Penyebab, Gejala Dan Cara Pengobatan Penyakit Tipes

ulasyuk.com  -Setiap orang pastinya pernah merasakan sakit didalam hidupnya. Sakit tersebut dapat berupa sakit yang terbilang sakit ringan maupun sakit yang cukup parah. Setiap penyakit kebanyakan memberikan efek demam bagi penderitanya. Salah satu penyakit yang memberikan efek demam yang cukup tinggi adalah penyakit tifus. Didalam artikel ini akan dibahas mengenai bahasan penyakit tifus.

Tipes

Penyakit Tipes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella thypi. Penyakit ini dapat menukar kepada orang lain melalui urine dan juga feses pasien.

Penyebab Tipes

Penyakit Tipes disebabkan oleh bakteri salmonella thypi, bakteri ini yang membuat seseorang mengalami sakit tipes. Seorang penderita tipes dapat menularkan sakitnya tersebut kepada orang lain melalui air urine dan feses.

Penyakit ini dapat menular dengan cepat ditempat yang kurang terjaga kehigenisannya. Lingkungan yang kumuh ataupun kotor membuat bakteri ini gampang untuk menyebar. Dari semua kalangan usia anak anak adalah yang paling rentan terhadap bakteri ini. 

Selain itu seseorang yang pernah terkena tipes akan tetap menyimpan bakteri tersebut didalam tubuhnya dan hal tersebutlah yang menjadi acuan dalam penyebaran bakteri salmonella thypi penyebab Tipes.

Gejala Tipes

Ada beberapa gejala umum yang sering dialami oleh para penderita tipes. Gejala- gejala dari penyakit Tipes tersebut akan dijelaskan dibawah ini:

1. Sakit Kepala

Gejala pertama yang sering ada saat mengalami tipes adalah penderita akan mengalami sakit kepala. Saat terkena tipes maka kepala akan terasa sangat pusing dan saat berdiri terasa kan jatuh.

2. Demam

Selanjutnya demam merupakan salah satu gejala tipes lainnya yang sering dialami oleh penderita tipes. Demam yang dialami biasanya cukup tinggi bahkan dapat mencapai angka 39-40 derajat Celcius.

3. Lemah

Pasien tipes akan merasa lemah dan juga lemas pada tubuhnya. Selain lemah penderita tipes juga biasanya mengalami keringat dingin di tubuhnya.

4. Perut sakit

Karena bakteri salmonella thypi ini berada disaluran usus maka perut akan merasa tidak enak dan juga sakit. Sakit perut ini dapat juga dibarengi dengan rasa mual yang sulit untuk ditahan.

5. Gangguan pencernaan

Selanjutnya penderita tipes juga mengalami gangguan pencernaan. Karena mengalami gangguan pencernaan penderita tipes dilarang untuk mengonsumsi makanan yang pedas dan juga asam.

6. Mual dan muntah

Biasanya penderita tipes mengalami gejala mual dan munta yang cukup parah. Saat perut diisi biasanya akan langsung dikeluarkan karena perut tidak menerima makanan yang masuk kedalam tubuh. 

7. Tidak nafsu makan

Kemudian penderita tipes juga tidak memiliki nafsu makan, penderita tipes merasa mual, muntah dan sakit diperut dan jika perut diisi maka akan langsung muntah. Hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab mengapa penderita tipes tidak memiliki nafsu makan.

Pengobatan Tipes

Penyakit Tipes ini biasanya dapat dolionati dengan menggunakan obat dari dokter. Obat dokter tersebut umumnya berupa obat antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri salmonella thypi yang ada didalam tubuh. 

Pengobatan secara alaminya dapat dilakukan dengan mengonsumsi sayur yang banyak. Kemudian mengonsumsi makanan yang lembut seperti bubur. Banyak meminum air putih juga baik dalam proses penyembuhan sakit tipes. Terakhir istirahat secara total didalam rumah adalah hal utama yang harus dilakukan oleh penderita tipes.

Penyakit Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella thypi. Penyakit ini dapat menukar kepada orang lain melalui feses dan urine. Untuk lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya maka akan memberikan peluang yang besar dalam penyebaran penyakit ini.

Penyakit Tipes sendiri dapat didiagnosa atau diketahui dengan melalui pemeriksaan darah terlebih dahulu. Setelah diketahui maka akan diberikan tindakan lebih lanjut pada pasien. Penyakit ini dapat disembuhkan apabila meminum obat dengan teratur dan mematuhi segala hal yang telah diterangkan oleh dokter.

Tipes memiliki gejala yang cukup parah dimana penderita mengalami demam, sakit perut, mual, muntah dan juga gangguan pencernaan seperti diare. Sangat penting untuk menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit khususnya tipes. Oleh sebab itu diharapakan untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing, demikian pembahasan artikel tentang penyakit Tipes ini, semoga bermanfaat, terimakasih.