Apakah Daun Stevia Aman? Berikut Manfaat dan Cara Mengolah Daun Stevia Yang Bisa Dilakukan di Rumah

ulasyuk.com -Apakah daun stevia aman? dan cara mengolah daun stevia menjadi salah satu pertanyaan yang cukup dicari jawabannya.

berikut ini cara pengolahan daun stevia menjadi gula alami yang mudah dilakukan di rumah.

Saat ini daun stevia dikatakan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pemanis alami yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena hal tersebutlah tak sedikit orang yang mencari daun tersebut dan mengolahnya di rumah masing-masing. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai daun kaya manfaat ini mari kita simak penjelasannya bersama seperti berikut.

Apa itu daun stevia?

Sebelum kita membahas tentang khasiat dan cara mengolah daun stevia ada baiknya untuk mengenali herbal ini terlebih dahulu.

Daun stevia sendiri merupakan tanaman yang memiliki nama stevia rebaudiana dan cukup banyak tumbuh di wilayah Amerika Selatan. Tanaman yang satu ini masih termasuk dalam tanaman asteraceae, berasal dari Arizona, new Mexico dan Texas.

Daun ini sendiri dapat diolah menjadi bahan pemanis alami atau gula yang tidak mengandung kalori. Oleh karena itulah olahan gula dari tumbuhan yang satu ini cukup aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Apakah daun stevia aman?

Mungkin sebagian dari pembaca sekalian masih mempertanyakan apakah mengonsumsi olahan dari daun stevia aman atau tidak.

Untuk menjawab pertanyaan apakah daun stevia aman? menurut penelitian yang ada, penggunaan gula atau olahan dari daun stevia aman untuk dilakukan.

Oleh karena itulah sudah banyak orang yang menggunakan olahan atau gula dari daun stevia ini. Bahkan dikatakan bahwa rasa manis yang dimiliki lebih besar dibandingkan dengan sukrosa.

Untuk lebih meyakinkan lagi kalian bisa melakukan beberapa cara yang dapat menguji kecocokan olahan daun stevia di dalam tubuh. 

Salah satu caranya adalah dengan melakukan percobaan pertama, cobalah menggunakan gula stevia terlebih dahulu jika kalian tidak mengalami gejala atau gangguan apapun itu menandakan tidak ada masalah dalam penggunaan produk gula stevia tersebut.

Kandungan daun stevia

Berikut ini beberapa kandungan yang dimiliki oleh daun stevia sebagai olahan gula :

  1. Klorofil
  2. Devirat steviol
  3. Dulkosida
  4. Asam klorogenik
  5. Steviolbiosid
  6. Steviolmonosida
  7. Apigenin
  8. Caffeic acid
  9. Glikosida diterpene
  10. Dilkosid A-B dan lainnya

Manfaat daun stevia

Setelah mengetahui tentang apa itu daun stevia dan beberapa kandungannya sekarang sudah saatnya untuk mengetahui manfaat dari daun tersebut.

1. Menstabilkan gula darah

Manfaat pertama yang akan dibahas di dalam artikel ini tentang manfaat daun stevia adalah bisa membantu dalam menstabilkan gula darah.

Meskipun memiliki rasa yang manis gula dari olahan daun stevia memiliki nol kalori yang dapat menstabilkan gula dalam darah.

Akan tetapi penggunaan dari gula stevia ini juga harus dilakukan dengan takaran yang benar dan secukupnya karena mengingat rasanya yang lebih manis dibandingkan dengan gula biasa.

2. Menurunkan tekanan darah

Terdapat berbagai jenis kandungan glukosida yang terdapat di dalam daun stevia dimana kandungan tersebut dapat membantu pelebaran pembuluh darah. Dengan begitu proses pengaliran darah keseluruh tubuh dapat dilakukan dengan lancar.

3. Stabilkan kolesterol

Manfaat lainnya dari daun stevia ini dapat menstabilkan kolesterol yang mana dalam suatu studi mengatakan bahwa dengan mengonsumsinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

4. Tidak merusak gigi

Hal lainnya yang didapat pengguna gula stevia adalah olahan ini tidak memiliki sifat yang dapat merusak gigi. Oleh karena itu tidak perlu takut untuk menggunakan gula stevia,namun kerusakan gigi juga dapat dikarenakan oleh tidak terawatnya kebersihan gigi dan mulut.

Oleh sebab itu kalian harus selalu rajin membersihkannya seperti menggosok gigi  2 kali pagi dan malam.

Cara mengolah daun stevia

Ada beberapa tahapan untuk mengolah daun stevia menjadi gula, cara ini sendiri dapat dilakukan oleh para pembaca di rumah masing-masing.

Berikut ini cara mengolah daun stevia menjadi gula:

Membuat bubuk daun stevia

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah mengeringkan daun stevia dengan dijemur atau dioven.
  2. Haluskan daun stevia yang sudah mengering dengan menggunakan blender
  3. Simpan bubuk yang sudah halus tersebut,kemudian dapat digunakan secara langsung sebagai gula.

 Membuat gula stevia cair

Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membuat gula stevia cair:

  1. Ambil satu sendok teh atau secukupnya bubuk daun stevia yang sudah dihaluskan sebelumnya.
  2. Setelah itu masukkan ke dalam saringan yang sudah ditaruh di atas mug atau gelas
  3. Tuangkan air panas yang baru mendidih secukupnya saja ke dalam saringan yang sudah ada bubuk stevia tersebut.
  4. Diamkan selama kurang lebih 5 menit
  5. Angkat saringan tanpa memeras air yang ada di saringan tersebut
  6. Diamkan air sampai dingin
  7. Jika sudah dingin masukkan kedalam wadah yang tertutup rapat dan gula cair daun stevia sudah dapat digunakan.

Hal yang perlu diperhatikan

Saat membuat gula cair daun stevia jangan melakukan pengendapan dengan waktu yang lama karena rasanya dapat berubah jadi pahit atau getir.  Dianjurkan untuk menuangkan gula stevia secukupnya saja karena rasanya sangat manis.

Demikian pembahasan artikel ini tentang apakah daun stevia aman? berikut manfaat dan cara mengolah daun stevia yang bisa dilakukan di rumah.