Apa Saja Manfaat Dari Buah Melon? Berikut 10 Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

ulasyuk.com- Manfaat buah melon merupakan salah satu informasi yang cukup banyak dicari oleh masyarakat. Buah melon sendiri adalah salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya yang manis juga aromanya yang sangat wangi. 

manfaat melon untuk kesehatan tubuh dan kulit

Melon memiliki banyak kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dimana karena hal tersebut buah yang satu ini mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Nah untuk mengetahui apa saja kandungan nutrisi juga manfaat yang ada pada buah melon satu ini, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu buah melon?

Merupakan buah yang masih termasuk ke dalam keluarga labu-labuan yang mana buahnya dapat dimakan segar secara langsung maupun dibuat menjadi campuran makanan atau camilan seperti agar, es campur, jus dan lainnya.

Buah melon sendiri memiliki tekstur yang lunak dan memiliki warna putih sampai merah sesuai dengan jenisnya.

Macam jenis melon

Berikut ini adalah beberapa jenis melon yang sering ditemui dan dikonsumsi oleh orang-orang

1. Melon hijau

Jenis melon yang satu ini memiliki ciri motif jaring tipis yang rapat pada kulitnya yang cukup tebal. Daging dari melon hijau ini berwarna putih sedikit kehijauan dan memiliki rasa yang manis dan bertekstur renyah.

2. Cantaloupe

Memiliki ciri khas yang mana daging buahnya berwarna jingga dan aromanya sangat harum sehingga menggugah selera kita. Tak hanya memiliki wangi yang menggugah rasa dari jenis melon satu ini terkenal sangat manis dan renyah.

3. Yubari king

Salah satu jenis melon dengan  harga yang terbilang cukup mahal buah ini berasal dari jepang dan masih satu jenis dengan melon cantaloupe. Ciri khasnya adalah daging buah yang berwarna orange dan memiliki tampilan yang cantik. Untuk rasa tak perlu diragukan lagi buah ini memiliki rasa yang manis.

4. Honeydew melon

Sering disebut dengan melon madu yang memiliki ciri warna dagingnya hijau pucat dan memiliki rasa yang manis.

5. Sky rocket melon

Salah satu jenis melon yang banyak dibudidayakan di Indonesia,memiliki ciri yaitu dagingnya berwarna hijau terang, renyah dan rasanya manis sehingga banyak dimakan sebagai buah atau dijadikan olahan salad.

Kandungan nutrisi buah melon

Inilah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah melon:

1. Karbohidrat
2. Protein
3. Lemak
4. Vitamin C
5. Kalsium
6. Fosfor
7. Kalium
8. Besi
9. Natrium dan lainnya

Manfaat buah melon

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang baik untuk tubuh kita:

Menurunkan tekanan darah

Natrium di dalam tubuh kita dapat  mengikat cairan dan menambah volume darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Hal tersebut membuat seseorang mengalami hipertensi dan harus diturunkan. Salah satu cara menurunkannya adalah dengan mengonsumsi buah melon karena kandungan kalium yang dimiliki dapat menyeimbangkan volume darah. Volume darah yang kembali seimbang membuat tekanan darah akan  menurun.

Mencegah dehidrasi

Buah melon kaya akan kandungan airnya oleh karena itu dapat menggantikan kebutuhan cairan tubuh kita. Selain itu beberapa kandungan atau mineral yang ada di dalam buah melon dapat memulihkan elektrolit dalam tubuh.

Menguatkan imun tubuh

Mengandung vitamin C yang mana kandungan mineral ini sendiri sudah diketahui sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga imun dan daya tahan tubuh.

Memperlancar pencernaan

Karena mengandung banyak air dan serat yang terkandung di dalam melin dapat membantu kita yang memiliki masalah pada pencernaan. Serat dan air sendiri dapat memperlancar proses pencernaan kita.

Memenuhkan kebutuhan gizi ibu hamil

Seorang ibu hamil memerlukan asupan vitamin yang lebih banyak dibandingkan dengan biasanya karena ia membagikan nutrisinya untuk anak yang dikandung. Salah satu asupan vitamin yang baik adalah buah-buahan salah satunya buah melon yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin di dalamnya.

Mengontrol gula darah

Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa buah yang rasanya manis dapat mengontrol kadar gula darah. Meskipun begitu memakan melon dalam jumlah yang cukup dan secara teratur dapat membantu dalam mencegah atau menurunkan resiko terkena diabetes. Selain itu mengonsumsi melon juga baik untuk kesehatan ginjal, jantung, saraf dan lainnya.

Melembabkan kulit

Memiliki kandungan Vitamin C yang berguna untuk mencerahkan dan menjaga kelembaban kulit terutama wajah kita.

Mencerahkan kulit

Memiliki kandungan serat dan Vitamin C yang tinggi membuat buah ini sangat berguna dalam menjaga kesehatan kulit dan mencerahkan kulit.

Meremajakan kulit

Mengandung Vitamin K dan E yang sangat baik untuk menjaga kesehatn kulit selain itu melon juga mengandung air sehingga dapat menghidrasi kulit dari dalam. Oleh karena hal inilah kulit dapat diremajakan saat kita mengonsumsi melon secara rutin.

Anti penuaan

Memiliki asam folat yang berguna untuk regenerasi sel kulit yang mana hal tersebut tentunya sangat menyehatkan kulit kita. Selain itu melon juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit kita seperti adanya keriput dan penuaan dini.

Demikian pembahasan artikel ini tentang manfaat melon untuk kesehatan, untuk kalian semua mari perbanyak mengonsumsi buah untuk menyehatkan tubuh kita. Jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tak berlebih dan rutin agar tubuh lebih sehat dan lebih cantik.