Manfaat Dan Cara Mudah Membuat Masker Bengkuang Di Rumah

ulasyuk.com  -Buah bengkuang merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air dan juga banyak nutrisi. Buah bengkuang ini sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan kulit terutama untuk kulit wajah. Tak sedikit bahan kosmetik yang menggunakan ekstrak bengkuang didalamnya. Salah satu contoh dari kosmetik tersebut adalah dengan dibuat menjadi masker bengkuang. Untuk dapat membuat masker bengkuang dapat dilakukan dengan cara alami. Untuk itu didalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat masker bengkuang di rumah.

Kandungan Nutrisi Bengkuang 

Bengkuang memiliki beberapa nutrisi didalamnya, nutrisi tersebut diantaranya adalah :  air, vitamin C, zinc, kalium, natrium, fosfor, zat besi, thiamin, zat besi dan lainnya. Kandungan nutrisi tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, bengkuang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan

Ada beberapa manfaat buah ataupun ekstrak dari buah bengkuang untuk kecantikan kulit seseorang. Untuk mengetahui manfaat dari bengkuang untuk kecantikan tersebut maka akan dijelaskan dibawah ini : 

a)  Menyamarkan Noda Hitam

Bengkuang sangat bermanfaat untuk dapat menyamarkan noda hitam yang ada ada kulit wajah. Oleh sebab itu menggunakan masker bengkuang merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

b)  Mencerahkan Warna Kulit

Selanjutnya bengkuang juga bermanfaat untuk dapat mencerahkan warna kulit seseorang, oleh sebab itu banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan dari produk tersebut.

c)  Menyamarkan Bekas Jerawat

Buah ini juga bermanfaat untuk menyamarkan bahkan menghilangkan bekas jerawat yang ada di kulit wajah.

d)  Mengecilkan Pori-Pori

Hal yang perlu diketahui selanjutnya buah bengkuang ini sangat baik dalam mengecilkan pori-pori kulit wajah seseorang.

e)  Melembabkan Kulit

Karena mengandung banyak air dan nutrisi lainnya manfaat buah bengkuang selanjutnya adalah buah ini dapat melembabkan kulit yang kering.

f)  Membantu Dalam Produksi Kolagen

Dalam merawat kulit kolagen memiliki peran yang cukup penting didalamnya,oleh sebab itu menggunakan buah bengkuang dapat membantu dalam proses memproduksi kolagen dalam tubuh.

Cara Membuat Masker Bengkuang

Setelah membahas sedikit tentang manfaat buah bengkuang sudah saatnya sekarang untuk membahas bagaimana cara untuk dapat membuat masker dari buah bengkuang. Hal tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

1. Siapkan Buah Bengkuang

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum membuat masker bengkuang adalah dengan menyiapkan bengkuang secukupnya. Banyaknya bengkuang yang diperlukan disesuaikan dengan seberapa banyak masker yang hendak dibuat.

2. Bersikan Bengkuang 

Setelah menyiapkan beberapa bengkuang kemudian bersihkan bengkuang, membersihkan bengkuang dapat dilakukan dengan mengupas seluruh kulit bengkuang. Setelah kulit bengkuang terlepas jangan lupa untuk mencuci bersih buah bengkuang.

3. Haluskan bengkuang

Langkah selanjutnya dalam membuat masker bengkuang adalah dengan cara menghaluskan buah bengkuang. Haluskan buah bengkuang dengan cara memarutnya sampai habis, setelah parutan bengkuang siap barulah menuju tahap selanjutnya.

4. Ambil sari

Setelah bengkuang halus maka ambilah sari bengkuang dengan cara memeras parutan bengkuang. Setelah air dan ampas bengkuang terpisah barulah masker bengkuang dapat digunakan di wajah.

Cara Pemakaian

Cara pemakaian dari masker bengkuang yang dibuat di rumah sangat mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan mengaplikasikan air bengkuang tersebut keseluruh wajah, setelah itu diamkan beberapa saat. Setelah masker mengering maka bilaslah wajah dengan menggunakan air bersih dan keringkan wajah dengan menggunakan kain lembut ataupun dengan tissue.

Demikian pembahasan artikel tentang manfaat dan cara membuat masker bengkuang di rumah. Bengkuang merupakan buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit. Menggunakan masker bengkuang yang dibuat sendiri si rumah merupakan salah satu perawatan kecantikan yang terbilang cukup aman untuk dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.