Kenali Apa itu Penyakit Dalam dan Jadwal Praktik Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS. Bumi Waras Bandar Lampung

ulasyuk.com  -Setiap orang pastinya pernah merasakan sakit ditubuhnya, baik itu sakit akibat luka diluar tubuh ataupun sakit yang dialami didalam tubuh. Untuk menangani penyakit yang ada didalam tubuh memerlukan bantuan dokter spesialis penyakit dalam untuk memeriksa, mendiagnosis dan juga mengobati penyakit tersebut. Salah satu rumah sakit di Bandar Lampung yang memiliki dokter spesialis penyakit dalam tersebut adalah Rumah Sakit Bumi Waras.

Apa Itu Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam merupakan salah satu dokter spesialis yang menangani masalah ataupun penyakit pada organ dalam tubuh manusia. Dokter spesialis penyakit dalam ini juga dapat disebut dengan sebutan internis. Dokter ini biasanya menangani penyakit organ dalam pada orangtua dan juga para lansia.

Beberapa Macam Penyakit Dalam

Ada beberapa macam penyakit dalam yang dapat diatasi ataupun ditangani oleh para dokter spesialis penyakit dalam. Beberapa macam penyakit dalam tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Reumatologi

Merupakan salah satu penyakit dalam yang mana dalam reumatologi ini dokter menangani masalah penyakit pada sendi, jaringan penyambung dan otot juga tulang. Salah satu contoh penyakit dari golongan reumatologi adalah : demam reumatik, vaskulitis, artritis reumatoid dan lainnya.

2. Metabolik Endokrin

Penyakit dalam kategori metabolik Endokrin meliputi masalah tentang kelainan pada metabolik dan sistem endokrin. Contohnya seperti masalah : hormon, diabetes melitus, obesitas, gangguan tiroid dan lainnya.

3. Kardiologi

Menangani dan mendiagnosis suatu masalah pada jantung dan pembuluh darah yang terdapat pada orang dewasa. Contoh dari penyakit kardiologi atau kardiovaskular adalah : henti jantung, gagal jantung, hipertensi, penyakit katup jantung dan lainnya.

4. Geriatri

Penyakit geriatri merupakan penyakit yang ada atau dialami oleh para lansia. Salah satu contoh dari penyakit geriatri adalah : delirium, gangguan tidur, sindrom geriatri dan masih banyak lainnya.

5. Ginjal hipertensi

Merupakan salah satu dokter spesialis penyakit dalam yang menangani masalah ginjal dan juga hipertensi. Salah satu contohnya salah penyakit hipertensi, infeksi saluran kemih, gagal ginjal akut, hiperplasia prostat dan lainnya.

6. Alergi Imunologi

Merupakan salah satu penyakit yang meliputi masalah alergi dan gangguan imunologi. Salah satu contoh penyakitnya adalah : asma, penyakit imunologi paru, utrikaria dan masih banyak lainnya.

7. Gastroenterohepatologi

Menangani masalah sistem pencernaan manusia yang meliputi hati, lambung, usus, kantung empedu dan juga pankreas. Contoh dari penyakitnya adalah : Hepatitis, gagal hati, radang usus, hemoroid dan lainnya.

8. Hematologi Onkologi Medik

Menangani masalah yang berhubungan dengan kesehatan darah, berbagai jenis penyakit kanker dan juga organ limpa. Beberapa contoh penyakit dalam golongan ini adalah : leukemia, sarkoma, limfoma, hemofilia dan lain lain.

9. Pulmonologi

Menangani masalah tentang penyakit seputar sistem pernapasan, contoh dari penyakit tersebut adalah : kanker paru, emfisema, efusi pleura dan lainnya. 

10. Tropik Infeksi

Tropik infeksi merupakan salah satu penanganan Masalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, dan jamur. Contohnya dalam penyakit rabies, tetanus, malaria, covid-19, antraks, rubella dan lainnya.

11. Psikosomatik

Dokter spesialis dalam yang menangani masalah penyakit gangguan kecemasan, gangguan panik, gangguan tidur, sindrom kelelahan kronis dan masih banyak lainnya.

Jadwal Praktik Dokter 

Selanjutnya setelah membahas tentang apa itu penyakit dalam dan apa sajakah golongan ataupun penyakit dalam tersebut. Sekarang sudah saatnya untuk membahas jadwal Praktik dokter dokter spesialis penyakit dalam yang ada di salah satu rumah sakit di bandar Lampung. Rumah sakit tersebut adalah rumah sakit Bumi Waras. 

Untuk membahas jadwal Praktik dokter spesialis dalam yang ada di rumah sakit Bumi Waras Bandar Lampung maka akan dituliskan dibawah ini:

Dr. Rina Dewi Yustiami., Sp.PD FINASIM

Dokter Rina Dewi ini memiliki jadwal Praktik di rumah sakit Bumi Waras sebagai berikut. Dokter Reni memulai parktiknya mulai dari pukul 09.30 pagi sampai dengan pukul 13.30 siang.

Dr. Ghurfan Hamzah.,Sp.PD FINASIM

Selanjutnya untuk dokter ghurfan sendiri memiliki jadwal Praktik di rumah sakit Bumi Waras sebagi berikut. Dimulai dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 siang.

Dr. Hotmen Sijabat., Sp.PD FINASIM

Kemudian yang terkahir yang akan dibahas didalam artikel ini adalah dokter hotmen Sijabat. Dokter ini memiliki jadwal Praktik di rumah sakit Bumi Waras dari pukul 18.00 sore sampai dengan pukul 21.00 malam.

Penyakit dalam merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada organ dalam tubuh manusia. Untuk dapat menangani penyakit pada organ dalam tubuh maka seseorang memerlukan bantuan dari dokter spesialis dalam. 

Dokter spesialis dalam bertugas untuk memeriksa, mendiagnosis dan mengobati penyakit pada organ dalam seorang pasien. Didalam penyakit dalam juga memiliki golongan golongan penyakit yang berbeda-beda. Menjaga kesehatan tubuh dan organ dalam tubuh sangatlah penting untuk dilakukan. Oleh sebab itu mari jaga kesehatan tubuh masing-masing agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat, terimakasih banyak.