi lainnya. Tak hanyak baik untuk kesehatan tubuh jagung juga sangat baik untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Jagung juga dapat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan sesuai dengan selera masing-masing. Demikian pembahasan artikel tentang manfaat jagung bagi kesehatan ibu hamil. Demikian artikel ini, terimakasih.