Apa Efek Minum Air Bunga Telang? Inilah Manfaat Minum Teh Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

ulasyuk.com-Manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh merupakan salah satu informasi yang cukup banyak dicari oleh orang-orang.

manfaat teh bunga telang yang baik untuk kesehatan tubuh 

Bunga dengan bentuk dan corak warna yang indah ini memiliki berbagai khasiat dan salah satunya dipercaya dapat mempengaruhi suasana hati seseorang.

Mengapa tanaman hias ini bisa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita, nah bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat juga kandungan yang ada di dalam bunga telang, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu bunga telang?

Bunga ini dikenal dengan istilah Clitoria Ternatea merupakan tanaman khas berwarna biru cerah dan ungu yang memiliki mahkota berbentuk kupu-kupu.

Karena bentuk dan corak warnanya yang cerah juga indah cukup banyak orang menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias di rumahnya.

Dibalik kecantikannya ternyata bunga satu ini memiliki banyak khasiat juga manfaat yang baik untuk kesehatan sehingga banyak orang mulai mengonsumsinya  untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Kandungan bunga telang

Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari air bunga telang untuk kesehatan tubuh ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini beberapa kandungan yang ada di dalam bunga telang:

  1. Protein
  2. Karbohidrat
  3. Tanin
  4. Bioflavonoid
  5. Antosianin
  6. Steroid
  7. Minyak volatil
  8. Memiliki potensi farmakologis seperti antioksidan,antibakteri dan lainnya

Manfaat air bunga telang untuk kesehatan tubuh

Mengurangi peradangan

Bunga telang memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi yang berguna sebagai anti peradangan. Hal tersebut dapat terjadi karena bunga telang mengandung asam oleat yang baik untuk mengatasi peradangan.

Anti-inflamasi sendiri berguna untuk mengurangi pembengkakan, infeksi, nyeri luka, sakit kepala dan lainnya.

Merangsang pertumbuhan rambut

Bunga telang mengandung anthocyanin dan bioflavonoid yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Hal tersebut membuat bunga telang dapat menjaga kesehatan kulit kepala sehingga bisa mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Menurunkan tekanan darah

Bagi kalian yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi maka dapat mengonsumsi air bunga telang untuk meredakannya. Mengandung senyawa antosianin yang dapat mengurangi kekakuan arteri sehingga peredaran darah yang tersumbat dapat kembali lancar.

Memperbaiki suasana hati

Meminum air bunga jelang yang dijadikan teh dapat membuat kita memperbaiki suasana hati yang kurang baik. Hal tersebut dapat terjadi karena bunga telang sendiri memiliki efek penghilang stres dan dapat mengurangi gejala kecemasan juga depresi.

Dengan hilangnya stres dalam diri kita maka akan meningkatkan energi dan stamina sehingga mempengaruhi emosi positif dalam diri.

Sebagai antioksidan

Dalam jurnal penelitian dengan judul pharmacy and pharmaceutical sciences dikatakan bahwa ekstrak etanol dalam bunga telang berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Antioksidan sendiri berguna untuk mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Cara mengolah bunga telang

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan efek minum air bunga telang sudah saatnya bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengolah atau menyeduhnya menjadi olahan teh bunga telang.

Berikut ini adalah beberapa cara atau langkah yang dapat kita lakukan untuk mengolah bunga telang:

Teh bunga telang

Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan menyeduh dan membuatnya menjadi teh bunga telang, berikut langkah yang dapat dilakukan:

  1. Siapkan air panas kurang lebih 200ml
  2. Ambil secukupnya saja bunga telang yang sudah dikeringkan sebelumnya
  3. Kemudian tuangkan air panas ke dalam cangkir yang sudah terisi bunga telang kering
  4. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lamanya
  5. Setelah air berubah warna dan kelopak bunga telak telah tidak mengeluarkan warnanya lagi maka saring dan kemudian teh bunga tersebut pun sudah dapat disajikan.
  6. Bagi kalian yang hendak mencampurkan bahan lainnya agar teh memiliki rasa yang lebih kaya dapat menambahkan bahan seperti: madu, gula, perasan air lemon, es dan lainnya

Demikian pembahasan artikel ini tentang apa efek minum air bunga telang? Inilah manfaat minum teh bunga telang untuk kesehatan tubuh.

Perlu diketahui bahwa bunga telang ini dapat meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan kulit kepala juga bisa meredakan stres yang kita alami.

Mengonsumsi teh bunga telang baik untuk dilakukan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebagai tambahan sebaiknya kita mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan dengan aturan yang benar tidak berlebihan dalam meminum teh tersebut. Jika sedang mengonsumsi obat dari dokter baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk penjelasan yang lebih lanjut.