Kegunaan, Cara Pakai Dan Harga Alkohol 70% untuk Kesehatan

Ulasyuk.com - Alkohol merupakan salah satu zat kimia yang sangat diperlukan dan dipergunakan dalam dunia kesehatan. Hal tersebut dapat terjadi karena alkohol memiliki beberapa kegunaan yang berguna untuk pelayanan kesehatan.

Alkohol 70%

Kegunaan tersebut seperti untuk mengatasi luka dan untuk membersihkan alat kesehatan. Khususnya pada alkohol 70% yang sangat berguna dalam kedua hal tadi, oleh sebab itu artikel ini akan membahas seputar tentang alkohol tersebut.

Kegunaan Alkohol 70%

Ada banyak sekali kegunaan dari alkohol ini yang sangat berguna bagi banyak orang, seperti yang sudah dikatakan bahwa alkohol identik dengan tenaga kesehatan maka dibawah ini akan dijelaskan beberapa kegunaannya:

Sebagai Anti Septik

Kegunaan dari bahan kimia ini hal pertama yang akan dibahas di artikel ini adalah alkohol berguna sebagi anti septik. Sudah merupakan hal yang umum bahwa alkohol berguna sebagai anti septik bagi luka luar pada tubuh. 

Alkohol 70% ini dapat membunuh kuman yang ada di luka, akan tetapi penggunaan alkohol terasa sedikit lebih dibandingkan dengan betadine. Alkohol ini juga memberikan rasa dingin jika menyentuh kulit. 

Untuk Kompres

Kegunaan selanjutnya dari alkohol ini adalah dapat digunakan sebagai kompres untuk luka luar pada tubuh. Pada dasarnya alkohol ini merupakan antiseptik yang sangat ampuh dalam membunuh kuman. Oleh sebab itu mengompres luka dengan menggunakan alkohol 70% ini baik untuk dilakukan.

Sebagai Pembersih Alat Kesehatan

Kegunaan alkohol 70% terakhir yang akan dibahas di artikel ini adalah alkohol ini berguna untuk mensterilkan alat kesehatan. Biasanya alkohol digunakan untuk membersihkan dan juga mensterilkan alat-alat kesehatan. Alat tersebut biasanya seperti mortir, stamper, meja obat, gunting operasi, dan perlengkapan lainnya. 

Dengan dibersihkannya alat-alat kesehatan menggunakan alkohol 70% maka alat tersebut akan steril dan terhindar dari kuman atau bakteri. Penggunaan alkohol ini pastinya membuat alat kesehatan tersebut terhindar dari kontaminasi kuman yang ada pada lingkungan sekitar. Dengan begitu alat kesehatanpun akan aman untuk digunakan kepada para pasien.

Alkohol yang dibahas di artikel ini memang sangat berguna sebagai anti septik baik itu untuk menyembuhkan luka maupun untuk mensterilkan alat kesehatan. Alkohol sendiri memiliki beberapa peringatan diantaranya adalah : mudah terbakar, untuk pemakaian luar dan tidak untuk diminum. Demikian pembahasan artikel ini tentang alkohol 70%, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.