Beberapa Gejala Virus Covid-19 Pada Anak

ulasyuk.com  -Saat ini virus corona telah bermutasi dan membentuk varian virus baru yang dapat menyerang siapa saja. Umumnya memang kebanyakan orang dewasa yang terpapar virus tersebut. Akan tetapi saat ini anak-anak pun dapat tertular virus corona ini, didalam artikel ini akan dibahas mengenai gejala dari virus corona pada anak-anak.

Pemeriksaan Covid Pada Anak

Sama halnya dengan pemeriksaan virus covid-19 pada orang dewasa pada anak-anakpun diberikan tes yang sama. rangkaian tes pemeriksaan virus covid-19 tersebut diantaranya adalah : tes rapid antigen, rapid test antibody, dan PCR.

Pencegahan Virus Covid-19 Pada Anak

Pada dasarnya anak-anak masih belum mengetahui seberapa membahayakannya virus corona ini. Oleh karena hal tersebut orang tua lah yang harusnya dapat memberikan pengertian dan juga menjaga kesehatan anak. Untuk dapat mencegah virus corona pada anak dapat dilakukan beberapa hal yaitu.

  • Pertama selalu mengingatkan anak untuk menjaga kebersihan seperti mencuci tangan, kaki dan muka dengan menggunakan sabun.
  • Kedua, berikan edukasi tentang virus corona dan ajari anak untuk tidak melepas masker saat bermain dengan teman.
  • Berikan asupan vitamin yang cukup untuk anak baik itu vitamin dari buah dan sayur ataupun vitamin anak.

Gejala Covid Pada Anak

Gejala virus corona pada anak dan juga pada orang dewasa memiliki perbedaan,dimana perbedaan tersebut adalah tingkat dari gejala. Yang mana tingkat dari gejala covid-19 pada anak cenderung lebih ringan dibanding dengan gejala pada orang dewasa. Gejala dari virus covid-19 pada anak tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

1. Pilek

Salah satu gejala dari virus corona pada anak yang pertama dibahas di dalam artikel ini adalah anak akan mengalami pilek. Pilek sendiri merupakan penyakit umum yang sering dialami oleh anak-anak.

2. Demam

Selanjutnya selain mengalami pilek gejala yang lain adalah anak tersebut akan terkena demam.

3. Batuk

Gejala virus covid pada anak selanjutnya adalah anak-anak tersebut akan mempunyai batuk. Umumnya gejala ini memang seperti penyakit batuk yang ringan. Akan tetapi tetap waspadai jika anak mengalami keadaan ini.

4. Sesak Napas

Gejala selanjutnya adalah sesak napas, gejala sesak napas ini sama seperti dengan gejala yang terjadi pada orang dewasa.

5. Radang Tenggorokan

Kemudian gejala dari terpaparnya anak terhadap virus corona adalah anak mengalami radang tenggorokan.

Dari semua rangkaian gejala yang telah dituliskan tersebut sekilas memang seperi gejala penyakit batuk,pilek biasa. Akan tetapi perlu diwaspadai dan diperhatikan apabila anak mengalami gangguan pencernaan juga seperti diare maka segeralah periksakan anak ke dokter terdekat.

Bila keadaan in terus dibiarkan maka kan berdampak buruk bagi anak,terlebih bila anak telah mengalami sesak saat bernapas. Demikian pembahasan artikel tentang gejala virus covid-19 pada anak, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.