Anda Asam Urat? Inilah Cara Mengatasinya dengan Obat Herbal

Ulasyuk.com - Rasa nyeri yang tak tertahankan dibagian sendi kaki atau tangan, banyak diindikasikan sebagai kelebihan asam urat. 

Siapapun bisa terserang penyakit asam urat, baik laki – laki maupun perempuan, biasanya bagi laki laki akan merasakan penyakit asam urat ini saat berusia 30 tahun keatas dan saat menghadapi menopause bagi perempuan.

Mengatasi  Asam Urat

Konsumsi makanan seperti daging merah, jeroan, dan Udang, Kepiting serta beberapa jenis binatang laut, jika dikonsumsi secara berlebih atau terlalu sering berkontribusi terhadap timbulnya asam urat. Kondisi medis tertentu juga memeranguhi penyakit tersebut.

Untuk mengontrol timbulnya gejala asam urat, berikut beberapa pilihan obat herbal.

Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan asam urat secara total, namun ada beberapa cara yang bisa mengontrol dan mencegah timbulnya gejala,seperti:

Air lemon

Medical News Today mempublish sebuah studi yang menemukan bahwa menambahkan perasan dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat.

Didapatkan suatu kesimpulan dari para peneliti bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh.

Jahe

Salah satu jenis dari berbagai macam rempah yang dimiliki Indonesia adalah jahe. Adapun cara pengolahan Jahe untuk obat asam urat adalah sebagai obat asam urat adalah ; Rebus air dan masukan 1 sendok makan jahe segar yang diparut. Rendam kain lap ke dalam campuran. Kemudian taruh lap pada area yang terasa nyeri setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit.

Jus ceri

Pada jurnal arthritisand Rheumatology dikemukakan bahwa peningkatan asupan ceri selama dua hari menurunkan risiko serangan asam urat hingga 34% (tiga puluh empat persen).

Pada buah Ceri terkandung antosianin, sebagai senyawa anti-inflamasi, yang tinggi. Banyak cara menyajikan ceri agar dapat dikonsumsi secara utuh, yaitu dibuat minuman jus, atau suplemen ekstrak ceri.

Seledri

Ekstrak dan biji seledri menjadi pengobatan rumah yang populer guna mengobati asam urat.

Walaupun belum banyak hasil penelitian yang membuktikan hal tersebut, namun seledri dipercaya dapat mengurangi peradangan.

Campuran Cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit

Untuk mengontrol serangan asam urat dapat digunakan Campuran cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit dapat Berdasarkan penemuan dalam sebuah penelitian, perasan lemon dan kunyit dapat menurunkan asam urat.

Cara mencampurkannya adalah dengan menyiapkan air lemon hangat, kemudian 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Campuran ini dapat diminum dua hingga tiga kali sehari.