Manfaat Cepokak Bagi Kesehatan Tubuh

ulasyuk.com  -Cepokak sendiri merupakan tanaman yang masih termasuk kedalam keluarga tanaman terong. Cepokak sendiri memiliki bentuk bulat berukuran kecil. Buah ini sering digunakan sebagai sayur bagi masyarakat. 

Buah dari Cepokak inilah yang digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi suatu penyakit. Didalam artikel ini akan dibahas beberapa manfaat Cepokak bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Cepokak

Cepokak selain enak untuk diolah sebagai makanan Cepokak juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Didalam buah ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. 

Beberapa nutrisi tersebut adalah : mengandung vitamin A, mengandung vitamin C, mengandung kalsium, zinc dan juga zat besi. 

Manfaat Cepokak 

Ada beberapa manfaat cepokak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Manfaat dari buah yang satu ini akan dijelaskan dibawah ini:

Mencegah Resiko Penyakit Kanker

Manfaat pertama dari buah Cepokak ini adalah dapat mencegah Resiko terjadinya penyakit kanker di tubuh. Cepokak ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dimana antioksidan sangat baik dalam menyangkal radikal bebas didalam tubuh. Oleh sebab itu Cepokak dapat mencegah Resiko penyakit kanker.

Meringankan Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyerang persendian penderita. Asam urat sendiri biasanya menyebabkan peradangan di sendi seseorang. Mengonsumsi Cepokak dapat menurunkan kadar asam urat seseorang. Kandungan antiradang yang ada didalam Cepokak baik untuk mengatasi asam urat.

Menurunkan Kadar Gula darah

Selanjutnya manfaat dari buah ini adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Buah ini juga mengandung metill caffeate yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

Mencegah Osteoporosis

Selanjutnya buah Cepokak ini dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Mengapa demikian? Karena didalam buah ini mengandung kalsium yang tinggi. Dimana kalsium sangat baik bagi kesehatan tulang manusia.

Mengatasi Anemia 

Buah ini mengandung zat besi yang sangat banyak yang amna zat besi sangat baik dalam membantu proses pembuatan hemoglobin. Dengan membantu proses produksi hemoglobin sendiri dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada seseorang sehingga hal tersebut dapat mengatasi anemia.

Memperlancar Pencernaan

Materi terkahir tentang manfaat Cepokak yang akan dibahas didalam artikel ini adalah buah Cepokak dapat membantu dalam memperlancar sistem pencernaan. Kandungan nutrisi berupa vitamin dan serat yang terdapat didalam buah ini memungkin buah ini dalam membantu memperlancar pencernaan seseorang.

Cara Pengolahan

Untuk cara pengolahan dari buah ini sendiri dapat  dilakukan dengan dua cara. Cara tersebut adalah :

1. Memakan langsung buah cepokak

Untuk cara pengolahan pertama yang dapat disampaikan didalam artikel ini adalah, buah ini dapat dikonsumsi secara langsung. 

Caranya adalah dengan mencuci bersih buah Cepokak kemudian makan secukupnya. Atau dapat digunakan sebagai lalapan saat makan.

2.  Mengolahnya menjadi masakan

Selanjutnya jika tidak dapat mengonsumsi buah ini secara langsung. Maka dapat dialihakna dengan cara memasaknya. Ada beberapa macam aneka hidangan yang dapat dibuat dari cepokak.

Cepokak merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi dan diolah sebagai sayur. Tidak diragukan lagi manfaat dan kandungan nutrisi dari buah ini. Kandungan nutrisi dan antioksidannya sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Oleh sebab itu baik untuk mengonsumsi Cepokak guna meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Demikian pembahasan artikel ini tentang manfaat buah cepokak bagi kesehatan tubuh. Diharapkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu jaga kesehatan masing-masing, Semoga bermanfaat, terimakasih.