Jenis-Jenis Vaksin Yang Digunakan Di Indonesia

ulasyuk.com  -Vaksin merupakan suatu tindakan yang mana disuntikannya virus yang dapat melawan virus covid-19 kedalam tubuh seseorang. Dengan melakukan vaksin maka tubuh akan membentuk antibodi yang dapat mencegah ataupun melawan virus corona. Ada beberapa jenis vaksin yang digunakan khususnya yang digunakan di indonesia. Didalam artikel ini akan jelaskan jenis vaksin tersebut.

vaksin covid 19

Manfaat Lakukan Vaksin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa vaksin dapat membentuk imun tubuh yang dapat melawan virus covid-19. Oleh sebab itu pemerintah memberikan perintah bagi masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Jenis-Jenis Vaksin

Ada beberapa jenis vaksin yang digunakan di indonesia, jenis-jenis dari vaksin tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

Sinovac

Vaksin pertama yang akan dibahas didalam artikel ini adalah vaksin sinovac, vaksin ini merupakan salah satu vaksin yang berguna untuk mencegah penyakit virus covid-19. Vaksin ini berguna untuk membangun sistem imun tubuh dan memproduksi antibodi yang dapat melawan virus covid-19. Dengan infeksi akibat virus tersebut tidak terjadi didalam tubuh.

AstraZeneca

Selanjutnya adalah vaksin astrazeneca, sama seperti vaksin sinovac vaksin astrazeneca juga berguna dalam mencegah virus covid-19 ini. Yang membedakan keduanya adalah bahwa vaksin ini telah menjalani uji klinis yang mana efek perlindungan vaksin astrazeneca terhadap virus covid-19 lebih besar dibanding dengan vaksin sinovac.

Moderna

Vaksin ini merupakan vaksin yang menggunakan suatu komponen genetik yang membuat sistem imun tubuh manusia memproduksi spike protein. spike protein ini yang berguna dalam memicu tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan dan melindungi tubuh dari infeksi virus covid-19.

Sinopharm

Vaksin sinopharm sendiri merupakan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi milik pemerintah china. Sama seperti vaksin lainnya vaksin ini juga berguna dalam mencegah terjadinya infeksi virus covid-19 didalam tubuh. vaksin ini memiliki efek perlindungan terhadap virus corona lebih besar dibanding dengan vaksin astrazeneca.

Pfizer

Vaksin pfizer hampir sama dengan vaksin moderna dimana vaksin tersebut membuat sistem kekebalan tubuh manusia untuk membentuk spike protein yang dapat membentuk antibodi. Yang mana antibodi tersebutlah yang dapat melawan virus covid-19.

Efek Samping Melakukan Vaksin

Pada dasarnya ada beberapa efek samping yang umum dijumpai di masyarakat yang telah melakukan vaksin. Efek samping tersebut diantaranya adalah :

1. Nyeri sehabis disuntik.

2. Terasa pegal di bagian tangan yang disuntik vaksin.

3. Dapat menimbulkan demam.

4. Dapat menyebabkan mual.

5. Dapat menyebabkan kepala pusing.

6. Menimbulkan kantuk.

Demikian pembahasan materi artikel mengenai jenis vaksin apa saja yang digunakan di indonesia. Perlu diingat bahwa efek samping setelah melakukan vaksin berbeda-beda pada setiap orang. Pastikan untuk makan terlebih dahulu sebelum melakukan vaksin, dan beritahu dokter mengani riwayat penyakit dan obat yang sedang dikonsumsi saat ini. Setelah itu beristirahatlah setelah melakukan vaksin. Semoga artikel ini bermanfaat, diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menaati peraturan yang ada, terimakasih.