Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau Serta Cara Penggunaannya

ulasyuk-Manfaat minyak zaitun untuk rambut sudah banyak diketahui oleh orang-orang. Selain untuk rambut minyak zaitun juga memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah melembabkan kulit tubuh. 

cara menyehatkan rambut dengan menggunakan minyak zaitun


Minyak zaitun memiliki beberapa kandungan di dalamnya yang mana zat terbitlah yang menjadi bahan aktif untuk menyehatkan rambut kita. 

Nah untuk mengetahui apa saja kandungan dan manfaat dari minyak zaitun ini bagi kesehatan rambut, ayo kita simak penjelasannya bersama di bawah ini.

Apa itu minyak zaitun?

Sebelum membahas tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu minyak zaitun.

Minyak zaitun merupakan minyak alami dari buah zaitun. Olive oil didapat dari proses ekstraksi buah zaitun dan memiliki banyak kandungan di dalamnya.

Kandungan nutrisi minyak zaitun 

Karena memiliki banyak manfaat maka tak heran jika terdapat berbagai kandungan nutrisi dan zat yang dimiliki oleh olive oil ini,berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak zaitun:

1. Kalsium
2. Natrium
3. Lemak
4. Zat besi
5. Vitamin B3
6. Omega tiga
7. Asam oleat
8. Polifenol
9. Flavonoid
10. Kalori
11. Vitamin E

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Mari ketahui apa saja manfaat olive oil untuk kesehatan tubuh kita, berikut adalah pembahasannya.

Membantu program diet

Manfaat pertama minyak zaitun bagi tubuh kita adalah bisa membantu menjaga berat badan. Karena hal tersebutlah olive oil cocok bagi kalian yang sedang dalam program diet.

Akan tetapi hal tersebut dapat terjadi apabila kita tetap menjaga pola makan dan dibantu dengan berolahraga ya teman-teman.

Melembabkan kulit 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa minyak zaitun bisa melembabkan kulit. olive oil sendiri memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan minyak satu ini untuk menjaga dan mengembalikan kelembaban kulitnya.

Menurunkan kolesterol

Manfaat lainnya dari olive oil adalah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol seseorang. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa penyakit kolesterol disebabkan oleh menumpuknya lemak jahat atau LDL dalam pembuluh darah.

Minyak zaitun selain menurunkan LDL juga dapat meningkatkan kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh kita.

Mencegah kanker

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah bisa mencegah penyakit kanker dalam tubuh. Mengapa bisa begitu? Hal tersebut disebabkan oleh karena kandungan polifenol dan flavonoid yang notabenenya adalah antioksidan. Antioksidan sendiri  berguna untuk mencegah penyakit kanker  dengan cara menangkap radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Setelah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan sekarang waktunya kita mengetahui manfaat olive oil untuk rambut agar tetap sehat dan berkilau. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Mencegah rambut bercabang

Minyak zaitun berguna dalam menjaga dan mencegah rambut bercabang. Umumnya rambut bercabang dikarenakan keringnya rambut dan adanya gangguan lain seperti ketombe, terlalu sering diwarnai dan salah memakai produk rambut.

Perlu diketahui bahwa minyak zaitun tidak sepenuhnya bisa mengembalikan rambut yang bercabang menjadi sehat kembali. Untuk menghilangkan rambut bercabang kalian harus rutin merawat dan memotong cabanh rambut yang bermasalah.

Menutrisi rambut

Memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin E dan antioksidan yang sangat berguna dalam menjaga dan nutrisi rambut. Oleh karena itu olive oil berguna dalam menutrisi rambut dan menjaganya tetap sehat.

Menghaluskan rambut

Bagi kalian yang memiliki masalah akan rambut kusut dan kasar, minyak zaitun merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan. Mengandung vitamin E yang cukup banyak memungkin olive oil untuk menutrisi dan memperhalus rambut seseorang.

Menangani rambut rusak

Banyak orang mengalami rambut rusak akibat terlalu sering melakukan catok, mewarnai rambut dan menggunakan hair dryer. Minyak zaitun bersifat melembabkan dan melembutkan rambut sehingga cocok digunakan bagi kalian yang memiliki rambut rusak.

Menghilangkan ketombe

Ada banyak faktor mengapa seseorang mengalami ketombe di kulit kepalanya, beberapa faktor tersebut seperti memang keturunan, salah pakai produk, rambut dan kulit kepala yang lembab seperti terlalu lama memakai helm dan lainnya.

Minyak zaitun dapat meredakan ketombe jika digunakan secara rutin, hal tersebutlah dapat terjadi karena olive oil bisa menenangkan kulit kepala khususnya yang memiliki masalah jamur atau ketombe.

Melembabkan rambut

Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E membuat minyak zaitun dapat melembabkan rambut kita.

Membuat rambut berkilau 

Kalian telah mengetahui apa saja kandungan yang dimiliki oleh minyak zaitun. Serangkaian kandungan dan zat aktif tersebutlah yang dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi berkilau dan lebih lembut juga sehat  dari sebelumnya.

Cara menggunakan olive oil untuk rambut

Berikut ini adalah cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan minyak zaitun guna menyehatkan rambut agar lebih lembut dan bercahaya:

1. Siapkan produk minyak zaitun yang dimiliki
2. Kemudian teteskan minyak zaitun ke telapak tangan, tuangkan secukupnya saja.
3. Oleskan olive oil ke rambut dan kulit kepala, lakukan dalam keadaan rambut sedang kering.
4. Setelah dioleskan secara merata di seluruh bagian kepala maka tutup dengan penutup kepala atau handuk dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit.
5. Setelah didiamkan selama itu maka bilaslah rambut dengan air hangat dan gunakan shampo.
6. Bilas sampai bersih dan keringkan rambut dengan halus jangan digosok secara kasar.
7. Lakukan secara rutin untuk menjaga rambut tetap sehat, lembut dan berkilau.

Demikianlah pembahasan artikel ini tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut agar tetap sehat dan berkilau serta cara penggunaannya.

Perlu diketahui bahwa menjaga rambut tetap sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena rambut merupakan mahkota kepala kita.

Minyak zaitun berguna dalam menutrisi dan menjaga warna rambut. Biasanya warna rambut yang sudah kusam dapat dikembalikan seperti semula dengan menggunakan minyak ini.

Jika ingin hasil yang memuaskan maka lakukan perawatan rambut secara teratur dan jika memungkinkan pergilah ke salon untuk mendapatkan treatment yang lebih baik lagi, semoga tulisan ini bisa bermanfaat, terimakasih.