Gangguan Bipolar, Ketahui Penyebab Dan Gejalanya

ulasyuk.com -Beberapa orang mungkin pernah merasakan yang namanya tekanan yang membuat mental diri menjadi turun. Keadaan mental yang kurang baik dapat ditandai dengan adanya perubahan emosi didalam diri seseorang. Salah satu gangguan mental yang dapat terjadi pada seseorang adalah ganguan bipolar.

Apa Itu Bipolar

Bipolar merupakan suatu gangguan mental yang dapat terjadi pada seseorang. Gangguan Bipolar sendiri di tandai dengan adanya gejala seperti penderita dapat merasa sangat bahagia dan seketika dapat berubah menjadi sangat sedih. Gangguan Bipolar ini juga dapat menjangkit semua orang termasuk remaja dan juga orang dewasa.

Penyebab Bipolar

Gangguan mental seperti bipolar dapat disebabkan oleh karena faktor keturunan atau dapat disebabkan oleh terjadinya ketidakseimbangan zat pengatur fungsi otak yang ada didalam tubuh.

Berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan bipolar pada seseorang : 

Mengalami keadaan stress yang sangat tinggi

Stress berat merupakan salah satu pemicu yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan bipolar.

Punya riwayat traumatik sebelumnya

Adanya riwayat traumatik yang dialami oleh penderita bipolar memberikan peluang yang cukup besar bagi seseorang mengalami bipolar.

Gangguan Bipolar karena kecanduan alkohol dan obat-obatan

Kecanduan alkohol dan kecanduan obat-obatan terlarang juga menjadi saja satu faktor risiko seseorang terkena gangguan bipolar. Perlu diingat mengonsumsi alkohol dan obat-obatan dapat merusak tubuh dan merusak mental seseorang.

Memilki faktor keturunan

Faktor keturunan merupakan salah satu faktor yang cukup berisiko untuk seseorang mengalami bipolar. Karena faktor gen yang diturunkan oleh orangtua,menjadikan seseorang memiliki peluang dalam terkena bipolar.

Gejala Gangguan Bipolar

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa saat seseorang mengalami bipolar, orang tersebut akan mengalami dua fase. Fase yang pertama adalah fase naik atau mania dan selanjutnya fase turun atau depresi.

Gejala Pada Fase Depresi

Untuk gejala dari fase turun ini sendiri ditandai dengan beberapa hal. Hal tersebut akan dituliskan sebagai berikut ini :

  1. Merasakan kegelisahan yang cukup berat.
  2. Merasa sangat sedih, merasa putus asa dan terlalu khawatir.
  3. Selanjutnya memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi.
  4. Banyak lupa.
  5. Merasa bahwa diri sendiri tidak mampu melakukan suatu hal yang terbilang sederhana.
  6. Merasa diri sendiri tidak berharga.
  7. Adanya keinginan untuk membunuh diri sendiri.

Gejala Fase Mania

Untuk fase naik didalam gangguan bipolar sendiri memilki beberapa gejala yang dapat dilihat dari beberapa hal berikut :

  1. Sama seperti fase turun di fase naik juga seorang penderita bipolar merasakan kegelisahan didalam dirinya.
  2. Tidak nafsu makan.
  3. Berbicara dengan cepat.
  4. Melakukan hal yang cukup beresiko dan hal tersebut dapat menimbulkan efek negatif. Seperti berlebihan mengonsumsi makanan.
  5. Merasa diri sendiri sangat penting.
  6. Merasa paling berbakat.

Gejala bipolar yang telah disebutkan diatas dapat juga dialami oleh penderita penyakit lain. Seperti penyakit tiroid. Oleh sebab itu untuk lebih jelas mengetahui gejala tersebut merupakan gejala bipolar atau tidak diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kesimpulan

Bipolar merupakan suatu gangguan mental yang dapat dipakai oleh beberapa orang. Bipolar sendiri dapat terjadi pada semua orang. Biasanya penderita bipolar akan dilarikan kepada psikiater, telah itu psikiater akan menanyakan tentang gejala yang ada dan sejak kapan gejala tersebut dimulai.

Untuk pengobatan bipolar sendiri dapat dilakukan dengan memberikan obat untuk menurunkan fase naik dan fase turu bagi seseorang. Selain itu pengobatan penunjang lainya adalah dengan melakukan terapi psikologis. 

Gabungan dari pemberian obat dan terapi psikologis inilah yang dapat membantu seseorang dalam mengatasi masalah gangguan bipolar. Demikian pembahasan artikel tentang bipolar, semoga bermanfaat terimakasih.