Apa Manfaat Daun Teh Untuk Kulit? Berikut Kandungan, Cara Penggunaan dan Jenis-Jenisnya

ulasyuk.com -Apa manfaat daun teh untuk kulit? berikut kandungan, cara olah dan jenis-jenisnya merupakan pembahasan yang penulis bagikan kali ini.

manfaat daun teh untuk kulit wajah

Daun teh sendiri memiliki banyak khasiat khususnya bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit,bagi kalian yang penasaran akan kandungan dan manfaatnya bagi wajah mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu daun teh?

Daun teh merupakan  salah satu tanaman yang mana pucuk daunnya dipetik dan digunakan sebagai bahan membuat minuman yaitu teh.

Daun teh sendiri sudah banyak dikonsumsi secara universal dan diproduksi oleh banyak negara.

Pada zaman modern ini sudah banyak olahan minuman teh kekinian yang banyak ditemui di pasaran seperti teh susu, teh boba, teh tarik dan lainnya.

Kandungan daun teh

Sebelum mengetahui manfaat daun teh untuk kulit kita harus tahu terlebih dahulu apa saja kandungan yang ada di dalam daun tersebut. Berikut beberapa kandungan nutrisi dan senyawa yang ada di dalam daun teh:

  1. Kafein
  2. Theofilin
  3. Theobromin
  4. Kalium
  5. Kalsium
  6. Magnesium
  7. Flour
  8. Seng
  9. Asam amino
  10. Klorofil
  11. Protein
  12. Karbohidrat dll

Jenis-jenis daun teh

Ada beberapa macam jenis teh yang berdasarkan dengan tingkat oksidasinya. Saat proses pengolahan daun teh maka akan terjadi oksidasi dan setiap tingkat oksidasi yang berbeda akan menghasilkan daun teh beda pula. Berikut jenis-jenis dari daun teh:

  1. Teh putih, dimana daun teh tersebut tidak mengalami proses oksidasi sama sekali.
  2. Teh hitam, dalam proses pengolahan mengalami oksidasi yang paling lama sehingga merubah warna teh menjadi lebih hitam.
  3. Teh hijau, merupakan daun teh yang dalam proses pengolahannya mendapatkan oksidasi dalam jumlah minimal.
  4. Teh oolong, daun teh yang mengalami semi oksidasi saat dalam proses pengolahan.

Manfaat daun teh untuk kulit dan cara penggunaannya

Setelah mengetahui apa itu daun teh, jenis-jenisnya dan kandungan yang terdapat di dalamnya. Sekarang waktunya bagi kita untuk mengetahui apa saja manfaat daun teh untuk kulit? Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Sebagai toner alami

Bagi kalian yang bertanya apa manfaat daun teh untuk kulit? Jawaban pertama yang penulis berikan adalah sebagai toner alami.

Kalian sudah tahu kan kalau toner dapat membantu dalam menyehatkan kulit dan membersihkan kotoran yang ada di dalam pori-pori.

Cara penggunaan:

  1. Seduh daun teh secukupnya dengan air hangat
  2. Diamkan sampai air berubah warna
  3. Setelah itu ambil air teh dan masukkan ke dalam botol
  4. Gunakan toner tersebut dengan menuangkannya ke kapas dan aplikasikan ke kulit wajah.
  5. Untuk penyimpanan bisa disimpan di dalam lemari es/kulkas

2. Meremajakan kulit

Daun teh dapat meremajakan kulit kita dan menjaga kesehatan kulit wajah. Dalam sebuah riset pada 2003 yang dilakukan oleh Medical College Of Georgia mengatakan bahwa teh hijau dapat membantu dalam menghilangkan polusi meremajakan kulit, flek hitam dan mencerahkan kulit.

Cara penggunaannya:

  1. Ambillah 2 kantung ampas teh celup dan keluarkan daun teh yang ada di dalamnya.
  2. Kemudian masukkan daun teh kedalam wadah dan campurkan dengan perasan air lemon secukupnya saja.
  3. Setelah itu balurkan masker yang daun teh dan air lemon tersebut ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama beberapa menit kisaran 15-16 menit.
  4. Bilaslah dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk atau kain yang lembut.

3. Mengatasi kantung mata

Manfaat lainnya dari daun teh untuk kesehatan kulit wajah adalah bisa mengatasi kantung mata. Karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi memungkinkan daun teh untuk dapat menghilangkan atau menyamarkan kantung mata.

Cara penggunaannya:

  1. Ambil kantong teh celup yang sudah digunakan sebelumnya
  2. Masukkan ke dalam lemari es dan biarkan selama satu malam.
  3. Letakkan kantong daun teh tersebut di atas mata yang tertutup atau di tempat kantung mata.
  4. Biarkan selama kurang lebih 10 menit
  5. Hal ini berguna untuk meredakan otot mata yang sudah lelah dan membuat kulit lebih segar. 

4. Mencerahkan kulit

Manfaat daun teh untuk kulit lainnya adalah bisa membantu mencerahkan. Hal tersebut dapat terjadi karena daun teh mengandung antioksidan yang tinggi dimana kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit.

Cara penggunaanya:

  1. Ambil kantong teh yang sudah digunakan dan biarkan sampai mengering.
  2. Setelah itu ambil daun teh yang ada didalam kantong tersebut.
  3. Meskipun mengering daun teh di dalam kantong akan tetap lembab nah setelah itu barulah gosokkan ke seluruh permukaan kulit wajah.
  4. Lakukan hal tersebut kurang lebih selama 5-6 menit kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut.

Demikian pembahasan artikel ini tentang Apa manfaat daun teh untuk kulit? berikut kandungan, cara olah dan jenis-jenisnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit dan wajah agar terhindar dari kulit kusam dan penuaan dini.

Untuk melakukan perawatan di rumah ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun teh, semoga tulisan ini bermanfaat,terimakasih.