Cara Cepat Hilangkan Bau Mulut

ulasyuk.com  -Mulut merupakan salah satu organ yang terpenting bagi setiap orang. Didalam mulut terdapat beberapa organ yang dapat membantu manusia untuk menghancurkan suatu makanan. Didalam mulut sendiri terdapat gigi, lidah, air liur dan lainnya. Dari semua organ tersebut jika tidak dibersihkan dengan baik dan benar maka akan menimbulkan bau mulut.

Bau Mulut

Bau Mulut merupakan suatu keadaan dimana mulut seseorang mengeluarkan bau yang kurang sedap. Bau mulut dapat dipicu oleh beberapa hal. Selain itu bau mulut juga terjadi akibat jarangnya seseorang dalam membersihkan mulutnya.

Penyebab Bau Mulut

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bau pada mulut, penyebab tersebut adalah :

1. Tidak Membersihkan Mulut

Tidak ataupun jarang membersihkan mulut maka akan membuat mulut seseorang menjadi bau. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal didalam mulut yang tidak dibersihkan akan meninggalkan bau didalam mulut.

2. Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor dimana mulut seseorang akan menjadi berbau tidak sedap.

3. Alkohol

Selanjutnya sama seperti merokok bagi seorang pengonsumsi minuman alkohol maka akan memicu bau mulut pada seseorang.

4. Radang

Radang yang dialami oleh seseorang yang memiliki bau mulut tak sedap diantaranya adalah : radang tenggorokan, radang mulut, sinus dan radang gusi.

5. Asam Lambung

Seseorang yang mempunyai sakit asam lambung akan mempunyai peluang yang lebih banyak dalam munculnya bau tak sedap dalam mulut.

6. Makanan Dengan Bau Tak Sedap

Makanan dengan bau yang tidak sedap seperti jengkol, petai, makanan terlalu asin  dan tidak terlalu matang. Semua makanan tersebut bila dikonsumsi maka akan membuat bau yang kurang sedap di mulut.

Cara Hilangkan Bau Mulut

Untuk dapat menghilangkan bau mulut pada seseorang dapat dilakukan dengan beberapa hal. Hal tersebut diantaranya adalah:

Bersihkan Mulut

Hal pertama yang harus dilakukan untuk dapat menghilangkan bau mulut adalah membersihkan mulut. Membersihkan mulut dengan rutin dapat membantu seseorang dalam menghilangkan bau mulut.

Membersihkan mulut ini dapat dilakukan dengan mengikat gigi dan menyikat lidah dengan rutin. Lidah merupakan sumber bakteri yang ada di mulut. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk membersihkan lidah agar terhindar dari bau mulut.

Minum Air

Banyak minum air putih juga merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan agar mulut tidak bau. Terutama saat sedang radang tenggorokan. Dengan minum air yang banyak  dapat membantu tenggorokan yang meradang   berangsur membaik.

Kumur-Kumur

Kumur-Kumur dapat membersihkan mulut, khususnya kumur-kumur dengan menggunakan gargle. Pembersih mulut ini memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang ada didalam mulut.

Jeruk

Selanjutnya dengan mengonsumsi jeruk, pada dasarnya jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin tersebutlah yang berguna untuk menghilangkan bau di mulut seseorang. Vitamin C bekerja sebagai anti bakteri dari kuman dan bakteri yang terdapat didalam mulut.

Daun Sirih

Materi terakhir yang akan dibahas didalam artikel ini adalah daun sirih. Hampir sama dengan jeruk sebelumnya daun sirih memiliki beberapa kandungan yang berguna untuk antibakteri. Cara penggunaanya dapat dilakukan dengan mengunyah sirih atau Kumur-Kumur dengan air rebusan sirih.

Mulut merupakan organ yang penting bagi setiap orang, dengan adanya mulut seseorang dapat mengunyah makanan dan berbicara. Mulut juga merupakan organ yang perlu untuk selalu dibersihkan. 

Jika mulut terlalu lama tidak dibersihkan seperti tidak menggosok gigi dan menyikat lidah maka akan menimbulkan bau dimulut. Untuk dapat mencegah dan menghilangkan bau mulut tersebut dapat dilakukan dengan rajin minum air putih, rutin membersihkan mulut.

Ada banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk dapat menghilangkan bau mulut bahan tersebut seperti jeruk, sirih dan juga gargle. Demikian pembahasan artikel tentang cara cepat atasi bau mulut. Semoga bermanfaat, terimakasih.