Sumber Dan Bahaya Merkuri Bagi Kesehatan Tubuh!

Ulasyuk.com - Bagi kebanyakan orang pastinya sudah sangat akrab dengan yang namanya merkuri, merkuri merupakan suatu zat kimia beracun yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Sumber Dan Bahaya Merkuri Bagi Kesehatan Tubuh

Merkuri sendiri pada dasarnya merupakan zat logam yang terdapat di alam, merkuri juga dapat disebut dengan air raksa.

Sumber Merkuri

Ada banyak sumber merkuri yang tersebar di alam seperti air, udara sebagai senyawa organik dan non organik dan juga be batuan. Merkuri sendiri banyak disalahgunakan untuk perawatan kecantikan. Ada banyak produk kecantikan yang menggunakan merkuri sebagai salah satu bahan dasarnya.

Merkuri dapat membuat efek putih terhadap kulit karena dengan menggunakan merkuri dapat menyebabkan kulit tampak putih dengan rentan waktu yang singkat, merkuri dapat memutihkan karena merkuri sendiri dapat menghambat pertumbuhan melanin di dalam tubuh. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai sumber yang menyebabkan seseorang terkena racun merkuri :

Obat-obatan

Sumber merkuri yang pertama adalah obat-obatan, di dalam obat-obatan sendiri terdapat kandungan merkuri yang sangat kecil kadarnya.  Hal tersebut dilakukan karena merkuri dapat berfungsi sebagai anti bakteri ataupun sebagai pengawet bagi obat. Biasanya merkuri terdapat di lensa kontak, obat tetes mata, obat telinga, salep mata, termometer dan lainnya.

Kosmetik

Tentunya ada beberapa jenis kosmetik yang menggunakan merkuri didalamnya,akan tetapi hanya jika kadar merkuri yang ada di dalam suatu kosmetik masih tergolong sedikit maka

kosmetik tersebut masih dapat digunakan. Jika kandungan merkuri terlalu banyak di dalam suatu kosmetik maka akan menimbulkan efek racun bagi tubuh. 

Benda elektronik

Beberapa benda elektronik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari juga memiliki kandungan merkuri didalamnya. Benda elektronik tersebut dapat dikategorikan seperti : baterai, onderdil motor dan juga mobil, layar laptop dan LCD TV dan lain sebagainya. Hal ini terjadi, karena benda yang disebutkan diatas mengandung zat logam.

Seafood

Untuk seafood sendiri hampir setiap makanan laut dapat terkena merkuri hal ini disebabkan karena makanan laut tersebut menimbun merkuri di dalam tubuhnya, dan umumnya untuk makanan laut jenis ikan,akan lebih banyak merkuri yang terkandung di dalam seekor ikan yang berukuran besar dibandingkan dengan ikan yang berukuran kecil jenis ikan tersebut biasanya seperti ikan marlin, hiu, tenggiri dan lainnya. Merkuri juga dapat ditemukan di dalam kerang.

Bahaya Merkuri Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa merkuri merupakan senyawa kimia ataupun logam yang ada di alam, akan tetapi disalahgunakan untuk memutihkan kulit seseorang secara instan melalui produk kecantikan. Perlu diketahui bahwa penggunaan merkuri yang secara berkala dan terus-menerus dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa efek dan juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia,untuk membahas hal tersebut lebih lanjut akan dijelaskan dibawah ini :

Dapat Menyebabkan Kanker

Penggunaan merkuri yang secara terus menerus dan juga dalam jangka waktu yang lama dapat memicu penyakit kanker di dalam tubuh manusia. Hal ini biasanya terjadi,diakibatkan oleh penggunaan produk kecantikan yang menggunakan merkuri sebagai bahan aktif yang berfungsi sebagai pemutih. Ketika menggunakan produk kecantikan yang mengandung merkuri maka hal tersebut dapat memicu adanya penyakit kanker khususnya pada kanker kulit.

Menipisnya Lapisan Kulit

Menggunakan produk kecantikan yang mengandung merkuri juga sangat tidak baik untuk kesehatan  jaringan kulit  manusia. Hal ini terjadi, karena dengan menggunakan merkuri tersebut dapat menyebabkan menipisnya jaringan kulit sehinga kulitpun akan rentan akan terkena iritasi karena terpapar oleh cahaya  matahari.

Kerusakan Sistem Saraf

Merkuri juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf manusia karena sifatnya yang beracun tentunya karena sangat berdampak buruk bagi tubuh jika merkuri tersebut masuk ke tubuh manusia. Merkuri yang masuk ke dalam tubuh dapat disebabkan oleh makanan, udara dan hal lainnya.

Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Bahaya merkuri selanjutnya adalah mekuri dapat menganggu sistem kekebalan tubuh manusia, merkuri yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terkena penyakit. Hal tersebut diakibatkan karena tubuh yang terpapar racun merkuri tidak cukup kuat dalam menangkal virus ataupun penyakit dari luar yang hendak masuk ke dalam tubuh.

Kerusakan Sistem Urologi

Sistem urologi merupakan suatu saluran urinaria yang terdiri dari organ ureter, ginjal, uretra dan juga kandung kemih. Apabila tubuh terapar oleh racun dari merkuri maka tubuh akan mengalami kerusakan sistem urologi di mana hal tersebut menyebabkan gangguan pada ginjal, saluran urine dan juga gangguan pada saluran reproduktif pada tubuh pria.

Merkuri atau air raksa merupakan suatu baham logam yang terdapat di alam, senyawa ini juga dapat digunakan dengan aman apabila dengan kadar yang sangat sedikit, biasanya merkuri juga terkandung dibeberapa jenis obat-obatan. Merkuri sendiri sangat tidak baik bagi tubuh manusia karena merkuri mengandung racun yang dapat merusak kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu ada baiknya untuk tidak menggunakan produk kecantikan yang memiliki bahan merkuri didalamnya. 

Cara yang aman untuk tidak menggunakan produk kecantikan berbahan merkuri adalah dengan melakukan konsultasi kepada dokter kecantikan. Demikian pembahasan artikel mengenai merkuri ini, semoga bermanfaat terimakasih.