10 Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Yang Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

ulasyuk.com-Manfaat propolis merupakan informasi yang akan penulis bagikan kepada pembaca sekalian kali ini. 

manfaat propolis dan jenis sediaannya 

Propolis sendiri merupakan salah satu bahan herbal yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk membantu dalam menyembuhkan atau meredakan suatu penyakit. 

Di dalam propolis memiliki berbagai kandungan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh kita. 

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh propolis ini, mari kita simak penjelasan bersama di bawah ini. 

Apa itu propolis? 

Propolis merupakan produk yang dihasilkan oleh lemah madu. Ya lebah ternyata tidak hanya menghasilkan madu. Hewan yang satu ini juga memproduksi propolis yang mana produk ini memiliki berbagai macam kandungan dan manfaatnya. 

Oleh karena hal tersebut propolis banyak digunakan sebagai obat herbal dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Propolis dihasilkan dari getah tumbuhan yang digunakan oleh lebah untuk memperbaiki celah pada sarangnya. Meskipun sama-sama dihasilkan dari lebah akan tetapi propolis memiliki rasa yang berbeda dengan madu. Propolis memiliki rasa yang cenderung lebih pahit dan warnanya gelap juga teksturnyalebih pekat. 

Kandungan nutrisi

Karena banyaknya manfaat dari herba propolis ini tentunya produk ini juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya. 

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat propolis untuk kesehatan tubuh kita. Ada baiknya bagi pembaca sekalian mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam propolis. Berikut ini kandungan yang ada di dalam propolis:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin E
  3. Vitamin B
  4. Karbohidrat
  5. Zat besi
  6. Minyak esensial
  7. Antioksidan (polivenol, flavonoid ) 

Propolis juga memiliki sifat antijamur, antibakteri, antikanker, antivirus, antiradang dan lainnya. 

Jenis dan sediaan

Ada berbagai jenis dan juga sediaan dari produk propolis ini. Berikut ini adalah jenis juga sediaan produk propolis:

Jenis atau merk propolis

Ada berbagai macam jenis/merk dagang propolis. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Propolis Nano Brazilian
  2. Melia propolis
  3. Red propolis dan lainnya

Sediaan propolis

  1. Lotion
  2. Obat kumur dan lainnya

Manfaat propolis untuk kesehatan

Berikut ini berbagai manfaat herba propolis untuk kesehatan tubuh:

Mengontrol gula darah

Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa propolis dapat menjaga atau mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan mengonsumsi propolis dapat mencegah terjadinya resistansi insulin yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal terjadinya diabetes tipe 2.

Mengontrol kolesterol

Propolis dapat mengontrol kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung karena dapat mengurangi kolesterol jahat(LDL) dan meningkatkan jumlah lemak baik (HDL). 

Mengatasi peradangan

Di dalam propolis terkandung antiradang yang mana hal inilah yang membuat produk herba ini bisa mengatasi berbagai masalah atau sakit peradangan. Contohnya seperti radang gusi, radang tenggorokan, pembengkaan, nyeri sendi dan lainnya. 

Menyembuhkan luka

Propolis banyak digunakan sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan luka pada kulit. Hal tersebut terjadi karena di dalam propolis terdapat antibakteri, antiradang dan antijamur sehingga bisa menyembuhkan luka pada kulit. 

Mencegah kanker

Di dalam propolis terkandung  antioksidan yang mana mineral satu ini sangat berguna untuk mencegah radikal bebas yang memicu penyakit kanker dalam tubuh. 

Meningkatkan imun

Manfaat lainnya dari propolis adalah dapat meningkatkan imun tubuh kita. Beberapa riset menyatakan bahwa propolis menjaga daya tahan tubuh sehingga kita bisa kuat dan tak gampang terkena penyakit. 

Tak hanya itu saja propolis juga mengandung Vitamin yang berguna untuk menjaga saya tahan tubuh kita. 

Atasi herpes genital

Salep propolis juga dapat bermanfaat atasi herpes genital. Di dalam suatu riset penelitian mengatakan bahwa propolis dapat membantu menyembuhkan luka dingin lebih cepat. 

Meredakan maag

Propolis berguna untuk meredakan sakit atau nyeri maag.  Kandungan yang ada di dalam propolis sendiri dapat mempercepat proses penyembuhan sakit maag. 

Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya dari propolis adalah dapat mencegah anemia. Di dalam propolis terdapat kandungan Vitamin B kompleks yang mana mineral ini sangat baik bagi orang yang kekurangan darah. 

Mencegah parkinson

Manfaat terakhir dari propolis yang akan  dibahas di dalam artikel ini adalah dapat mencegah penyakit Parkinson. 

Memiliki senyawa antioksidan yang baik untuk mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan berbagai penyakit. 

Harga propolis

Harga dari produk herba yang satu ini berbeda-beda tergantung dari jenis sediaan dan kadar atau jumlah dari masing-masing produk. 

Setiap merk dagang juga memiliki tarif harga yang berbeda. Untuk kisaran harga produk propolis sendiri dibandrol dari kisaran Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000 untuk harga satuannya. 

Propolis sendiri merupakan salah satu produk lemah yang berbuat dari getah tumbuhan yang tercampur kotor lebah dan bahan lainnya dan digunakan sebagai sarang atau lapisan lilin untuk menambah celah yang terdapat di sarang lebah. 

Propolis memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan mulai dari menyembuhkan luka sampai meningkatkan imun tubuh. 

Bagi kalian yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan bisa mengonsumsi herba yang satu ini dan membelinya di seller yang terpercaya mengingat harganya yang terbilang cukup mahal. 

Demikian pembahasan artikel ini tentang 10 manfaat propolis untuk kesehatan yang bisa sembuhkan berbagai penyakit, semoga bermanfaat, terimakasih.