Semakin Memanas, Pemerintah Berikan Obat Dan Layanan Konsultasi Gratis Bagi Pasien Positif Omicron

ulasyuk.com   -Saat ini sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang terpapar dengan virus omicron. Virus ini terbilang cukup cepat menyebar di Indonesia. Oleh karena banyaknya masyarakat yang terpapar virus Corona  varian ini pemerintah memberikan kebijakan baru. 

Kebijakan tersebut adalah Kemenkes memberikan obat gratis dan juga layanan konsultasi gratis bagi masyarakat yang terjangkit virus omicron ini. Didalam artikel ini akan dijelaskan mengenai paket obat dan layanan konsultasi gratis yang disediakan oleh Kemenkes.

Pemberian Obat Gratis

Pemerintah Republik Indonesia menyediakan layanan berupa pemberian obat gratis bagi masyarakat yang tekonfirmasi positif  omicron. Akan tetapi perlu diketahui obat gratis ini diberikan kepada masyarakat yang melakukan ISOMAN dimana pasien tersebut memiliki gejala yang ringan.

Untuk pasien yang memiliki gejala yang cukup berat tidak diberika obat ini. Pasien terebut harus menjalani perawatan di rumah sakit. Untuk mendapatkan obat dan layanan konsultasi gratis ini juga diperlukan beberapa hal yang harus di penuhi terlebih dahulu. Setelah semua data terpenuhi maka obat dan layanan konsultasi akan diberikan kepada masing-masing pasien.

Cara Mendapatkan Obat Gratis

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika hendak mendapatkan obat dan layanan gratis dari pemerintah, hal tersebut adalah :

  1. Melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem NAR Kemenkes.
  2. Jika hasil tes tersebut positif, maka data pasien tersebut akan masuk ke sistem Kemenkes. Setelah itu akan ada konfirmasi dari aplikasi WhatsApp dari akun resmi Kemenkes RI secara otomatis. Akun resmi tersebut ditandai dengan adanya centang hijau di akun aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya jika terjadi suatu gangguan dan pasien tidak menerima pesan otomatis. Maka dapat memeriksa data melalui NIK yang dapat diperiksa di website Kemenkes (https://isoman.kemenkes.go.id).
  4. Lalu setelah itu lakukan layanan konsultasi gratis secara online dengan dokter dari salah satu layanan yang bekerjasama dengan Kemenkes. Cara untuk mendapatkan layanan gratis adalah dengan mengunjungi website https://isoman.kemenkes.go.id dan pilih menu panduan agar dapat dipandu untuk langkah selanjutnya. Setelah itu jangan lupa untuk memasukan kode voucher untuk mendapatkan obat dan layanan konsultasi gratis.
  5. Setelah itu akan diberikan resep digital yang dapat ditebus di https://isoman.kemenkes.go.id/pesan_obat 

Platform Penyedia Layanan Konsultasi Gratis

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Kemenkes bekerjasmaa dengan beberapa platform kesehatan. Hal terebut berguna untuk memberikan obat dan layanan konsultasi gratis bagi pasien ISOMAN positif omicron dengan keluhan gejala ringan atau dengan tanpa adanya gejala. Beberapa platform tersebut adalah:

  • Halodoc
  • ProSehat
  • KlikDokter
  • LinkSehat
  • Alodokter
  • Good Doctor
  • Get well
  • Homecare24
  • Vakular Indonesia
  • Mdoc dan platform lainnya

Paket Obat Gratis

Setelah menjalani serangkaian hal yang telah dituliskan  maka sekarang akan lanjut untuk membahas hal tentang obat gratis. Setelah mendapatkan resep digital tersebut maka pasien dapat menebus obat di tempat yang telah diberikan oleh Kemenkes. Setelah mendapatkan resep maka obatpun akan diberikan kepada pasien. Paket obat tersebut diantaranya adalah :

Paket A

Untuk obat paket A merupakan paket obat yang ditujukan bagi para pasien positif omicron dengan tanpa adanya gejala. Paket dari obat ini terdiri dari beberapa maca obat yaitu : zinc, Vitamin C, B, E.

Paket B

Untu paket B sendiri ditujukan bagi para pasien positif omicron dengan keluhan ringan. Didalam paket ini terdiri dari beberapa macam obat yaitu : Vitamin C, B, E, favipiravir 200 mg, zinc, Molnupiravir 200mg dan Paracetamol 500mg jika mengalami demam dan nyeri.

Layanan obat gratis dan juga konsultasi gratis ini sangat baik bagi para pasien positif omicron. Dengan adanya layanan gratis tersebut tidak hanya membantu pasien dalam menyembuhkan penyakit tersebut tetapi juga dapat mengedukasi masyarakat mengenai virus omicron tersebut.

Jika dilihat lebih dalam lagi virus omicron memang cukup cepat untuk menyebar dibandingkan dengan virus lainnya. Akan tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan tubuh dan melakukan vaksin maka masyarakat dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang virus tersebut.

Demikian pembahasan artikel tentang layanan konsultasi dan obat gratis bagi pasien omicron, semoga bermanfaat, terimakasih.