8 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Mulai dari Redakan Batuk Sampai Atasi Asam Lambung

ulasyuk.com- Manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh tentunya sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. 

beberapa manfaat jahe merah yang baik untuk kesehatan tubuh

Kebanyakan dari kita sering menggunakan jahe atau jahe merah ini untuk menghangatkan badan dengan menjadikannya sebagai minuman seperti wedang jahe. 

Ternyata jahe merah tersebut tidak hanya sekedar itu saja loh manfaatnya. Ada banyak khasiat jahe merah yang bermanfaat bagi tubuh kita. 

Nah penasaran kan apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Untuk itu mari kita simak penjelasannya bersama-sama di bawah ini. 

Apa itu jahe merah? 

Jahe merah memiliki nama ilmiah yaitu zingiber officinale varrubrumrhizomamerupakan salah satu tanaman herba yang masih termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. 

Jahe merah sendiri memiliki banyak kandungan di dalamnya. Oleh karena itulah tanaman rimpang satu ini banyak digunakan sebagai olahan kamu atau obat tradisional lainnya. 

Jenis-jenis jahe

Sebelum mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam jahe merah. Ada baiknya untuk kita mengetahui Jenis-jenis dari tanaman jahe tersebut. Berikut ini adalah macam jenis jahe yang banyak digunakan oleh orang-orang:

Jahe kuning

Pada dasarnya jahe kuning adalah rempah yang banyak ditemukan dan digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai salah satu bumbu dapur. 

Oleh karena itu tak heran jika jenis jahe yang satu ini banyak ditemui di pasar atau supermarket dan tempat lainnya. 

Jahe gajah

Merupakan salah satu jenis jahe yang banyak digunakan diluar negeri karena bentuknya yang besar dan rasa yang tidak terlalu pedas. 

Jahe merah

Untuk jahe merah sendiri biasanya digunakan sebagai salah satu bahan obat, ramuan atau kamu tradisional. Untuk masalah kandungan nutrisi jahe merah sendiri memiliki minyak atsiri yang terbilang cukup tinggi sehingga baik untuk dijadikan obat tradisional. 

Kandungan jahe merah

Berikut ini adalah beberapa kandungan ataupun mineral di dalam jahe merah yang baik untuk kesehatan tubuh:

  1. Minyak atsiri, kandungan ini bisa membantu dalam meredakan batuk 
  2. Gingeron, dapat berguna sebagai antiinflamasi untuk tubuh
  3. Phenolic, kandungan ini dapat memperlancar sistem pencernaan
  4. Gingerol, kandungan ini berguna untuk menghangatkan tubuh
  5. Shogaol, kandungan yang dapat menghambat reaksi alergi
  6. Pati
  7. Asam organik
  8. Asam malat
  9. Asam oksalat dan lainnya

Manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh

Setelah mengetahui apa itu jahe merah, jenis-jenisnya juga beberapa kandungan yang dimiliki. Sekarang sudah saatnya bagi kita untuk mengetahui apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh kita. 

Berikut ini manfaat jahe merah yang baik untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan gula darah

Di dalam suatu penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi jahe merah atau airnya secara rutin tanpa menggunakan gula dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Menurunkan kolesterol

Kandungan yang terdapat di dalam jahe merah dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat atau LDL yang membuat kita terkena kolesterol. Tak hanya itu jahe merah juga berguna dalam meningkatkan HDL atau lemak baik dalam tubuh kita. 

Meredakan batuk

Jahe merah mengandung minyak atsiri yang mana kandungan ini sendiri terdapat senyawa lainnya yang terdiri dari gingeral, zingiber ini, zingiberal dan lainnya. Kandungan minyak atsiri inilah yang membuat jahe dapat meringankan/meredakan batuk. 

Meningkatkan imun tubuh

Jahe merah memiliki banyak kandungan seperti minyak atsiri, zingeron, gingerol dan lainnya. Yang mana dari semua kandungan tersebut dapat berguna untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. 

Mengatasi asam lambung

Memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi dan dapat menghangatkan tubuh membuat jahe merah dapat meredakan sakit asam lambung yang ada di dalam tubuh. 

Memperlancar pencernaan

Jahe merah mengandung phenolic yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh. Oleh karena itu saya kita mengalami masalah pencernaan dapat mengonsumsi jahe merah atau olahannya sebagai pertolongan pertama. 

Mengatasi peradangan

Berguna sebagai anti-inflamasi karena mengandung senyawa zingeron. Anti-inflamasi sendiri merupakan anti peradangan yang dapat meredakan sakit atau radang yang ada di dalam tubuh

Mengatasi masuk angin

Manfaat jahe terakhir yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah jahe merah dapat mengatasi masuk angin. 

Jahe merah mengandung gingerol yang mana kandungan ini bisa menghangatkan tubuh. Saat masuk angin cenderung kita merasa dingin atau demam. 

Oleh karena itu mengonsumsi olahan jahe dapat menghangatkan tubuh dan membantu dalam meredakan masuk angin. 

Jahe merah merupakan salah satu tanaman tradisional yang banyak digunakan sebagai obat dan jamu di berbagai negara terutama Indonesia. 

Jahe merah memiliki banyak kandungan dan manfaat dan beberapa diantaranya dapat meredakan batuk, meredakan masuk angin, meredakan dan lainnya. 

Mengonsumsi olahan jahe merah baik dilakukan untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi jika dalam beberapa (2-3) hari gejala sakit yang tertera diatas tidak membaik maka segera pergi ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. 

Demikian artikel tentang 8 manfaat jahe merah untuk kesehatan mulai dari redakan batuk sampai atasi asam lambung, terimakasih.