Cara Merawat Rambut Dengan Benar

ulasyuk.com   -Rambut merupakan mahkota bagi seseorang khususnya bagi para perempuan. Setiap orang lahir dengan memiliki rambut. Seiring berjalannya waktu rambut akan terus bertumbuh. Karena terus tumbuh sepanjang waktu rambut juga memerlukan suatu perawatan yang dapat menjaga kesehatan rambut tersebut. Didalam artikel ini akan dijelaskan sedikit tentang bagaimana merawat rambut dengan benar agar rambut tetap sehat.

Pentingnya Merawat Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan setiap orang lahir dengan adanya rambut. Rambut manusia penting untuk dirawat, mengapa demikian? Karena rambut juga dapat rusak apabila tidak dirawat dengan benar. Ketika tidak dirawat maka akan timbul beberapa masalah pada rambut.

Masalah Rambut

Saat seseorang tidak merawat rambut dengan benar maka akan timbul beberapa masalah rambut. Masalah-masalah rambut tersebut akan dijelaskan dibawah ini:

1.  Rambut Kering

Tidak hanya kulit saja yang dapat mengering, rambut seseorang juga dapat mengering. Mengeringnya rambut seseorang ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : karena terlalu lama terpapar sinar matahari, memakai obat rambut, terlalu sering mencatok rambut tanpa menggunakan vitamin rambut terlebih dahulu dan lain sebagainya.

2.  Rontok

Masalah rambut selanjutnya adalah rambut rontok, rambut rontok sering kali ditemui pada seseorang yang memiliki rambut yang panjang. Rambut rontok ini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal. Hal tersebut diantaranya adalah : tidak cocok terhadap shampo, memakai obat rambut dan lainnya.

3.  Bercabang

Selanjutnya rambut bercabang, banyak orang yang memiliki rambut bercabang disertai dengan rambut yang kering. Kedua Masalah ini biasanya memang muncul bersamaan. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya perawatan rambut sehingga rambut menjadi kering dan bercabang.

Cara Merawat Rambut 

Setelah mengetahui sedikit tentang masalah rambut dan seberapa penting untuk merawat kesehatan rambut. Saat ini sudah saatnya untuk membahas tentang bagaimana cara merawat rambut dengan baik dan benar. Untuk itu hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

Keramas

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga dan merawat kesehatan rambut adalah dengan melakukan keramas secukupnya. Keramas dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk melakukan keramas sehari satu kali pun dapat dilakukan.

Memakai Shampo

Gunakan shampo saat keramas, setiap orang biasanya ada cocok atau tidak cocok dengan produk shampo tertentu. Oleh sebab itu gunakanlah shampo yang cocok di rambut, jangan mudah untuk berganti ganti produk shampo jika rambut rentan akan masalah rambut.

Memakai Conditioner

Setelah menggunakan shampo memakai conditioner membantu Dalam memberikan nutrisi pada akar rambut. Menggunakan conditioner juga dapat membuat rambut lebih harum dan lebih lembut.

Memakai Masker Rambut

Selanjutnya gunakan masker rambut untuk dapat mengurangi kerusakan rambut yang telah terjadi. Saat rambut mulai rusak menggunakan masker rambut baik untuk dilakukan. Masker rambut ini dilakukan dengan cara mengoleskan masker rambut keseluruh bagian rambut. 

Setelah itu diamkan sampai meresap dan kemudian bilas rambut dengan menggunakan air bersih. Usahakan memakai masker rambut sebelum conditioner  Hal ini dilakukan untuk menambah hasil yang baik.

Memakai Vitamin Rambut

Setelah melakukan keramas, masker rambut dan conditioner sudah saatnya mengeringkan rambut dan mengoleskan vitamin rambut. Vitamin rambut ini berguna untuk melembabkan rambut dan menjaga rambut agar tidak mudah bercabang.

Mengeringkan Rambut 

Setelah membahas tentang merawat rambut dengan shampo, conditioner, masker dan vitamin rambut. Ada hal utama yang harus diperhatikan sebelumnya. Hal tersebut adakah bagaimana cara mengeringkan rambut. Saat mengeringkan rambut usahakan untuk mengeringkannya dengan baik dan benar. Keringkan rambut dengan handuk secara halus agar rambut tidak rontok. 

Kemudian saat menggunakan hairdryer usahakan untuk tidak melakukannya setiap hari agar rambut tidak terlalu kering.

Potong Ujung Rambut

Selanjutnya saat rambut telah memanjang usahakan untuk memotong bagian ujung rambut. Hal ini dilakukan untuk doaat emncegah terjadinya rambut kering dan bercabang. Biasanya bagian ujung rambut inilah yang sering mengalami kering dan bercabang.

Demikian pembahasan artikel ini tentang bagaimana cara merawat rambut dengan benar. Jagalah rambut dengan baik dna benar apabila tidak sempat dalam menggunakan masker rambut dan vitamin rambut. Setidaknya gunakanlah conditioner untuk dapat menutrisi rambut. Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.