Kenali Lebih Dalam Mengenai Penyakit Polip

Ada sebagian orang yang memiliki penyakit polip, penyakit polip ini sendiri dapat muncul ataupun tumbuh di beberapa bagian tubuh manusia. Polip ini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab dari penyakit ini dan di arena mana saja yang biasa terdapat polip, akan dibahas didalam artikel ini. 

Polip

Polip atau polyps merupakan suatu jaringan yang tidak normal yang tumbuh didalam tubuh manusia. Polip ini sendiri merupakan jaringan yang termasuk dalam kategori tumor jinak. Jaringan polip ini memiliki tangkai yang ada pada bagian tubuh yang ditumbuhi polip.Polip ini dapat mengganggu saluran pernapasan seseorang

Apabila polip ini dibiarkan begitu saja dan ukurannya semakin membesar maka polip tersebut akan menutupi lubang hidung untuk menghidup oksigen. 

Penyebab Polip

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari munculnya polip di tubuh seseorang. Penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Terjadi peradangan di salah satu bagian tubuh, seperti contoh peradangan pada hidung.
  2. Adanya riwayat organ tempat polip tumbuh kemasukan benda asing.
  3. Selanjutnya polip dapat disebabkan oleh karena kadar estrogen yang tinggi.
  4. Terjadinya peradangan yang kronik pada perut.

Macam Penyakit Polip

Ada 3 (tiga) macam penyakit polip yang akan dibahas didalam artikel ini. Macam dari penyakit polip tersebut adalah :

Polip Hidung

Untuk polip hidung ini tentunya bagian tubuh yang terkena polip adalah hidung. Polip dihidung bila dibiarkan begitu saja maka akan menghambat dapat proses penghidupan udara segar.

Jika polip sudah menjadi sangat besar segeralah untuk melakukan konsultasi kepada dokter.

Polip Serviks

Selanjutnya adalah polip serviks sedikit menyakitkan memang jika memiliki polip di serviks. Oleh karena polip ini juga organ kewanitaan akan mengeluarkan darah disaat tertentu. 

Oleh sebab itu itu jika keluar darah dengan tidak wajar dari organ tersebut segeralah untuk melakukan pengecekan kesehatan pada dokter.

Polip Saluran Kemih

Terakhir polip macam polip yang akan dibahas didalam artiekl ini adakah polip saluran kemih. Untuk jenis polip ini tentunya sangat tidak mengenakkan untuk dialami. Saat mengalami polip ini maka akan terdapat darah pada urine seseorang.

Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Polip

Ada beberapa ciri ataupun gejala yang timbul pada seseorang saat terkena polip. Ciri tersebut adalah :

1. Polip Hidung

Untuk polip hidung ini ciri ataupun gejala yang dapat teihat adalah adanya benjolan didalam ronggal hidung. Gejala dari polip hidung sendiri adalah hidung berlendir, hidung tersumbat dan hidung terasa penuh sehingga susah untuk menghirup udara segar.

2. Saluran Kemih

Untuk ciri dan gejala dari polip Saluran kemih ini dapat dilihat dari terasa nyeri saat buang air kecil. Lalu merasa anyang-anyangan dan terdapat darah dalam urine.

3. Polip Rahim

Pada polip serviks sendiri ciri dan gelaja yang dapat ditemukan adalah terdapatnya darah atau terjadi pendarahan saat sepasang suami istri melakukan hubungan intim.

Demikian pembahasan materi Artikel tentang menganali lebih dalam mengenai penyakit polip. Perlu diingat kembali bahwa penyakit polip memang tidak berbahaya akan tetapi itu tidak menjamin bahwa polip tidak menggangu. 

Oleh sebab itu jika terdapat ciri dan gejala polip dalam tubuh segerahlah untuk melakukan konsultasi pada dokter. Diharapakan untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing dan jangan lupa untuk melakukan protokol kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.