Manfaat dan Pentingnya Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Ulasyuk.com - Pada saat pandemi seperti ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. imun tubuh yang sehat dapat menjaga kita untuk tidak terserang berbagai penyakit. Tentunya untuk menjaga imun tubuh agar tetap sehat memerlukan poa hidup yang sehat seperti, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, berolahraga, juga mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C sangatlah penting bagi tubuh karena vitamin C memiliki berbagai fungsi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Menurut AKG kadar vitamin C yang dibutuhkan setiap orang berbeda tergantung dari golongan usia orang tersebut, seperti untuk anak-anak satu tahun keatas memiliki kebutuhan akan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Untuk remaja dengan rentan usia dua belas (12) tahu keatas membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 65-90 mg perharinya. 

Sedangkan untuk usia dewasa yaitu delapan belas (18) tahun keatas mempunyai kebutuhan akan vitamin C sebanyak 75-90 mg perharinya. Sebagai informasi tambahan menurut suatu penelitian dalam JAMA  (journal of the american medical association) tubuh manusia hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya, jika mnegkonsumsi vitamin C lebih dari itu maka vitamin C tersebut tidak akan diserap oleh tubuh.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan suatu sifat senyawa yang dapat menangkal radikal bebas. Vitamin C berfungsi sebagai anti oksidan bagi tubuh karena dapat menangkal radikal bebas yang ada. radikal bebas tersebut berupa suatu suatu molekul jahat yang dapat menyebabkan suatu penyakit kepada tubuh. Dengan adanya anti oksidan maka imun tubuh akan tetap sehat dan terhalang dari berbagai penyakit yang ada.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat seseorang terserang flu ataupun batuk pilek mengkonsumsi vitamin C merupakan salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan. Hal ini dapat terjadi karena vitamin C dapat memulihkan dan mengembalikan daya tahan tubuh yang rusak menjadi pulih kembali.

Membantu Proses Pemulihan

Salah satu manfaat vitamin C bagi tubuh lainnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C maka dapat membantu proses pemulihan luka yang dialami oleh seseorang. Hal tersebut dapat terjadi karena vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan sehingga membantu sistem kekebalan tubuh dan proses penyembuhan luka.

Produksi Kolagen

Kolagen merupakan suatu protein yang terdapat pada tubuh manusia,kolagen dapat berfungsi untuk mencerahkan  kulit,membantu proses penyembuhan luka, dapat mencegah keriput dan proses penuaan. Dengan mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan takaran yang dianjurkan maka akan menjaga kesehatan imun tubuh dan juga dapat menjaga kesehatan kulit tubuh kita.

Merawat Kesehatan

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah dapat merawat kesehatan tubuh manusia dimana vitamin C dapat merawat kesehatan, tulang, tulang rawan dan juga gigi. Vitamin C dapat mencegah penyakit stoke dan dapat mencegah katarak pada mata.

Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan kulit yang terjadi pada tubuh difaktori oleh beberapa hal, seeprti dari faktor alergi makanan, jerawat, debu, ataupun penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok. Dengan menkonsumsi ataupun menggunakan vitamin C dapat mengatasi peradangan yang terjadi di kulit, karena vitamin C berfungsi untuk memproduksi kolagen dan juga membantu proses penyembuhan luka.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Serangan jantung atupun jantung korener merupakan suatu keadaan dimana jantung kekuranga oksigen yang cukup dikarenakan terseumbatkan pembuluh darah koroner. Penyumbatan pembuluh darah koroner ini dapat disebabkan oleh koesterol ataupun lemak darah yang menumpuk di pembuluh darah. Vitamin C dapat menurunkan resiko serangan jantung karena vitamin C dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Mencegah Penyakit

Manfaat vitamin C lainnya adalah dapat mencegah penyakit bagi tubuh, seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Vitamin C juga membantu tubuh dalam menjaga imun tubuh agar tetap sehat, oleh sebab itu vitamin C dapat mencegah penyakit agar tubuh tidak ikut terpapar penyakit yang ada disekitar.

Memperbaiki Jaringan Sel Kulit

Kembali lagi vitamin C dapat memproduksi antioksidan dan antioksidan sangat berguna dalam menangkal radikal bebas yang ada agar tidak merusak tubuh kita. radikal bebas seperti polusi udara dan  sinar matahari berlebih sangat tidak baik bagi tubuh, dan vitamin C dapat menangkal hal tersebut sehingga jaringan sel kulit yang rusak akibat terapar sinar matahari berlebih dan polusi udara dapat dipulihkan dan terlindungi dari radikal bebas.

Dapat Meredakan Flu

Sudah bukan suatu hal asing lagi jika vtami C sangatlah berguna untuk meredakan flu yang diderita seseorang. Pada dasarnya saat seseorang terserang flu maka imun tubuh akan menurun dan tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Untuk menangani hal tersebut diperlukan mengkonsumsi vitamin C dengan kadar yang teapt karena vitamin C dapat mengembalikan sistem imun tubuh dan dapat mengatasi flu, saat imun tubuh sudah kembali sehat dan melawan flu tersebut maka penyakit tersebut akan hilang.

Vitamin C sangat berguna dan sangat penting bagi tubuh karena vitamin C dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan juga membantu tubuh dalam menangani sel kulit yang rusak. Untuk dimusim hujan dan juga masa pandemi ini memenuhi kebutuhan akan vitamin C sanat penting untuk dilakukan karena sat ini sedang marak penyakit flu dan juga batuk. Untuk mencagah hal tersebut dibutuhkan imun tubuh yang sehat dan tubuh yang bugar. 

Sumber vitamin C sendiri dapat ditemui dari berbagai jenis makanan yang ada seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, kiwi, jambu biji, stawberry, brokoli, cabe merah, dan juga sayuran bayam. Demikian pembahasan artikel mengenai vitamin C, semoga bermanfaat terimakasih.