Wah! Ternyata ini Penyebab Kulit Menjadi Kering

Ulasyuk.com - Ketika kulit mengalami kekurangan cairan pada kulit bagian luar, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai kulit kering. Biasanya bagian lengan, tangan atau kaki, bahkan bagian tubuh yang terbuka yang paling rentan mengalami gangguan kulit kering.

Wah! Ternyata ini Penyebab Kulit Menjadi Kering

Kondisi ini, siapapun bisa mengalaminya tanpa membeda – bedakan jenis kelamin, hanya tingkat gangguannya saja yang akan berbeda bagi setiap orang tergantung dari kondisi kesehatan, usia terutama bagi mereka yang berusia manula, serta kondisi kesehatan serta lingkungan tempat tinggal setiap orang. 

Tanda-tanda mengalami  Gejala Kulit Kering

Kulit kering bisa dialami sepanjang hidup untuk sebagian orang. Tetapi pada umumnya atau kebanyakan orang, kondisi kuklit kering hanya berlangsung sementara atau pada waktu-waktu tertentu saja, tergantung pada kondisi-kondisi yang di alami setiap orang.

Adapun beberapa tanda sebagai indikasi gejala kulit kering adalah permukaan kulit yang mulai terasa dan terlihat kasar. Kemudian mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, bahkan setelah mandi, atau saat berenang. Warna kulit kemerahan dan rasa gatal yang biasa muncul.

Gejala lain adalah terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit. Terkadang terdapat sisik dan mengelupas pada kulit. Dalam kondisi yang lebih parah, terdapat retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Apa Penyebab Kulit Kering?

Penyebab kulit kering bisa muncul dikarenakan beberapa hal, yaitu:

Bertambahnya usia

Kondisi kulit seseorang akan makin tipis dan semakin kering dengan bertambahnya usia. Hal ini wajar terjadi, jika mengingat makin tua seseorang maka hormon yang diproduksi tubuh akan makin berkurang. Terutama  hormon-hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

Iritasi

Beragamnya penyebab iritasi mulai dari sabun hingga parfum bisa berdampak pada kulit kering. Hal penyebab munculnya iritasi yang terjadi di kulit bisa disebabkan oleh kain atau bahan pakaian, serta bahan yang digunakan untuk mencuci baju, seperti deterjen atau pelembut kain, yang akhirnya berdampak pada kulit kering.

Pemakaian sabun yang salah

Pemakaian sabun secara acak atau sembarangan yang tidak diperuntukkan untuk kulit saat mandi, akan membahayakan kulit. Hal tersebut akan membuat pelembap alami pada kulit terkikis, sehingga membuat kulit kering. 

Menggosok kulit

Salah satu kegiatan yang bisa menyebabkan kulit kering adalah menggosok kulit. Apabila jika kebiasaan ini dilakukan dengan alat gosok seperti spons. Gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit berpotensi merusak lapisan kelembapan di permukaan kulit, sehingga menyebabkan kekeringan pada kulit.

Mandi uap

Mandi uap panas selain memiliki dampak positif namun juga memiliki dampak negatif yaitu menyebabkan kulit kering, hal tersebut disebabkan karena temperatur yang panas mempengaruhi minyak alami kulit semakin cepat kering.

Perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Kelembapan udara yang terlalu rendah akan menyebabkan kekeringan kulit. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, maka kulit makin terasa kering.