9 Manfaat Empedu Ular Piton, Bisa Tingkatkan Gairah Hingga Kecantikan Kulit

ulasyuk-Manfaat empedu ular piton sudah banyak diketahui oleh orang-orang, kebanyakan masyarakat mempercayainya sebagai salah satu obat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

ketahui berbagai manfaat empedu ular piton bagi kesehatan dan kecantikan 

Tak hanya piton empedu ular lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya adalah kobra. Meskipun terlihat mengeringan dan menggelikan akan tetapi tak sedikit orang yang mencari empedu ular tersebut, khususnya untuk empedu ular piton.

Nah untuk mengetahui lebih dalam lagi mengetahui tentang manfaat empedu ular piton bagi tubuh kita mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu ular piton?

Merupakan binatang melata yang kerap juga dipanggil dengan nama ular sanca dan masih termasuk kedalam keluarga Pythonida.

Ular ini sendiri merupakan salah satu binatang terpanjang yang tersebar di berbagai belahan dunia mulai dari wilayah afrika, australia, amerika dan asia salah satunya adalah negara Indonesia. Habitat ular piton biasanya banyak ditemui di hutan tropis, perairan air tawar dan padang rumput.

Kandungan nutrisi daging ular

Ada beberapakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging ular yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisinya:

1. Kalsium
2. Lemak
3. Fosfor
4. Zat besi
5. Protein
6. Vitamin A
7. Vitamin B1 dan B2 dan lainnya

Kandungan nutrisi empedu ular piton

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam empedu ular piton:

1. Garam empedu
2. Asam empedu
3. Melatonin
4. Vitamin E
5. Protein dan lainnya

Manfaat empedu ular piton

Berikut ini adalah beberapa manfaat empedu ular piton untuk kesehatan tubuh kita:

Sebagai antioksidan

Dalam sebuah ulasan IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 2021, mengatakan bahwa empedu ular piton memiliki potensi sebagai antioksidan. Hal tersebut dikarenakan empedu ular piton mengandung antioksidan berupa Glutathione.

Sebagai anti radang

Manfaat empedu ular piton lainnya adalah berguna sebagai anti radang, yang mana di dalam empedu tersebut terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri merupakan salah satu senyawa yang berguna sebagai anti radang di dalam tubuh manusia.

Sebagai anti bakteri

Mengandung melatonin,antioksidan,vitamin E, protein, asam dan garam empedu membuat empedu ular piton dapat dimanfaat sebagai anti bakteri dan bisa mempercepat penyerapan vitamin dalam tubuh.

Sebagai afrodisiak

Di beberapa negara dan salah satunya adalah Afrika empedu ular piton dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional afrodisiak. Afrodisiak sendiri merupakan suatu makanan atau obat yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Meningkatkan stamina dan imun tubuh

Manfaat empedu ular piton lainnya adalah bisa meningkatkan imun tubuh,yang mana terdapat beberapa mineral dan Vitamin yang ada di dalamnya. Berbagai mineral tersebutlah yang dapat meningkat stamina dan daya tahan tubuh kita.

Menjaga kesehatan kulit

Mengandung Vitamin E yang baik dalam menjaga kesehatan kulit terutama untuk wajah. Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dengan kandungan Vitamin E di dalamnya.

Menjaga kesehatan jantung

Empedu ular sanca ini dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung seseorang,oleh karena itulah banyak orang yang mencari dan mengonsumsinya.

Menurunkan kolesterol

Dapat menurunkan kadar lemak jahat yang ada di dalam tubuh, dengan turunnya kadar kolesterol dalam tubuh membuat pembuluh darah tidak tertutup dengan plak sehingga dapat lebih menyehatkan jantung.

Untuk diabetes

Manfaat terakhir empu ular sanca yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Empedu ini juga dipercaya dapat menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Cara pemakaian

Untuk cara pemakaian dari empedu ular piton dapat dilakukan dengan beberapa cara yang diantaranya adalah:

1. Langsung ditelan dengan air minum/air hangat
2. Dilarutkan dengan campuran air hangat dan madu
3. Dikeringkan dan dimasukkan ke dalam kapsul

Demikian pembahasan artikel ini tentang 9 manfaat empedu ular piton, bisa tingkatkan gairah hingga kecantikan kulit.mari kita jaga kesehatan kita dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menjaga pola makan yang sehat.

Kalian juga dapat menggunakan obat herbal ataupun vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk empedu ular piton sendiri belum ada uji klinis lebih lanjut yang mengatakan tentang beberapa manfaat dan khasiatnya bagi tubuh.