Bibir Kering Harus Pakai Apa? Berikut Ini Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

ulasyuk.com -Kali ini akan membahas tentang masalah bibir kering harus pakai apa? Berikut ini cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah serta penyebabnya

Sebagian orang tentu pernah mengalami masalah di bibir. Salah satunya adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Perlu diketahui bahwa bibir yang kering dan pecah-pecah disebabkan oleh berbagai hal. Yang mana salah satu penyebabnya adalah cuaca yang dingin.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah

Sebelum mengetahui penyebab dari terjadinya masalah di bibir ini. Kalian harus tau bahwa jika bibir kering dan pecah-pecah dibiarkan dalam waktu lama maka akan menyebabkan masalah baru. Masalah tersebut seperti bibir terluka bisa sariawan dan lainnya.

Berikut ini penyebab dari bibir kering dan pecah-pecah:

  1. Kurang dalam meminum air putih
  2. Cuaca yang terlalu kering
  3. Cuaca yang terlalu dingin
  4. Bibir tidak lembab
  5. Terpapar sinar matahari terlalu lama
  6. Memakai lipstik yang tidak cocok di bibir
  7. Kelenjar minyak di bibir berkurang dan lainnya 

Gejala bibir kering dan pecah-pecah 

Tentunya sebelum menjadi kering dan pecah-pecah kita dapat melihat gejala yang ada di bibir masing-masing. Yang mana beberapa gejala tersebut diantaranya adalah: 

  1. Warna bibir lebih merah
  2. Kulit bibir mulai kering
  3. Terdapat luka di bibir
  4. Saat tersenyum atau menggerakkan bibir terasa sakit.
  5. Bibir berdarah
  6. Bibir terasa kaku

Cara mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah

Bagi kalian yang sudah mengetahui apa saja penyebab  juga gejala dari bibir kering dan pecah-pecah. Sekarang sudah saatnya bagi pembaca mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh sebab itu mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Memakai pelembab bibir 

Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh pembaca sekalian saat mengalami masalah bibir ini adalah menggunakan pelembab.

Dengan menggunakan produk tersebut maka bibir akan tetap lembab dan dapat mengurangi keadaan bibir yang kering juga pecah-pecah.

2. Minum air putih yang cukup

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan meminum air mineral yang cukup. Perlu diketahui bahwa kebutuhan tubuh akan air sangatlah tinggi. Oleh sebab itu jika seseorang kekurangan air dalam tubuhnya dapat menyebabkan masalah bibir kering dan pecah-pecah.

3. Hindari menjilat bibir

Perlu diketahui bahwa dengan menjilat bibir tidak melembabkannya namun membuatnya lebih kering. Oleh karena itu jika kalian masih mengalami Masalah bibir kering dan pecah-pecah hindarilah untuk menjilat bibir anda.

4. Gunakan pelembab alami

Bahan alami merupakan obat yang baik untuk melembabkan bibir seseorang. Berikut ini adalah beberapa contoh bahan alami yang bisa melembabkan bibir dan menghindari bibir pecah-pecah. Kisah buaya, madu dan lainnya.

5. Hindari merokok

Bagi kalian yang merupakan seorang perokok aktif. Cobalah untuk menghindari merokok atau jika sulit kurangi terlebih dahulu. Saat bibir kering dan pecah-pecah terkena panas dari rokok maka akan memperparah keadaan masalah tersebut.

Saat sudah berhenti merokok cobalah untuk menggabungkan beberapa cara untuk mempercepat penyembuhan luka di bibir.

Pentingnya menjaga bibir 

Tentu bibir sangat penting dijaga kesehatannya. Bibir merupakan organ tubuh yang sangat penting. Ia menjaga gigi dan membantu manusia saat makan atau minum.

Selain fungsi tersebut bibir juga merupakan salah satu penyokong tampilan seseorang. Oleh sebab itu menjaga kesehatan bibir penting untuk dilakukan.

Sekian pembahasan artikel ini tentang  bibir kering harus pakai apa? Berikut ini cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.