Jenis Penyakit Yang Banyak Dialami Oleh Anak

ulasyuk.com  -Anak-anak memang pada umumnya sering terkena sakit, sakit sendiri merupakan suatu keadaan dimana tubuh seseorang tidak dalam kondisi yang prima. Sakit pada anak umumnya merupakan sakit yang tidak terlalu serius dan dapat ditangani di rumah. Didalam artikel ini akan dibahas mengenai sakit apa saja yang banyak dialami oleh anak-anak.

Penyebab Sakit

Saat anak-anak mengalami sakit, pastinya sakit tersebut dipicu oleh beberapa hal. Hal tersebut diantaranya adalah seperti cuaca yang tidak baik. Kemudian makanan yang kurang bersih, alergi, sakit karena terkena virus atau bakteri dan lainnya.

Sakit Yang Banyak Dialami Oleh Anak

Ada beberapa macam penyakit yang umum dialami oleh anak-anak. Penyakit tersebutpun dapat difaktori oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal misalnya sembarangan mengonsumsi makanan yang kurang bersih. 

Tidak membersihkan tangan sebelum makan. Kemudian untuk faktor eksternal misalnya seperti terkena virus yang menyebar lewat udara, terpapar penyakit menular seperti flu dari orang lain. Oleh karena faktor-faktor tersebut maka anak akan mengalami sakit, dan sakit yang banyak dialami oleh anak-anak adalah sebagai berikut :

Demam

Setiap anak ataupun setiap orang pastinya pernah merasakan sakit panas atau demam. Demam sendiri merupakan keadaan yang membuat suhu tubuh naik. Untuk dapat mengatasi demam ini dapat dilakukan dengan mengompres pasien atau langsung dengan memberikan obat anti demam untuk anak-anak.

Demam sendiri dapat terjadi saat anak kelelahan, atau saat anak terserang penyakit lainnya. Karena biasanya saat terkena suatu penyakit atau jatuh sakit maka akan disertai dengan demam.

Flu

Flu merupakan keadaan dimana hidung tersumbat dengan cairan kental yang ada di dalam hidung. Terlalu banyak meminum minuman yang dingin dan karena cuaca yang tidak baik dapat menyebabkan seorang anak terkena flu.

Batuk

Saat anak terserang flu pastinya sakit batuk akan datang menghampiri anakn tersebut. Saat seorang anak mengalami batuk cobalah untuk memberikan obat batuk yang sudah diberi oleh dokter sebelumnya.

Radang

Sama seperti flu dan batuk penyakit radang juga dapat menyerang anak-anak. Umumnya tidak semua anak yang batuk akan mengalami radang tenggorokan.

Diare

Seorang anak pastinya memakan sesuatu yang diberikan kepadanya. Seorang anak juga tidak terlalu memperharikan kebersihan tangan saat makan. Saat tangan tidak cukup bersih maka anak akan terserang diare. Oleh sebab itu baik untuk mengajarkan anak tentang penting kebersihan saat makan.

Mencegah Anak Sakit

Memang orangtua tidak mungkin dapat secara sempurna menjaga anak untuk tidak sakit. Setiap anak pastinya pernah mengalami sakit. Akan tetapi resiko untuk sakit tersebut dapat dikurangi dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menjaga kebersihan.
  2. Mengajari anak tentang kebersihan.
  3. Memperhatikan makanan yang dimakan anak.
  4. Rutin memberi makan sayur dan buah pada anak.
  5. Berikan vitamin.

Demikian pembahasan artikel tentang beberapa sakit yang banyak dialami oleh anak, semoga bermanfaat, terimakasih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan untum selalu tetap sehat.