Pahami Yuk! Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Ulasyuk.com - Jagung mempunyai kandungan gizi yang baik buat tubuh manusia, tanaman ini baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dan guna menjaga berat badan Anda.

Pahami Yuk! Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Cara mengkonsumsi jangung adalah dengan merebus, atau dijadikan brondong jagung, selain itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari minyak jagung dan  tepung jagung.

Manfaat dan kandungan gizi Jagung 

Karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral berada pada kandungan nutrisi dalam jagung yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Pada jagung manis terdapat vitamin A,C dan B serta folat. Sedangkan pada berondong jagung atau sering dikenal dengan pop corn terdapat kandungan mineral yaitu kalsium, kalium, zat besi, fosfor, mangan, seng, dan magnesium serta tembaga, namun di dalam jagung juga terkandung lemak walaupun dalam jumlah yang tidak banyak, dan jenis lemak yang ada di dalam jagung adalah lemak baik.

Dalam minyak jagung terdapat vitamen E, fitosterol dan coenzyme Q10 yang dipercaya berpengaruh  baik pada kadar kolesterol di tubuh Anda.

Manfaat bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat jagung yang bisa didapatkan tubuh:

Mengatasi sembelit

Untuk mengatasi sembelit, adalah dengan cara  yaitu lebih memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga, memperbaiki pola makan dan minum air putih. Makanan yang mengandung banyak serat seperti jagung sebagai salah satu contohnya, diwajibkan bagi Anda yang menderita sembelit. Makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. 

Mengurangi risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah

Penderita diabetes bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. 

Baik bagi kesehatan jantung

Jagung yang kaya akan nutrisi mempunyai dampak baik bagi kesehatan jantung. Pada suatu penelitian diketahui bahwa pola makan dengan tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting guna mencegah penyakit jantung. Salah satu contoh makanan ini adalah jagung. Mereka yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

Baik bagi kesehatan mata

Penyakit mata seperti katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit katarak, yaitu proses penuaan dan nutrisi.

Asupan nutrisi seperti zeaxanthin dan lutein, diperlukan untuk menjaga kondisi kerhatan mata. Lutein dan zeaxanthin berperan dalam menangkal efek kerusakan sel mata sehingga diduga dapat mengurangi risiko katarak.