Cara Pakai Dan Harga Alat Rapid Test

ulasyuk.com  - Saat ini karena maraknya virus covid-19 yang menyebar Ya berbagai negara terutama negara Indonesia menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat sehari-hari. Untuk melakukan pekerjaan ataupun pergi keluar kota masyarakat diwajibkan untuk melakukan tes Rapid terlebih dahulu. Untuk melakukan tes tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat tes Rapid yang dapat dibeli sendiri oleh masyarakat.

Keunggulan Penggunaan Alat Tes Rapid

Keunggulan dari alat ini adalah masyarakat dapat melakukan pengecekan secara berkala di rumah. Pengecekan dapat dilakukan sendiri secara lebih praktis. Kemudian dengan adanya alat ini memudahkan seseorang untuk memeriksa kondisi tubuhnya apakah terserang virus covid atau tidak.

Kekurangan 

Kekurangan dari menggunakan dan melakukan tes Rapid sendiri terdiri dari beberapa hal yaitu: pertama tidak semua masyarakat mengetahui prosedur dalam melakukan pemeriksaan Rapid.

Kedua dapat memungkinkan untuk terjadinya kontaminasi kuman pada alat jika alat tidak dibersihkan dan di rawat dengan baik dan benar.

Cara Pakai

Selanjutnya didalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara pemakaian dari alat tes Rapid tersebut. Cara pakainya adalah : 

Siapkan Alat

Pertama-tama siapkan kelengkapan alat yang akan digunakan dalam melakukan tes Rapid antigen secara mandiri. Hal yang perlu untuk dipersiapkan adalah : sebuah sterilized antigen, lalu sebuah extration tubes, satu extration reagent dan sebuah antigen rapid test casset.

Pengambilan Sampel

Setelah menyiapkan kelengkapan alat tes rapid antigen tersebut maka langkah selanjutnya adalah mengambil sample agar dapat di periksa.

Sample dapat di ambil dari lendir yang ada di tenggorokan maupun lendiri yang ada didalam hidung.

Lakukan Pengujian

Setelah mengambil sample tersebut, langkah selanjutnya adalah untuk menguji sample. Uji sample yang telah diambil dengan menggunakan alat yang ada. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai hasilnya keluar.

Resiko Melalukan Rapid Test Sendiri

Melakukan tes Rapid antigen sendiri memang memudahkan seseorang dalam mendeteksi adanya virus didalam tubuh. Akan tetapi tetap saja hal ini memiliki resiko tersendiri yang dapat dialami oleh masyarakat yang bukan merupakan tenaga medis. Resiko tersebut diantaranya adalah :

  1. Dapat menjadi sumber dalam penularan Virus Covid
  2. Meningkatkan resiko salah dalam melakukan tes, karena bukan merupakan tenaga kesehatan.
  3. Adanya resiko terjadi pendarahan saat pengambilan sample.
  4. Alat tes tidak memenuhi standar kualifikasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Harga Alat Rapid Test

Untuk harga dari alat pendeteksi Rapid Test antigen sendiri memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan merk dagang masing-masing. Akan tetapi kisaran harga yang beredar dipasaran dapat disimpulkan dengan harga berkisar Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.

Dengan adanya alat pendeteksi tes Rapid antigen ini membantu dan juga membuat masyarakat lebih gampang dalam melakukan test terhadap diri sendiri. Akan tetapi dibalik dari kemudahan tersebut terdapat beberapa resiko yang perlu diperhatikan. 

Resiko tersebut meliputi dapat terjadinya pendarahan, dapat memperbesar peluang penyebaran virus dan lainnya. Oleh sebab itu perhatikan spesifikasi alat yang akan dibeli apakah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Demikian pembahasan artikel tentang alat Test Rapid antigen dan harganya, semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan dimana pun dan kapanpun, terimakasih.