Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

ulasyuk.com   -Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan mulai dari daun hingga akarnya. Didaerah tropis banyak ditemui pohon kelapa, itulah sebabnya banyak sekali pohon kelapa di Indonesia. Buah kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Didalam artikel ini akan dijelaskan beberapa manfaat buah kelapa bagi kesehatan.

Manfaat Pohon Kelapa

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pohon kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari daun hingga akarnya. Dibawah ini akan dituliskan beberapa manfaat dari pohon kelapa :

1. Daun

Daun dari pohon kelapa ini dapat digunakan sebagai bahan atap dalam pembuatan gubuk. Ruas dari daun kelapa ini juga dapat digunakan untuk membuat sapu lidi.

2. Batang

Batang dari pohon kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dalam proses pembuatan pondasi rumah. Atau batangnya dapat digunakan sebagai kayu untuk lemari dan lainnya.

3. Buah

Selanjutnya buah kelapa memiliki banyak manfaat bagi manusia. Dari buahnya ini didapati air dan juga daging kelapa muda yang enak untuk dikonsumsi. Selian itu buah kelapa yang tua juga dapat digunakan sebagai salah satu penyedap makanan yaitu santan.

4. Akar

Untuk akar dari pohon kelapa sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar bagi sebagian orang.

Khasiat Buah Kelapa

Buah kelapa memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dimana nutrisi tersebut merupakan hal yang dibutuhkan oleh tubuh.  Berikut ini akan dituliskan beberapa khasiat buah kelapa bagi kesehatan tubuh :

Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu keajaiban yang ada di bumi mengapa demikian? Karena didalam buah kelapa terdapat air yang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Selian itu air kelapa juga memiliki rasa yang enak untuk diminum. Manfaat dari air kelapa itu sendiri adalah sebagai berikut :

Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa sangat baik dikonsumsi karena didalam air kelapa tidak terkandung lemak kolesterol yang menjadi musuh bagi penderita kolesterol. Dengan mengonsumsi air kelapa maka akan menambah kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Pada dasarnya penderita batu ginjal baiknya meminum air putih dengan banyak. Batu ginjal sendiri merupakan suatu proses pengkristalan yang terjadi didalam ginjal seseorang. Dengan mengonsumsi air kelapa dapat menjaga sistem kerja ginjal seseorang.

Meningkat Sistem Imun

Air kelapa muda juga mengandung banyak vitamin dan juga beberapa kandungan lainnya yang bersifat sebagai anti virus. Dengan sifatnya tersebut air kelapa sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Terutama dalam menjaga dan juga meningkatkan sistem imun tubuh seseorang.

Menurunkan Tensi Darah

Mengonsumsi air kelapa dapat berguna dalam menurunkan tekanan darah seseorang. Oleh sebab itu penderita darah tinggi diperbolehkan dalam mengonsumsi air kelapa tersebut.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selanjutnya air kelapa juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Sebelumnya perlu diingat bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Mengonsumsi air kelapa akan menambah cairan dalam tubuh. Air kelapa juga dapat menambah kelembapan kulit seseorang.

Buah kelapa

Setelah membahas tentang manfaat air kelapa sekarang sudah saatnya untuk membahas buah dari kelapa. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari buah kelapa :

Membantu Fungsi Otak

Manfaat dari daging buah kelapa pertama yang ada didalam artikel ini adalah dapat membatu menunjang fungsi otak manusia. Kandungan MCT  dalam daging buah kelapa tersebutlah yang menunjang fungsi otak manusia.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kelapa selanjutnya adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Daging buah kelapa mengandung serat sehingga dapat mengenyangkan perut. Oleh sebab itu daging buah kelapa dapat mengenyangkan sehingga membantu dalam proses penurunan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sama seperti manfaat dari air kelapa, daging buah kelapa juga membantu dalam menjaga kesehatan jantung seseorang. Daging buah kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang kaya akan manfaatnya. Manfaat pohon kelapa dapat diambil mulai dari daun sampai dengan akarnya. Air dan daging buah kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. 

Buah ajaib ini sangat berguna bagi kehidupan manusia, tak hanya memiliki kandungan nutrisi yang banyak buah dan air dari kelapa memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi. Demikian pembahasan artikel tentang manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh. Tetaplah jaga kesehatan masing-masing, semoga bermanfaat, terimakasih.