Kenali Lebih Dalam Mengenai Keputihan Pada Wanita

ulasyuk.com   -Keputihan merupakan suatu gangguan yang terjadi pada alat kelamin yang dialami oleh perempuan. Biasanya keputihan ini merupakan adanya cairan berwarna putih kusam atau kuning yang keluar dari organ V perempuan.

Gejala Terjadinya Keputihan

Umumya seorang perempuan mengeluarkan lendir bening beberapa hari sebelum masa datang bulan. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar, akan tetapi jika telah mengalami keputihan yang cukup berlebihan ada baiknya untuk melakukan kontrol kepada dokter. 

Gejala keputihan yang perlu diwaspadai adalah ketika keputihan tersebut berubah warna menjadi warna abu-abu, kuning dan kehijauan. Jika menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga rasa tak nyaman seperti gatal dan rasa seperti terbakar merupakan salah satu gejala keputihan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Penyebab Keputihan 

Ada beberapa macam hal yang dapat menjadi suatu pemicu ataupun penyebab terjadinya keputihan pada seorang perempuan. Penyebab keputihan tersebut diantaranya adalah :

1. PH miss V

Ph dari miss V sendiri dapat mempengaruhi terjadinya suatu keputihan pada tubuh seorang perempuan.

2. Penggunaan Obat-Obatan

Penggunaan obat-obatan juga dapat berpengaruh pada timbulnya keputihan dalam diri seorang perempuan. Obat-obatan tersebut diantaranya adalah : penggunaan IUD, kortikosteroid untuk jangka yang cukup panjang dan juga penggunaan pil KB.

Pencegahan Keputihan

Untuk mengetahui seberapa parah  keputihan yang dialami oleh seseorang maka diperlukan pemeriksaan fisik. Khususnya pemeriksaan cairan dari miss V seorang perempuan yang mengalami keputihan tersebut. Hal yang dapat dilakukan dalam proses pencegahan keputihan pada organ perempuan adalah dengan cara : selalu menjaga kebersihan organ dalam kewanitaan, tidak berganti-ganti pasangan seksual, tidak menggunakan pakaian yang ketat dan hindari kondisi lembab.

Keputihan merupakan suatu keadaan dimana organ V perempuan mengeluarkan cairan ataupun lendir. Saat cairan ini berubah dari bertekstur jernih menjadi kental, berbau tak sedap dan berubah warna menjadi kuning atau, abu-abu kehijauan maka keputihan ini cuku berbahaya bagi kesehatan tubuh perempuan. Keputihan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang salah satunya adalah karena mengonsumsi beberapa obat dan juga karena PH yang ada di miss V.

Keputihan dapat dicegah dengan selalu membersihkan miss V dengan rajin, selain itu menghindari penggunaan celana yang ketat juga dapat mencegah terjadinya keputihan. Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan seorang perempuan mengalami keputihan.

Oleh sebab itu keputihan yang tidak ditangani dengan baik dan benar dapat menyebabkan suatu masalah baru bagi seorang perempuan. Mari jaga kebersihan dan juga kesehatan tubuh khususnya untuk para perempuan. Kesehatan merupakan hal utama yang harus dijaga bagi setiap orang. Demikian pembahasan artikel ini tentang mengenal lebih dalam tentang keputihan, semoga bermanfaat, terimakasih.