Bisa Atasi Berbagai Penyakit, Berikut Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh, Ternyata Baik Untuk Kolesterol

ulasyuk.com -Kali ini penulis akan membahas tentang manfaat dari buah naga bagi kesehatan tubuh dan juga nutrisi yang ada di dalamnya.

ayo kenali manfaatnya buah naga untuk kesehatan, bisa atasi kolesterol dan sehatkan kulit dan wajah.

Apakah kalian sudah tahu bahwa buah naga banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah yang satu ini tentunya memiliki berbagai manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal tersebut maka teruslah simak penjelasannya di bawah ini.

Buah naga

Merupakan salah satu buah dari tanaman yang masih termasuk dalam kerabat kaktus dan berasal dari Amerika Selatan juga Amerika Tengah.

Akan tetapi saat ini buah naga sudah dapat ditemukan dan dibudidayakan di diberbagai negara termasuk di Indonesia.

Awal mula buah ini disebut buah naga karena pada tahun 1870 tanaman tersebut dibawa oleh orang perancis ke vietnam dan dikenalkan sebagai tanaman hias.

Buah dari tanaman tersebut dianggap berkah dan selalu ditaruh di ekor patung naga diatas meja altar.

Dari kebiasaan tersebutlah dicetuskan bahwa buah ini bernama buah naga yang disebut Thang Loy dan dikenal sebagai dragon fruit diberbagai negara.

Jenis buah naga

Buah yang satu ini memiliki beberapa jenis yang sering dikonsumsi oleh orang-orang, apa saja macam dari buah naga ini? berikut akan diberikan penjelasannya.

  1. Hylocereus undatus, dapat disebut dengan buah naga putih sesuai dengan namanya daging warna dari buah yang satu ini adalah putih dan kulitnya merah.
  2. Hylocereus costaricensis, merupakan buah naga yang memiliki warna merah yang pekat
  3. Selenicereus megalanthus, memiliki kulit buah dengan warna kuning dan daging buahnya putih.
  4. Hylocereus polyrhizus, pada daging buahnya berwarna merah sedangkan kulitnya merah muda.

Kandungan nutrisi

Nah sebelum mengetahui apa saja manfaat buah naga bagi kesehatan dan bisa mengobati penyakit apa?. Sekarang kalian harus mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam buah yang satu ini terlebih dahulu.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga tersebutlah sehingga dapat menimbulkan efek baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga yang baik untuk kesehatan:

  1. Vitamin B1
  2. Kalsium
  3. Magnesium
  4. Antioksidan
  5. Vitamin C
  6. Zinc
  7. Fosfor
  8. Zat besi
  9. Serat
  10. Karbohidrat
  11. Air
  12. Vitamin B2

 Manfaat buah naga untuk kesehatan

Setelah mengetahui apa itu buah naga, jenis dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sekarang kita akan membahas tentang manfaatnya bagi tubuh.

Untuk menjawab pertanyaan buah naga bisa mengobati penyakit apa? maka disini akan dijelaskan mengenai hal tersebut.

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat pertama dari buah naga untuk kesehatan tubuh adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan tubuh.

Seperti yang diketahui bahwa buah naga kaya akan serat dan nutrisi tersebut sangatlah baik dalam memelihara dan melancarkan proses pencernaan.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat dari antioksidan salah satunya adalah dapat mengatasi radikal bebas dalam tubuh dan buah naga merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

3. Menyehatkan kulit

Mengandung serat,Vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan wajah, oleh karena itulah tidak heran jika buah naga baik untuk kesehatan kulit dan wajah.

4. Membantu program diet

Buah yang satu ini kaya akan serat dan rasanya tidak terlalu manis oleh sebab itu jika mengonsumsinya maka akan terasa kenyang.

Oleh karena itulah buah naga baik dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjalankan program diet.

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat lainnya dari buah naga ini adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini dapat terjadi karena kandungan yang ada di dalamnya.

Kandungan vitamin C dan juga serat dapat membantu tubuh dalam mengurangi lemak kolesterol yang ada di dalam pembuluh darah.

Demikianlah pembahasan artikel ini tentang bisa atasi berbagai penyakit, berikut manfaat buah naga bagi tubuh, ternyata baik untuk kolesterol.