Obat Simvastatin: Indikasi, Kegunaan, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping dan Harga

ulasyuk.com -Kali ini penulis akan membahas tentang obat simvastatin: indikasi, kegunaan, dosis, aturan pakai, efek samping dan harga. Bagi kalian  yang belum tahu apa itu simvastatin yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

manfaat simvastatin, obat penurun kolesterol. 

Apa itu simvastatin

Merupakan salah satu obat yang digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Perlu diketahui juga bahwa kolesterol merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh menumpuknya lemak jahat di pembuluh darah. 

Obat yang satu ini bekerja dengan menurunkan kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan lemak baik (HDL). Dengan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dapat mengurangi beberapa resiko penyakit seperti stroke dan serangan jantung. 

Penggunaan dari obat simvastatin dapat memiliki efek yang lebih baik jika dibarengi dengan gaya hidup dan pola makan yang baik. Kolesterol sendiri ada karena pola makan dan juga gaya hidup yang kurang sehat. 

Indikasi 

Obat simvastatin sendiri merupakan obat kolesteeol yang termasuk dalam golongan status. Obat yang satu ini merupakan salah satu obat generik yang sudah banyak diresepkan oleh dokter dan dikonsumsi oleh banyak orang. 

Kegunaan 

Obat simvastatin memiliki kegunaan sebagai obat yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Simvastatin bekerja dengan menghambat kerja enzim yang bertugas untuk membentuk kolesterol. 

Obat ini sendiri belum tentu dapat menghilangkan penyakit kolesterol karena kolesterol akan selalu ada jika kita tidak menjalani pola hidup yang sehat. Oleh karena itulah berolahraga, istirahat yang cukup dan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak adalah hal yang baik untuk dilakukan. 

Merk dagang 

Ada beberapa merk dagang dari obat simvastatin. Berikut ini adalah beberapa daftar merk dagang simvastatin:

  1. Lextatin
  2. Cholestat
  3. Zencor
  4. Rendapid
  5. Valemia
  6. Simvasto
  7. Lipivast
  8. Cortavas dan lainnya.

Dosis dan aturan pakai

Untuk dosis dari obat simvastatin ini sendiri tersedia dalam 2 takaran yaitu 10mg dan 20mg. Perbedaan dari keduanya hanya takaran dosisnya saja yang berbeda. 

Untuk aturan pakainya sendiri setiap golongan umur pasien tentunya memiliki dosis yang berbeda namun pemakaian hanya diminum 1 kali dalam sehari. 

  1. Untuk orang dewasa dosis yang bisa dikonsumsi 10-20mg untuk satu kali sehari, obat simvastatin dikonsumsi saat malam hari. 
  2. Anak umur 10-17 tahun dosis yang dimilikinya kisaran 10mg untuk pemakaian 1 kali sehari pada malam hari. 

Cara mengonsumsi obat simvastatin

Berikut cara yang benar dalam mengonsumsi simvastatin:

  1. Pertama kalian hanya meminumnya saat malam hari saja, contoh saat mau tidur. 
  2. Meminum obat simvastatin di waktu yang sama akan mengoptimalkan kinerja obat. Contoh minum simvastatin di jam 10 malam selama mengonsumsi obat. 
  3. Dapat diminum sebelum makan atau tanpa menggunakan air dan langsung telah saja karena merupakan tablet salut selaput. 
  4. Tidak menghentikan obat jika belum ada perintah dari dokter atau pemeriksaan akan kadar kolesterol yang dimiliki. 
  5. Rutin memeriksa kolesterol baik itu dengan tes darah di lab atau dengan alat pemeriksa kolesterol. 
  6. Jika kadar kolesterol telah normal konsultasi lagi dengan dokter apa yang baiknya dilakukan, apakah melanjutkan dengan takaran yang berbeda atau tidak mengonsumsi simvastatin lagi. 

Efek samping simvastatin

Setiap obat tentunya memiliki efek samping yang dapat dialami oleh tubuh terutama jika dikonsumsi secara berkala dan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi saat mengonsumsi obat simvastatin:

  1. Mual
  2. Sembelit
  3. Sakit kepala dan lainnya

Akan tetapi belum tentu semua gejala efek samping ini dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi obat simvastatin. 

Hal yang perlu diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi obat simvastatin ini, berikut hal tersebut:

  1. Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil atau yang sedang dalam program hamil. 
  2. Tidak direkomendasikan untuk ibu menyusui, jika harus mengonsumsi obat kolesterol pastikan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 
  3. Lakukan konsultasi dengan dokter jika sedang mengonsumsi obat lain untuk melihat adanya kontra diksi obat. 

Harga simvastatin

  1. Sediaan 10mg, memiliki kisaran harga sebanyak Rp. 5000 sampai Rp. 10.000 untuk satu lempengnya. 
  2. Sediaan 20mg, memiliki kisaran harga sebanyak Rp. 13.000 sampai Rp. 30.000. 

Harga dapat berbeda tergantung dari tempat dan wilayah masing-masing. 

Demikianlah pembahasan artikel ini tentang Obat simvastatin: indikasi, kegunaan, dosis, aturan pakai, efek samping dan harga. Kita harus menjaga pola makan dan hidup yang sehat agar terhindar dari sakit kolesterol tersebut, semoga bermanfaat terimakasih.