Apa Manfaat Gula Merah Bagi Tubuh? Ini Khasiat Gula Merah, Harga, Perbedaan Dengan Gula Aren Dan Cara Membuatnya

ulasyuk.com  -Apa manfaat gula merah bagi tubuh? Ayo ada yang sudah tahu belum manfaat gula yang satu ini untuk kesehatan kita. 

manfaat dan cara pembuatan gula merah tradisional Indonesia. 

Gula merah ini ternyata ada banyak manfaatnya loh salah satunya bisa menambah energi di dalam tubuh. 

Nah kalau kalian masih penasaran sama apa saja manfaat juga cara membuat gula merah ini mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa itu gula merah? 

Merupakan bahan pemanis tradisional Indonesia yang terbuat dari olahan nira atau kelapa kemudian dicetak dalam tempurung bambu atau kelapa. 

Pada dasarnya ada beberapa jenis gula merah mulai dari gula aren, kelapa dan siwalan. 

Gula merah tersebut memiliki nilai gizi dan rasa manis yang cukup berbeda tergantung dari bahan membuatnya. 

Kandungan gula merah

Berikut ini beberapa kandungan gizi yang ada di gula merah aren, kelapa dan tebu:

  1. Protein 
  2. Lemak
  3. Kalori
  4. Kalsium
  5. Zat besi
  6. Vitamin A
  7. Vitamin B
  8. Vitamin C
  9. Fosfor
  10. Air dan lainnya

Harga gula merah

Seperti yang sudah diketahui gula merah banyak jenisnya dan harga dari pemanis tradisional ini beragam, berikut kisaran harga gula merah:

  1. Gula merah kelapa, untuk jenis yang satu ini memiliki kisaran harga yang beragam mulai Rp. 12.000 per kg sampai Rp. 50.000 per kg. 
  2. Gula aren, memiliki kisaran harga yang dibandrol mulai dari belasan sampai ratusan ribu untuk ukuran yang berbeda-beda. 

Perbedaan gula  merah dan gula aren

Berikut adalah perbedaan dari kedua gula tersebut:

  1. Untuk gula merah biasa terbuat dari nira pohon kelapa sedangkan untuk gula aren berasal dari nira pohon aren. 
  2. Perbedaan lainnya adalah dari segi warna, untuk gula merah sendiri memiliki warna coklat yang gelap terkadang berwarna merah atau terlihat sedikit kuning. Sedangkan untuk gula aren memiliki warna yang lebih terang atau pekat dibandingkan dengan gula merah biasa. 
  3. Kemudian perbedaan yang cukup jelas lainnya adalah dari segi rasa dimana gula aren lebih manis dibandingkan dengan gula merah kelapa. Oleh karena kualitasnya yang lebih baik itulah makanya gula aren lebih mahal dibanding gula merah kelapa. 

Manfaat gula merah untuk kesehatan

Ada berbagi manfaat gula merah baik itu dari kelapa maupun aren yang baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Berikut beberapa manfaat dari gula merah yang perlu kita ketahui:

1. Mencegah dan mengurangi anemia

Manfaat pertama dari gula yang satu ini adalah bisa mencegah atau mengurangi anemia atau kekurangan darah. 

Keadaan kekurangan darah ini karena zat besi dalam tubuh tidak tercukupi oleh karena itu gula merah yang kaya akan kandungan tersebut baik untuk mengatasi anemia. 

2. Meningkatkan energi

Mengonsumsi gula merah juga bisa  meningkatkan energi kita loh khususnya saat mengalami hipoglikemia atau kekurangan gula jadi kadar gula dalam darah kurang dari angka normal. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu caranya dengan memakan gula merah. 

3. Meringankan maag

Bagi kalian penderitaan maag bisa mengatasi masalah atau mengurangi nyeri yang ada dengan gula merah. Gula merah memang berguna untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan kemudian untuk pengolahannya untuk penderitaan asam lambung bisa dicampurkan dengan lidah buaya dan diminum secara langsung

4. Dapat meredakan flu

Manfaat lainnya adalah bisa meredakan sakit flu. Sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu campuran obat flu seperti gula merah yang dicampur dengan air jahe untuk meredakan pilek dan menghangatkan tubuh. 

5. Mencegah asma

Ternyata gula merah juga bisa mencegah penyakit asma loh teman-teman. Memiliki sifat anti alergi yang bisa mencegah batuk, bersin, pilek dan sarangan asma berulang. 

Cara pembuatan gula merah

  1. Ambil nira dari bahan baku yang akan digunakan dan diolah menjadi gula merah. Contoh nira pohon aren atau kelapa. 
  2. Nira yang sudah diambil kemudian diuapkan kadar airnya agar lebih optimal. 
  3. Penguapan dilakukan dengan memanaskan nira dalam wadah sampai kental. 
  4. Setelah nira yang diucapkan mengental maka masukkan kedalam cetakan. 
  5. Tunggu hingga dingin kemudian keluarkan gula dari dalam cetakan dan setelah itu siap untuk digunakan atau dipasarkan. 

Demikian pembahasan artikel ini tentang Apa manfaat gula merah bagi tubuh? Ini khasiat gula merah, harga, perbedaan dengan gula aren dan cara membuatnya

Jangan lupa untuk menjaga kondisi kesehatan dan penuhi kebutuhan tubuh dengan makan dan istirahat yang cukup serta bila perlu konsumsi gula merah, terimakasih.