Buah Menteng: Lengkap Manfaat, Rasa, Kandungan, Nama Lain dan Cara Makan Buah Menteng

ulasyuk.com  -Buah menteng kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh, simak penjelasan lengkap manfaat, rasa, nama lain dan cara makan buah menteng.

sudah jarang terlihat inilah manfaat dari buah menteng yang baik untuk kesehatan

Apa itu buah menteng?

Apa kalian pernah dengar nama buah yang satu ini? ya buah menteng merupakan salah satu makanan daerah yang tampilannya mirip dengan duku.

Saat ini buah menteng sudah cukup jarang ditemui dipasaran oleh sebab itu tak banyak orang yang mengetahui buah satu ini.

Buah menteng sendiri memiliki ciri dan tampilan yang unik,memiliki bentuk buah bulat dan memiliki kulit tebal.

Warna dari buah menteng sendiri berwarna putih dan terdapat warna merah di dalamnya, rasanya manis, asam dan sedikit sepat.

Buah menteng memiliki biji yang besar dan daging buahnya tidak terlalu banyak, biasanya diolah menjadi sediaan manisan di beberapa daerah.

Perlu diketahui bahwa buah menteng juga kerap disapa dengan sebutan kepundung atau kemundung. Jadi apa nama buah ini di tempat kalian?.

Kandungan buah menteng

Seperti yang telah dikatakan bahwa buah ini dapat menyehatkan tubuh kita, nah sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaatnya. Ayo kita cari tahu terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di buah kemundung ini.

Berikut ini beberapa kandungan yang ada di dalam buah menteng:

  1. Vitamin C
  2. Air
  3. Kalsium
  4. Zat besi
  5. Karbohidrat
  6. Vitamin A dan lainnya

 Manfaat buah menteng

Nah sekarang sudah saatnya bagi kita untuk mengetahui apa saja manfaat dan khasit dari buah kemundung tersebut. Inilah beberapa manfaat buah menteng yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat pertama dari buah menteng atau kemundung yang ada di bahas di dalam artikel ini adalah dapat menjaga kesehatan tulang.

Mengandung kalsium yang memang berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang dalam tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Buah menteng memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi dengan begitu saat kita mengonsumsinya maka sistem pencernaan akan diperlancar oleh kandungan tersebut.

3. Sebagai antioksidan

Buah menteng memiliki banyak kandungan didalamnya salah satunya adalah vitamin C, kandungan mineral yang satu ini sendiri memang baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

Tak hanya itu vitamin C juga dapat berguna sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat masuk ke dalam tubuh melalui banyak hal salah satunya adalah polusi yang ada di udara.

4. Mencegah anemia

Manfaat lainnya dari buah kemundung ini dapat mencegah terjadinya anemia akibat kekurang zat besi.

Terdapat beberapa orang yang mengalami kekurangan zat besi dan mengakibatkan orang tersebut mengalami anemia atau kurang darah.

Salah satu ciri dari kekurangan darah  adalah tubuh menjadi lemah dan merasa pusing atau sempoyongan.

Oleh karena keadaan tersebut seseorang harus mengonsumsi obat atau makanan yang mengandung zat besi agar kondisinya kembali normal. Salah satu makanan yang mengandung zat besi tersebut adalah buah menteng.

5. Menyehatkan mata

Vitamin A merupakan salah satu mineral yang berguna dalam menjaga kesehatan mata, ada banyak makanan yang kaya akan vitamin A. Kemundung merupakan salah satu buah tradisional Indonesia yang memiliki kandungan vitamin A.

Oleh karena itu baik untuk mengonsumsi buah ini, namun untuk hasil yang lebih baik disarankan untuk mengurangi aktivitas yang membuat mata lelah seperti terlalu lama main HP dan lainnya.

 Cara makan buah menteng 

sangat mudah untuk memakan buah menteng ini caranya kalian hanya perlu mengupas atau membuka kulit buah kemundung tersebut.

setelah itu ambil buah yang ada di dalamnya,kemudian makan dagingnya dan jangan sampai tergigit bijinya karena rasanya cukup pahit. 

Demikianlah pembahasan artikel ini tentang buang menteng: lengkap manfaat, rasa,  kandungan, nama lain dan cara makan buah menteng. Semoga bermanfaat dan tetap menjaga kesehatan masing-masing, terimakasih.