Varian Jenis Virus Covid-19 Yang Mewabah Di Indonesia

ulasyuk.com  -Pada awalnya virus covid-19 ini bermula ataupun mewabah di kota wuhan negara republik china. Dari sanalah wabah ini mulai menjangkit ke banyak negara lainnya, seiring berjalannya waktu virus tersebut dapat bermutasi dan membuat jenis virus corona yang baru. Didalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa jenis varian virus covid-19 yang mewabah di indonesia.

Mutasi Virus Corona

Pada dasarnya virus corona ini merupakan virus yang memiliki materi genetik tunggal,hal tersebut menyebabkan virus ini dapat bermutasi dengan mudah. Dampak dari mutasi virus ini sendiri adalah semakin mudahnya penularan dari virus covid-19. Selain itu virus corona yang sudah bermutasi ini akan lebih mudah dalam memperbanyak dirinya didalam tubuh.

Varian Jenis Virus Covid-19 Yang Ada Di Indonesia

B117

Virus covid-19 jenis B117 atau dapat disebut dengan varian alfa merupakan jenis virus covid-19 yang ditemukan di negara inggris. Virus ini juga memiliki tingkat penularan yang cukup besar sekitar 40% - 90%. Virus ini memiliki potensi dalam menimbulkan geajala berat bagi seseorang yang terinfeksi.

B1351

Virus ini juga sering disebut dengan varian virus beta yang mana virus ini pertama kali ditemukan di negara afrika selatan. Untuk tingkat keparahan dari virus ini adalah infeksi yang terjadi memiliki resiko yang lebih besar dalam menyebabkan gejala yang berat.

P1

Atau sering juga disebut dengan varian virus gamma, merupakan salah satu varian jenis virus corona yang pertama kali ditemukan di negara brazil. Tingkat keparahan dari infeksi virus varian ini sendiri adalah bahwa virus cenderung kebal terhadap pengobatan yang dilakukan untuk covid-19.

B16172

Virus varian B16172 atau yang dapat disebut dengan varian delta merupakan varian jenis virus covid-19 yang pertama kali ditemukan di negara india. Tingkat penularan dari virus ni juga terbilang besar yaitu sebesar 30% - 100%. Keparahan yang disebabkan oleh terinfeksi dai virus ini adalah terdapat potensi rawat inap yang lebih besar dibanding dengan varian virus covid-19 lainnya.

Gejala Virus Corona

Setelah membahas mengenai beberapa varian jenis virus covid-19 ini sudah saatnya untuk membahas beberapa gejala yang ditimbulkan dari varian jenis virus tersebut. Hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

1. Demam
2. Sakit kepala
3. Batuk
4. Nyeri otot
5. Insomnia
6. Hilangnya daya indra penciuman dan perasa

Akan tetapi pada kasus tertentu dengan varian yang sudah dijelaskan diatas menimbulkan gejala yang cukup berbeda yaitu menimbulkan gejala yang cukup parah. Gejala tersebut adalah : nafsu makan berkurang, sesak nafas, berdebar-debar, serta dapat terjadi penurunan hingga kehilangan kesadaran. Biasanya gejala yang parha ini ditemukan pada para pasien yang menderita penyakit bawaan seperti : gula darah (diabetes), asma, hipertensi (darah tinggi), dan juga para lansia.

Baca juga :  Cara Mendaftar Vaksin Secara Online Di PeduliLindungi

Demikian pembahasan artikel mengani varian jenis virus covid019 yang mewabah di indonesia. Diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan karena wabah ini bukanlah wabah yang dapat diremehkan. Oleh sebab itu hindari kerumunan, tetap menjaga jarak,menjaga kebersihan dan taati peraturan yang telah ditetapkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.