Cara Mudah Atasi Asam Urat Menggunakan Bahan Alami

ulasyuk.com  -Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh para orang tua dan juga para lansia. Asam urat sendiri merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat terlalu sedikit atau terlalu banyaknya kandungan asam urat pada tubuh. Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan saat mengalami sakit asam urat ini. Salah satu gejalanya adalah nyeri pada sendi. Untuk mengatasi asam urat sendiri dapat dengan mengonsumsi obat atau dengan menggunakan bahan alami.

Makanan Penyebab Asam Urat 

Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi dapat membuat kadar asam urat pada tubuh meningkat. Untuk mengetahui beberapa jenis dari makanan tersebut maka akan dijelaskan dibawah ini.

1. Kikil 

Kikil merupakan suatu bahan makanan yang terbuat dari kulit hewan, biasanya kikil terbuat dari kulit sapi. Kikil ini sendiri jika dikonsumsi secara berlebih maka akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

2. Bayam

Sayur bayam tentunya memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh manusia, akan tetapi mengonsumsi bayam juga dapat meningkatkan risiko asam urat pada seseorang. Oleh sebab itu aturlah pola makan dari sayur ini agar kadar asam urat tidak meningkat.

3. Daun singkong

Sama seperti bayam, daun singkong juga merupakan salah satu sayuran yang enak untuk dimakan. Akan tetapi bagi para penderita asam urat memakan  sayur ini dengan banyak akan membuat sakit asam urat menjadi kambuh.

4. Kacangan 

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu musuh bagi ara pasien asam urat, kacang-kacangan sendiri dapat meningkatkan kadar asam urat.

5. Kol

Sayur kol juga merupakan salah satu sayuran yang dapat meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh manusia.

6. Jeroan

Selanjutnya jeroan, jeroan merupakan suatu bahan makanan yang sangat baik dalam meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Oleh sebab itu disarankan untuk mengurangi konsumsi jeroan saat sedang sakit asam urat.

7. Buncis 

Selanjutnya sayuran yang dapat menambah kadar asam urat adalah sayuran buncis,hampir sama dengan sayur kol, bayam dan daun singkong. Mengonsumsi sayuran ini secara berlebih dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Bahan Alami Pereda Asam Urat 

Setelah membahas sedikit tentang asam urat dan beberapa jenis makanan yang dapat menambah kadar asam urat dalam tubuh. Sekarang sudah saatnya untuk membahas bahan alami apa saja yang berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Untuk mengetahui hal tersebut lebih dalam maka akan dijelaskan dibawah ini :

Lobak Dan Nanas

Campuran lobak dan buah nanas sangat baik dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh pasien. Untuk dapat mengolahnya cukup mudah untuk dilakukan yaitu dengan memblender sebuah nanas dengan satu lobak segar. Blender sampai halus dan merata setelah itu tuangkan kedalam gelas kemudian minum jus tersebut. Lakukan hal ini selama beberapa kali dan lihat hasil yang akan terjadi, kadar asam urat akan menurun dan bahkan dapat menjadi normal kembali.

Kumis Kucing

Tanaman herbal kumis kucing sendiri merupakan tanaman yang terkenal akan banyaknya khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Khusus untuk asam urat kumis kucing ini sangat baik dalam menurunkan kadar asam urat seseorang. Cara pengolahan dari herbal ini adalah dengan mengeringkan daun dan juga batang dari tumbuhan kumis kucing. Setelah kering maka seduhlah dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai cukup dingin kemudian minumlah air tersebut.

Sidaguri

Selanjutnya bahan alami yang dapat mengatasi dan mengurangi kadar asam urat adalah tanaman sidaguri. Tanaman ini apabila dikonsumsi batang dan akarnya maka akan berkhasiat untuk mengurangi kadar asam urat. Cara pengolahannya sama dengan kumiskucing, yaitu dengan merebus batang dan juga akar dari tanaman ini.

Brotowali

Selanjutnya adalah tanaman brotowali, tanaman ini merupakan suatu tanaman yang memiliki rasa pahit. Mengonsumsi brotowali sendiri selain dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri akibat asam urat.

Daun Salam

Selanjutnya rebusan daun salam memang cukup ampuh dalam meredakan sakit asam urat yang dialami oleh seseorang. Cara pengolahnya sendiri adalah dengan merebus secukupnya daun salam dengan air. Setelah itu minumlah air rebusan dari daun salam tersebut, lakukan dalam beberapa kali dan asam uratpun akan terasa lebih baik.

Binahong 

Selanjutnya bahan alami yang dapat meredakan kadar asam urat dalam tubuh seseorang adalah dengan menggunakan binahong. Binahong sendiri merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Untuk mengolah binahong ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan merebus beberapa helai daun binahong dengan air bersih. Setelah air tersebut berkurang kurang lebih kurang dari setengah takaran awal. 

Dinginkan air rebusan tersebut kemudian minumlah air tersebut. Sebagai saran minumlah air rebusan binahong saat sedang hangat,hal ini berguna untuk mengurangi rasa kurang sedap dari binahong saat air tersebut menjadi dingin.

Sambiloto

Sama seperti brotowali tanaman ini juga memiliki rasa yang pahit jika dimakan, oleh sebab itu saat ini sudah banyak pedagang yang menjual kapsul sambiloto. Tanaman ini juga memiliki beberapa khasiat yang salah satunya adalah dapat meredakan asam urat.

Gejala Asam Urat

Asam urat sendiri memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit reumatik, penyakit asam urat ini akan menimbulkan nyeri pada sendi. Biasanya nyeri tersebut akan terasa pada pergelangan tangan dan juga pergelangan kaki. 

Saat terasa nyeri akan lebih baik untuk mengompresnya dengan air hangat atau dengan mengoleskan minyak balur ke bagian tubuh yang sakit. Tidak disarakan untuk memijat bagian tubuh yang sakit karena itu hanya akan menambah rasa sakit yang ada pada sendi.

Demikian pembahasan artikel tentang materi cara mengurangi kadar asam urat dengan menggunakan bahan alami. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bahan-bahan tersebut sangat baik untuk menangani masalah asam urat. Dan disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat saat sedang sakit asam urat.

Tetaplah selalu menjaga kesehatan tubuh, diharapkan pada saat pandemi ini untuk sehat selalu dan selalu menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan juga selalu taati peraturan yang ada. semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.