Cara Tepat Mengobati Luka Bakar Paling Ampuh dan Cepat Kering

Ulasyuk.com - Cara tepat mengobat luka bakar dan agar cepat kering, Apakah kalian pernah mengalami luka bakar? Lalu apa yang kalian lakukan setelah itu? 

Cara Tepat Mengobati Luka Bakar Paling Ampuh dan Cepat Kering

Kebanyakan orang mengobatinya dengan mengoleskan pasta gigi. Tapi apakah cara itu sudah tepat ? Mengobati luka bakar dengan cara yang tepat akan menyembuhkan luka bakar dengan lebih baik.

Luka bakar ringan biasanya akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu agar dapat sembuh secara keseluruhan. Tujuan perawatan yang akan dibahas di bawah ialah untuk mengurangi rasa sakitnya, mencegah infeksi, dan menyembuhkan kulit lebih cepat.

Inilah cara tepat untuk mengobati luka bakar:

Air dingin

Gunakan air dingin (bukan es) untuk mengguyur di bagian area luka bakar selama 20 menit. Setelah itu bersihkan area kulit yang terkena luka bakar menggunakan sabun bayi dan air.

Kompres dingin

Kompres dingin atau kain basah yang diletakkan di area luka bakar juga dapat meringankan rasa sakit yang dirasakan. Lakukan ini dalam waktu 5-15 menit karena jika pemakaian berlebih akan memberikan efek memperparah iritasi.

Salep Antibiotik

Oleskan salep antibiotik guna mengurangi kemungkinan infeksi pada luka bakar. Setelah dioleskan salep antibiotik tutup luka bakar menggunakan kain kasa.

Lidah Buaya

Dalam salah satu penanganan luka bakar, lidah buaya menjadi pilihan utama yang dapat menyembuhkan luka bakar. Banyak yang sudah melakukan penelitian mengenai lidah buaya untuk obat luka bakar dan hasilnya lidah buaya sangat efektif dalam menyembuhkan luka bakar tingkat 1 dan 2.

Madu

Sama dengan lidah buaya, kalian juga dapat mengoleskan madu ke kulit yang mengalami luka bakar. Karena madu juga mengandung antiradang. Selain itu madu juga mengandung antibakteri dan antijamur.

Hindari paparan sinar matahari

Kulit yang terkena luka bakar akan sensitif jika terkena paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, usahakan tutup luka bakar jika ingin bepergian agar luka bakar tidak terpapar sinar matahari.

Hindari memencet pada luka yang melepuh.

Sering sekali orang memecahkan luka yg melepuh. Hali ini sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan infeksi, maka tunggulah beberapa hari sampai luka yang melepuh pecah dengan sendirinya.

Minumlah obat pereda nyeri

Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit pada luka bakar ialah meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau naproxen yang bisa di beli di apotek. Tetapi gunakan dosis sesuai kebutuhan. Jangan berlebih.

Itulah beberapa cara untuk menangani luka bakar. Tetapi kembali lagi dengan seberapa parah luka bakar yang kalian alami. Jika memang luka bakar cukup parah maka disarankan untuk pergi ke dokter. Selain itu ada juga beberapa bahan yang harus dihindari dalam mengobati luka bakar seperti:

Hindari Bahan Berikut:

Mentega

Jangan sekali-kali mengoleskan mentega ke luka bakar karena Sifat mentega yang mengunci panas bisa menyuburkan bakteri berbahaya penyebab infeksi.

Minyak Tertentu

Memang benar minyak kelapa memiliki 1001 manfaat tapi tidak untuk luka bakar karena sifatnya yang sama dengan mentega.

Putih Telur

Banyak mitos beredar bahwa putih telur dapat menyembuhkan luka bakar. Namun, putih telur tidak steril dan justru akan mengakibatkan infeksi pada kulit yg terkena luka bakar. Selain itu, putih telur juga dapat memicu alergi.

Pasta gigi

Jangan pernah mengoleskan pasta gigi ke luka bakar kalian walaupun pasti banyak orang menyarankannya. Pasta gigi dapat memicu lebih rawan infeksi dan juga  tidak steril digunakan.

Es Batu

Jangan pernah menempelkan es batu ke luka bakar kalian karena itu juga dapat memicu infeksi yang membuat luka lebih parah. 

Demikian pembahasan tentang mengatasi luka bakar agar cepat sembuh dan cepat kering. Sekian dan Terimakasih.