Penyakit Jantung, Macam dan Gejala Yang Timbul

ulasyuk.com  -Pada dasarnya penyakit jantung memiliki gejala yang cukup sama yaitu terasa nyeri di dada, akan tetapi setiap macam jantung memiliki beberapa gejala yang berbeda. Gejala-gejala dari macam-macam penyakit jantung tersebut akan dijelaskan didalam artikel ini.

Gejala Penyakit Jantung

Sebelum membahas mengenai gejala dari penyakit jantung itu sendiri ada baiknya untuk mengetahui jenis ataupun macam penyakit jantung apa saja yang akan dibahas didalam artikel ini. Macam penyakit jantung tersebut diantaranya adalah penyakit jantung bawaan, gagal jantung, jantung koroner, dan juga serangan jantung.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gejala dari macam-macam penyakit jantung tersebut maka akan dijelaskan dibawah ini :

1. Tumor Jantung

Penyakit jantung pertama yang akan dibahas didalam artikel ini adalah penyakit tumor jantung. Penyakit ini sendiri dapat terjadi akibat adanya pertumbuhan jaringan yang tidak normal yang ada pada dinding jantung. Perlu diketahui tumor sendiri terbagi menjadi dua yaitu tumor ganas dan tumor jinak.

Gejala dari penyakit ini biasanya penderita merasa pusing, penurunan berat badan, tekanan darah rendah. Setelah itu detak jantung ataupun debaran jantung menjadi tidak beraturan dan dapat menyebabkan pingsan.

2. Jantung Koroner

Jantung koroner yang disebabkan oleh kolesterol ini biasanya memiliki beberapa gejala diantaranya yaitu. Mengalami sesak napas, dada terasa nyeri, berdebar-debar, merasa mual dan juga mengalami keringat dingin di tubuh. Biasanya nyeri yang terjadi karena penyakit jantung koroner ini dapat menjalar sampai ke lengan, punggung, leher, tenggorokan dan juga rahang.

3. Penyakit Katup Jantung

Penyakit katup jantung ini terjadi dikarenakan oleh faktor dari keturunan. Hal ini menyebabkan katup jantung tidak dapat terbuka da tertutup dengan baik dan benar. Gejala dari penyakit ini sendiri adalah. Pertama terasa sesak saat bernapas, kemudian dada terasa nyeri, mudah lelah dan detak dari jantung tidak beraturan. Setelah itu terjadinya pembengkakan pada salah satu organ tubuh.

4. Serangan Jantung

Gejala dari serangan jantung sendiri biasanya ditemukan gejala seperti pasien berkeringat dingin. Kemudian terasa nyeri di dada dan mengalami sesak saat bernapas, penyakit ini juga jika tidak ditangani dengan cepat maka akan menimbulkan efek. Efek tersebut adalah kerusakan secara permanen pada jantung.

5. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan yang ada dari lahir ini memiliki beberapa gejala yang biasa ditemukan. Gejala tersebut adalah nyeri di dada, sesak napas, berat badan menurun, proses pertumbuhan menurun. Lalu kulit akan membiru, keadaan ini biasanya terlihat mulai dari bayi. Akan tetapi ada beberapa keadaan yang mana gejala tersebut terjadi saat seseorang mencapai usia menjelang dewasa atau saat remaja.

6. Aritmia

Merupakan suatu penyakit yang mana terjadinya gangguan pada irama denyut jantung, kelainan ini dapat denyut jantung terlalu cepat atau terlalu lambat. Penyakit ini terjadi akibat terganggunya rangsangan listrik yang mengatur detak jantung.
Biasanya keadaan ini disebabkan oleh penyakit serangan jantung, gangguan elektrolit seperti kekurangan ataupun kelebihan kalium didalam darah. Gejala dari penyakit ini adalah pasien mengalami nyeri dada, pusing, rasa seperti ingin pingsan, cepat lelah dan juga dada berdebar.

7. Gagal Jantung

Selanjutnya adalah penyakit gagal jantung, biasanya gejala dari penyakit gagal jantung ini meliputi nyeri di dada saat beraktivitas. Kemudian sesak napas dan mengalami batuk khususnya saat sedang berbaring. Lalu gejala selanjutnya adalah cepat merasa lelah dan adanya pembengkakan pada pergelangan dan tungkai kaki.

8. Kardiomiopati

Materi terakhir yang akan dibahas didalam artikel ini adalah gejala dari penyakit jantung kardiomiopati. Penyakit ini memiliki beberapa tahap pada tahap ringan biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala akan baru muncul saat penyakit ini berada ada tahap berat. Gejala dari tahap tersebut adalah kaki membengkak, mudah merasa lelah,batuk-batuk, nyeri pada dada dan sesak napas setelah melakukan suatu aktivitas.

Demikian pembahasan artikel ini mengani gejala yang timbul dari macam-macam penyakit jantung. Disarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh khususnya pada saat ini karena pandemi ini belum berakhir. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan juga berolahraga, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.