Faktor Penyebab Bau Badan Dan Cara Mengatasinya

Ulasyuk.com - Bau badan dapat dialami oleh setiap orang, bau badan sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor makanan yang dikonsumsi, bawaan lahir dan kurang bersih dalam membersihkan diri.

Bau badan biasanya muncul saat seseorang habis berkeringat, keringat merupakan salah satu sistem ekskresi manusia yang terdapat dikulit. Saat berkeringat tandanya seseorang telah mengeluarkan cairan dari hasil metabolisme tubuh.

Faktor Penyebab Bau Badan

Ada banyak sekali yang dapat menjadi faktor dari timbulnya bau badan yang tidak sedap bagi seseorang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bau badan dapat terjadi dikarenakan oleh makanan yang dikonsumsi, malas membersihkan diri dan lain sebagainya, untuk lebih dalam lagi mempelajari tentang bau badan maka dibawah ini akan dijelaskan faktor-faktor penyebab bau badan lainnya :

Makanan 

Makanan merupakan salah satu sumber utama yang dapat mempengaruhi bau badan, makanan yang dikonsumsi oleh tubuh akan dimetabolisme, di serap dan disebarkan keseluruh tubuh. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, dan tiap makanan ada yang menimbulkan efek bau badan dan ada yang tidak. Makanan yang menyebabkan bau badan dapat dilihat seperti : ikan, daging merah,alkohol, bawang putih, dan kubis.

Malas Mengganti Baju

Malas mengganti baju merupakan salah satu faktor yang sangat besar dalam menyebabkan bau tidak sedap dibadan. Hal ini dapat terjadi karena baju yang telah pakai akan terkena keringat,debu dan kotoran lainnya yang menempel di badan saat sedang beraktifitas selama seharian. Saat baju yang sudah terkena keringat dan lain sebagainya tersebut tidak diganti maka akan menyebabkan bau pada badan.

Bawaan Lahir

Pada faktor ini memang pada dasarnya ada beberapa orang yang memang dari lahir memiliki bau badan yang cukup kuat. hal ini disebabkan oleh faktor gen yang berasal dari orang tua ataupun keturunan lainnya. biasanya bau badan yang dialami oleh orang tersebut lebih menyengat ketika saat berkeringat. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh untuk mengurangi aroma yang tidak sedap di badan.

Malas Mandi

Malas mandi merupakan faktor yang paling penting dalam mempengaruhi bau badan, hampir sama dengan seseorang yang malas untuk berganti baju, malas mandipun akan menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Saat seseorang malas untuk mandi sedangkan sudah melakukan aktifitas seharian maka keringat dan semua kotoran yang menempel di tubuh akan tetap pada tempat dan hal tersebutlah yang menyebabkan bau di badan.

Cara Untuk Menghilangkan Bau Badan

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menceah ataupun mengurangi bau badan yang dialami oleh seseorang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bau badan dapat difaktori oleh beberapa hal, dengan melihat faktor tersebut kita dapat menemukan jalan keluar untuk menghilangkan bau badan, maka untuk itu berikut beberapa cara untuk menghilangkan bau badan :

Mengurangi Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Badan

Ada berbagai macam jenis makanan  yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan ketika di hirup. Untuk mencegah hal tersebut cobalah utuk mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut, mungkin sulit untuk melakukannya sekaligus, untuk itu lakukanlah dengan perlahan dan secara bertahap. Seperti contoh, jika hari ini memakan jenis makanan yang dapat menyebabkan bau badan, maka usahakan untuk tidak mengkonsumsinya lagi dikeesokkan harinya.

Rajin Membersihkan Diri

Sangat penting untuk membersihkan diri sendiri, membersihkan diri mempunyai banyak manfaat selain dapat menghilangkan bau di badan, membersihkan diri juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Karena saat sedang beraktifitas kita tidak tau bakteri atau kuman apa sja ayang menempel di tubuh. Membersihkan diri akan menghindarkan tubuh dari penyakit kulit seperti panu, iritasi kulit akibat kuman, dan jamur.

Rutin Mengganti Baju

Sangat penting untuk mengganti baju terutama saat berkeringat,saat berkeringat dan keringat tersebut mengering di baju maka bau dari keringat tersebut akan menemel di badan dan baju. Keringat yang telah bercambur dengan kuman tersebutlah yang menyebabkan bau di badan. Perlu diketahui bahwa baju yang basah akan keringat jika tidak segera diganti dan hal tersebut terulang secara terus menerus maka akan menimbulkan jamur dikulit.

Memakai Deodorant

Saat setelah selesai mandi ataupun membersihkan diri ada baiknya menggunakan deodorant untuk mengurangi bau badan. Deodorant sendiri berfungsi untuk menyegarkan dan mengurangi bau dibadan khususnya di bagian ketiak. Penggunaan deodorant sebelum melakukan suatu aktifitas sehari-hari merupakan suatu hal yang sangat baik untuk dilakukan,karena hal tersebut sangat efektif untuk mengurangi bau badan.

Rajin Membersihkan Ketiak

Hal ini mungkin dapat berguna bagi seseorang yang memang mudah berkeringat ataupun seseorang yang memang pada dasarnya memiliki bau keringat yang tidak sedap. Rajin membersihkan ketiak dapat mencegah bau badan, mengapa demikian karena pada dasarnya bau badan berasal dari ketiak, saat ketiak rajin dibersihkan maka bau badan tersebut akan berkurang.

Disarankan untuk rajinlah membilas ketiak dengan air dan sabun, setelah itu baru kenakanlah deodorant. Untuk seorang pelajar ataupun karwayan kantor dapat membersihkan ketiak dengan air ataupun tissu basah lalu kemudian barulah menggunakan produk deodorant. Sebagai informasi tambahan disarankan untuk tidak menyemprotkan parfum kepada ketiak, saat sedang berkeringat karena hal tersebut dapat menyebabkan bau badan lebih bau dari biasanya.

Bau badan dapat dikarenakan oleh beberapa faktor seperti makanan, keturunan dan juga faktor malas membersihkan badan, untuk mencegah adanya bau badan cukup dengan melawan faktor penyebab tersebut. Intinya setiap orang yang memiliki bau badan yang tidak sedap disarankan untuk rajin membersihkan badan khususnya untuk membersihkan ketiak dan juga rajin mengganti baju. Penggunaan deodorant juga merupakan salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi bau badan, demikian artikel ini semoga bermanfaat, terimakasih.