Obat Sakit Gigi yang Paling Ampuh dari Herbal sampai Obat Apotek

Ulasyuk.com - Sakit gigi memang banyak dialami oleh banyak orang yang membuat ngilu gigi dan membuat gelisah bagi para penderitanya.

Jika dibiarkan terus-menurus akan mengakibatkan kerusakan gigi dan menambah parah sakit yang di rasakan akibat sakit gigi. 

Sakit gigi bisa diakibatkan kerusakan pada gigi atau gusi yang terluka dan membengkak. Beda penyebab beda pula obatnya. Kali ini admin akan memberikan beberapa rekomendasi obat untuk sakit gigi mulai yang herbal sampai obat yang di jual di apotek.

Obat Sakit Gigi yang Paling Ampuh dari Herbal sampai Obat Apotek
Obat Sakit Gigi yang Paling Ampuh dari Herbal sampai Obat Apotek

Obat sakit gigi paling ampuh dari bahan herbal 

Saat sakit gigi menyerang memang sebaiknya berobat ke dokter gigi, namun guna meredakan sakit yang dirasa dapat menggunakan obat-obatan dari bahan herbal yang bisa mengurangi rasa sakit yang dirasa. Beberapa obat sakit gigi dari bahan herbal yang admin rekomendasikan.

Air Garam

Air garam dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi yang di rasakan. Berkumur dengan air garam dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Selain itu campuran air dengan garam juga dapat membantu meredakan peradangan akibat infeksi.

Cara membuat air garam sangat mudah, masukan setengah sendok makan ke dalam satu gelas air. Lalu berkumur selama beberapa menit sampai air garam habis. 

Kompres dengan es batu 

Mengompres gigi dengan menggunakan es batu juga dapat membantu meredakan sakit yang dirasakan pada saat sakit gigi.

Cukup bungkus beberapa bongkahan es batu ke dalam kain lalu usapkan ke bagian pipi dekat dengan rasa sakit yang dirasakan selama 15-20 menit.

Jika tidak ada es batu kalian juga bisa menggunakan air es di dalam botol untuk mengkompres gigi yang sakit.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin yang berguna untuk melawan peradangan dan melawan penyakit bila di kunyah atau di iris.

Namun jangan terlalu lama mengunyah atau menempelkan bawang putih ke gigi yang sakit karena akan menimbulkan iritasi pada jaringan gigi.

Minyak Cengkeh 

Minyak cengkeh juga diklam secara ampuh meredakan sakit gigi. Minyak rempah ini dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi karena mengandung eugenol di dalamnya. Eugenol merupakan zat antiseptik alami. 

Daun Jambu Biji 

Daun jambu biji diperkaya dengan zat antiradang, antimikroba, dan pereda nyeri. Berkat kandungan ini daun jambu biji bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi di rumah. 

Selain obat herbal di atas admin juga menyarankan menggunakan obat sakit gigi yang dijual di apotek. 

Obat sakit gigi yang di jual di apotek 

Sebagian besar obat sakit gigi memang dijual dan dapat di dapatkan di apotek-apotek terdekat.

Beberapa obat sakit gigi yang di jual di apotek antara lain :

Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu obat yang dapat membantu meredakan rasa sakit, termasuk sakit gigi.

Obat ini termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Paracetamol 

Paracetamol juga dapat diguanakan untuk meredakan nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi. Obat ini juga aman digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa asalkan sesuai dengan dosis yang di anjurkan. 

Naproxen 

Obat ini juga termasuk dalam golongan obat antiiflamansi nonsteroid (OAINS). Tetapi obat ini memiliki efek samping seperti sakit kepala, perut kembung, diare, sembelit, kulit gatal dan memerah, hingga pengelihatan kabur. 

Itu lah obat-obatan yang dapat kalian konsumsi untuk meredakan sakit gigi. Namun jika sakit tetap berlanjut admin sarankan untuk tetap periksa ke dokter gigi guna mengetahui kondisi gigi kalian.