Harus Tahu! Makanan Ringan Bergizi yang Tidak Bikin Gemuk

Ulasyuk.com - Pernahkah anda merasa lapar atau perut keroncongan, padahal hari sudah larut malam? Kegalauan pasti terjadi antara keinginan untuk makan atau menahan lapar.

Atau ketika sedang berada di kantor tiba – tiba rasa lapar menyerang tubuh kita, namun waktu makan siang masih lama? Ingin makan makanan ringan, namun takut gemuk? Jangan panik atau bingung, Anda bisa mengakalinya dengan membuat makanan ringan sendiri.

Harus Tahu! Makanan Ringan Bergizi yang Tidak Bikin Gemuk

Di sela waktu kerja atau saat larut malam, makanan ringan bisa menjadi pengganjal lapar sebelum waktu makan utama atau sebelum tidur. Namun sebaiknya tetap berhati-hati, camilan dapat menjadi bumerang yang menggagalkan diet Anda, jika tidak bijak memilih bahan-bahannya.

Jenis Camilan Sehat yang Praktis dan Mudah Dibuat

Untuk cara cerdas yaitu dengan memilih dan menyiapkan sendiri makanan ringan yang akan Anda makan. Selain tidak membuat badan menjadi gemuk, makanan ringan ini dapat menjadi sumber gizi bagi tubuh:

Sayuran

Selain merupakan salah satu makanan utama, sayuran juga dapat dijadikan makanan ringan, seperti wortel atau irisan timun dan paprika.

Popcorn  

popcorn atau berondong jagung mentah rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn dalam microwave bersama minyak tanpa menambahkan bahan apa pun, seperti caramel ataupun mentega. Jika suka pedas, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk cabai. Ketahuilah bahwa popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang, seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete, kaya akan protein dan serat, serta dapat menjadi makanan ringan yang mudah dibawa ke mana-mana.

Sereal

Sereal dapat menjadi pilihan makanan ringan sehat, yang kaya serat dan rendah kadar gula.

Yoghurt dan buah

Yoghurt tanpa rasa dan di konsumsi bersama potongan buah. Makanan ringan ini dapat menjadi sumber kalsium yang lezat dan kaya manfaat. Anda juga dapat mencampurkan bahan-bahan sehat lain, seperti biji bunga matahari atau flaxseed.

Puding rendah lemak

Buat sendiri puding dengan rasa favorit Anda, sebagai camilan yang kaya akan serat. Tentunya tanpa tambahan susu dan gula berlebihan. Untuk menambah rasa kenyang sekaligus memberi nutrisi, Anda bisa menambah buah-buahan dan chia seeds di dalam puding rendah lemak ini.

Salmon gulung keju

Sediakan empat lembar salmon asap. Lapisi dengan krim keju rendah lemak, kemudian gulung.

Demikian tadi beberapa makanan ringan yang bergizi namun tidak membuatmu menjadi gemuk. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.