Macam Obat Yang Dapat Diminum Saat Isolasi Mandiri Di Rumah

ulasyuk.com  -Saat ini sudah banyak sekali orang-orang ataupun masyarakat yang telah melakukan isolasi mandiri, akibat terpapar virus covid-19. Saat melakukan isolasi mandiri setiap orang diberikan obat yang berguna untuk menyembuhkan tubuh dari virus. 

Isolasi Mandiri

Isolasi mandiri merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang melakukan kontak dengan pasien covid-19. Tujuan dari dilakukannya isolasi mandiri tersebut adalah untuk mencegah penularan ataupun penyebaran virus Corona kepada orang lainnya. Isolasi mandiri sendiri dilakukan selama 14 hari lamanya. 

Dalam kurun waktu 14 baru tersebut seseorang yang melakukan isolasi mandiri dilarang untuk melakukan beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut adalah tidak untuk keluar rumah, tidak bekerja, dan tidak boleh pergi ke tempat umum. Hal tersebut berlaku sampai orang tersebut dinyatakan negatif dari hasil tes laboratorium yang sudah dilakukan.

Cara Isolasi Mandiri

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat isolasi mandiri, untuk dapat mengisolasi mandiri dapat melakukan hal berikut :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan setelah berkontak dengan orang yang positif covid, ataupun mengalami gejala covid adalah melakukan tes terlebih dahulu.
  2. Setelah itu jangan lakukan kontak dengan orang lain atau keluar rumah selama 14 hari.
  3. Tidak pergi ke tempat umum.
  4. Menjaga jarak dengan orang lain minimal dengan jarak 1 meter.
  5. Selalu mengenakan masker, khususnya masker medis.
  6. Selalu mencuci tangan dengan sabun.
  7. Menggunakan ruangan yang terpisah dengan keluarga atau orang lain.
  8. Amati kondisi fisik selama 14 hari.
  9. Jika mengalami tanda tanda gejala yang lebih parah seperti : sesak napas, sulit berbicara, nyeri dada, dan sulit bergerak segera pergi ke rumah sakit.
  10. Berpikir positif dengan melakukan interaksi dengan orang lain melalui media telpon ataupun internet. 
  11. Selalu berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Obat Yang Dapat Diminum Saat Isolasi Mandiri

Bagi para pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri terdapat beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk melawan virus tersebut. Obat tersebut diantaranya seperti obat demam, vitamin, antibiotik dan lainnya. Untuk mengetahui obat apa saja yang dapat diminum saat melakukan isolasi mandiri akan dijelaskan dibawah  ini:

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang berguna untuk menjaga sistem imun tubuh manusia. Seseorang yang melakukan isolasi mandiri memerlukan vitamin ini untuk menjaga dan juga meningkatkan sistem imun tubuh yang menurun akibat terkena virus covid-19.

Vitamin D

Selanjutnya Vitamin D sendiri berguna untuk menjaga kepadatan tulang pada tubuh manusia. Akan tetapi sekian itu vitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan dapat mencegah berkembang biaknya suatu virus.

Zinc

Zinc sangat baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan zinc juga dapat berguna dalam mencegah infeksi saluran pernapasan.

Paracetamol

Paracetamol atau dapat disebut dengan acetaminophenum merupakan salah satu obat analgesik-antipiretik. Dimana obat ini berguna dalam menurunkan demam dan juga dapat meredakan nyeri yang dialami oleh seseorang. Seorang pasien covid umumnya mengalami demam yang cukup tinggi, oleh sebab itu pengguna obat ini baik untuk pasien covid-19.

Oseltamivir

Merupakan obat yang tergolong dalam obat anti virus yang dapat mengatasi influensa pada seseorang. Mengapa obat ini digunakan karena para pasien covid mengalami gejala yang sama dengan penyakit influensa biasa oleh sebab itu obat ini digunakan.

Favipiravir

Merupakan obat anti virus yang dapat mengatasi dan membasmi virus influensa dan juga dapat membasmi virus covid-19.

Azitromycin

Merupakan suatu obat yang masuk dalam kategori antibiotik. Antibiotik azitromicyn ini berguna untuk mengobati infeksi suatu bakteri yang ada dalam tubuh. Salah satu contoh dari infeksi bakteri tersebut adalah : infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih dan lainnya.

Bagi seseorang yang terpapar virus covid-19 dan melakukan isolasi mandiri. Saat setelah berobat ke dokter, dokter pastinya akan memberikan beberapa obat seperti obat demam, obat batuk dan pilek, vitamin dan juga antibiotik. Beberapa macam obat inilah yang berguna dalam melawan virus Corona. 

Untuk jenis obat apa yang diberikan kepada pasien itu tergantung dari dokter dan ketersediaan obat yang ada. Beberapa obat diatas merupakan contoh dari jenis obat yang umumnya diberikan kepada pasien covid yang melakukan isolasi mandiri. 

Saat ini pemerintah memberikan paket obat bagi para pasien yang melakukan isolasi mandiri. Paket obat tersebut terdiri dari : 

  • Paket A, didalam paket A ini sendiri merupakan suatu kondisi pasien yang terkena virus covid tanpa disertai gejala. Obat yang tersedia dalam paket ini adalah ( Vitamin C, D, E dan Zinc).
  • Paket B, kemudian untuk paket B sendiri ditujukan untuk pasien covid yang mengalami gejala yang ringan. Obat yang tersedia dalam paket B ini adalah ( vitamin C, E, D, Zinc, Paracetamol, Dan Altromisin).

Virus Corona merupakan virus yang saatnya mulai merambah lagi di negara Indonesia. Khusunya untuk varian baru yaitu Virus Omicron. Oleh sebab itu mari jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Bagi para pasien yang melakukan isolasi mandiri, mari tetap semangat, minum obat Dengan tepat waktu dan jaga pola makan dan hidup yang sehat. 

Dengan melakukan dan menerapkan hal tersebut maka tubuh dapat melawan virus yang masuk kedalam tubuh. Dan jarang lupa untuk melakukan vaksin karena vaksin baik bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.