Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin Di PeduliLindungi

ulasyuk.com  -Surat vaksin ataupun tanda bahwa seseorang telah melakukan vaksin saat ini sangat penting keberadaannya. Karena dengan adanya surat vaksin ataupun Sertifikat Vaksin membuktikan bahwa seseorang telah melakukan vaksin. Untuk mendapatkan serivikat vaksin tersebut dapat diakses melalui website PeduliLindungi.

Kegunaan Sertifikat Vaksin

Sertifikat Vaksin sangat berguna dan membantu seseorang dalam berbagai hal. Hal tersebut diantaranya adalah :

  1. Sebagai tanda bahwa telah melakukan vaksin
  2. Membantu seseorang untuk perpergian, karena biasanya saat berpergian selain meminta surat rapid rest juga diminta Sertifikat Vaksin.
  3. Salah satu syarat untuk pergi ke suatu tempat seperti mall, restoran, menghadiri resepsi pernikahan dan lainnya.

Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin

Setelah melakukan vaksin dan juga memiliki akun di PeduliLindungi maka masyarakat dapat mengakses sertifikat vaksin di website PeduliLindungi. Cara untuk dapat mengunduh sertifikat vaksin tersebut akan dijelaskan dibawah ini :

Login PeduliLindungi

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengunduh serifikat vaksin adalah dengan masuk terlebih dahulu ke website PeduliLindungi. 

Setelah itu lakukan login kemudian lihat tampilan depan website. Lalu bacalah tulisan yang berisi cek sertifikat vaksin, kemudian ikuti instruksi yang ada.

Isi Data Diri

Setelah melakukan login dan masuk pada menu sertifikat vaksin maka akan tampil beberapa kolom yang perlu diisi dengan data pribadi. Kolom data tersebut diantaranya adalah :

• Nama Lengkap

Setelah masuk ke dalam menu sertifikat isilah kolom nama dengan nama yang sesuai dengan yang tertera di KTP.

• NIK 

Langkah selanjutnya adalah mengisi nomer induk kependudukan, ini merupakan hal utama yang harus dilakukan saat hendak mengurus sertifikat vaksin.

• Tanggal Vaksin

Kemudian masukkan tanggal vaksin, usahakan untuk tidak menghilangkan surat vaksin yang telah diberikan oleh pertuga vaksin.

• Jenis Vaksin

Tuliskan jenis vaksin yang digunakan oleh masing-masing orang. Untuk mengetahui jenis vaksin yang digunakan dapat dilihat dari kartu vaksin yang telah disebutkan diatas.

• Lalu Lengkapi  Recaptcha

Setelah memenuhi semua data diri maka akan timbul recaptcha, lengkapi recapthca tersebut dan pilih periksa.

• Unduh Sertifikat

Setelah itu maka akan masuk pada menu sertifikat dan dari situ masyarakat dapat mengunduh sertiifkat vaksinya masing-masing.

Cetak Kartu Vaksin

Setelah mengunduh sertifikat vaksin ada baiknya untuk mencetak sertifikat tersebut menjadi sebuah kartu vaksin. Dengan dicetaknya sertifikat vaksin ini maka akan memudahkan seseorang dalam menggunakannya.

Demikian pembahasan artikel ini tentang cara mengunduh sertifikat vaksin di wesite PeduliLindungi. Semoga artikel ini bermanfaat, pastikan untuk selalu menjaga Kesehatan, kebersihan dan selalu mematuhi semua peraturan yang ada, terimakasih.